Wara-Wiri PKMF 2012

Senin, Juni 25, 2012 0 Comments A+ a-

Pagiiiiiiii 09.49 A.M

Kemarin malam gue baru pulang PKMF 2012. Ciiihuuuuyy alhamdulilah dapet Ilmu yang luar biasa, dapet Pengalaman yang keren bangettt, dapet temen seangkatan beda jurusan, dapet semuanya yang luar biasa.

P.S; gue pulang dari PKMF, sampai rumah sekitar jam 18.00, langsung dapat kabar gembira dari Leader PFNR 2011, katanya Mata Kuliah PTI  gue dapet A!.. assiiikkkk *congratulation yah gia ;)

PKMF 2012 (Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas) tanggal 22-24 Juni 2012 @Villa Widuri, Cisarua Bogor.

from google 

Disanalah kita dilatih untuk menjadi Pemimpin. Disanalah kita diajarkan totalitas Perjuangan, Pengabdian terhadap Masyarakat, disana juga kita diajarkan berfikir kritis dan bernegosiasi. Pokoknya KEREN banget!

Ada Materi tentang Kaderisasi, Materi tentang Manajemen Aksi, ada juga Simulasi Manajemen Konflik, Simulasi Manajemen Aksi, ada juga Simulasi Pengabdian Masyarakat, yaitu PKN, ada juga berdiskusi soal tugas-tugas kelompok, OUT BOND, soal persentasi PKM dan tak lupa yang tidak kalah serunya, yaitu Pagelaran Ilmiah.
Luar Biasa! itulah satu kata yang bisa gue deskripsikan untuk PKMF 2012 ini.

Pada postingan ini, mungkin gue akan menceritakan sedikit kegiatan gue saat PKMF berlangsung. Karena gue susah banget mendeskripsikan kegiatan-kegiatan lainnya yang juga Luar Biasa saat PKMF 2012.
Mulai dari Keberangkatan dari Kampus sampai Evaluasi, lalu Pulang dari Villa Widurinya. Susah banget gue deskripsikan secara rinci, karena begitu menakjubkannya penglaman baru yang Luar Biasa itu.. ^_^

Gue akan menceritakan tentang, Pagelaran Ilmiah, Manajemen Konflik, OUT BOND, Manajemen Aksi, dan PKN Pengabidan Masyarakat.
P.S; maaf yak, gak didukung visualisasinya.. soalnya gak boleh foto-foto saat PKMF 2012 berlangsung, hanya sie.HPD PKMF sajalah yang dapat merangkum semua kegiatan-kegiatan dengan foto-foto.



              Pagelaran Ilmiah PKMF 2012


Pagelaran Ilmiah adalah salah satu rangkaian kegiatan PKMF 2012 yang gak kalah kerennya. Para peserta (perkelompok) disuruh membuat Ide-Ide brilian tentang sebuah Teknologi yang penuh Inovasi, Kreatif, Efisien, Efektif, Sederhana, dan Harus MURAH!
 Ide-Ide nya digambar dalam sebuah kertas, tapi sebelumnya harus diberi Hak Cipta ke Panitia PKMF dahulu. Kalau sudah diberi hak Cipta, barulah bisa ikut Pagelaran Ilmiah nya.. ;)

Kelompok gue (melalui Ide gue) menyetorkan pertama dari kelompok-kelompok lain!
Nama alat yang gue rancang adalah Multifunction Pen Creative Inovation in Future World
ciihuuuyyyy ;D
gue mau kasih tau Ide gue seperti apa, tapi ehm gak jadi deh.. ;p karena Ide ini belum dihak patenkan, kawan-kawan. Tetep bantu doa yaaa, semoga bisa!!!
Sketsa Ide gue

Karena gagal dihak patenkan, kelompok kami (melalui Ide Septya PFR 2011), mengeluarkan Ide alat yang cukup murah, Inovatif, dan kreatif. Yaitu Spidol Isi Ulang Otomatis

Harganya Rp.10.000 hehehe

Prinsip kerjanya adalah Ada Isi Tinta Spidol yang menempel dan dapat diputar, letaknya diatas spidolnya.
jadi, kalau spidolnya habis, tinta yang ada diatas spidol, tinggal diputar saja, langsung bisa terisi secara otomatis deh. (Ide yang gak kalah menarik, dari kelompok-kelompok lain)

BTW, Ide gue gak dihak patenkan, karena alatnya tidak memenuhi indikator Pagelaran Ilmiah. Alatnya kurang sederhana.. hehehe
Tapi, gue dapat pujian dari Ka Andi (Ketua BEMJ Biologi 2012-2013), katanya Ide Alat ini  lebih Unik dan Menarik.. *langsung  terbang*

Pagelaran Ilmiah dari kelompok lain juga KEREN dan gak kalah Luar Biasanya.. diantaranya ada Peta Pen, PulDok (Pulpen Sendok), Mantul (semacam papan catur), Alat buat ngambil Buah (menggunakan prinsip pesawat sederhana), Headset Pinjit (mendengarkan musik sekaligus dapat memijit kepala), Pot Gantung Multifungsi, Alat pembuat batok, dll

    Manajemen Konflik
(oleh Ka Fajar, PFR 2009)

Manajemen Konflik adalah kegiatan yang penting dalam penghujung sebuah kegiatan yang telah dilakukan. Ini semacam Evaluasi wujud kekecewaan, namun hanya sandiwara oleh si pembuat atau otak manajemen konfliknya.
Si pembuat manajemen konfliknya adalah Ka Fajar dan pemerannya adalah Ka Sie.Acara (ka Rico), Kaka dari BLM FMIPA UNJ, dan tentunya para peserta PKMF 2012.

Dalam sebuah manajemen konflik, disana kita diajak untuk menciptakan sebuah konflik. Kita, dipancing emosi dan amarahnya untuk menciptakan sebuah konflik yang nantinya bakalan dapat klimaksnya. Dengan klimaks itu, kita bakalan dapet feel pentingnya sebuah sandiwara konflik dalam evalusi kegiatan, agar lebih memperat kerjasama dalam sebuah organisasi, memperat silahturahmi sesama, dll, pokoknya penting dan banyak manfaatnya. Karena Manajem Konflik, BUKANLAH sandiwara belaka.

Dalam simulasi Manajemn Konflik, gue dapet ilmu banyak banget loh.. Pokoknya keren deh dan terima kasih Ka Fajar atas materi Manajemen Konflik nyaa.


OUT BOND 
dingin yang mencabik-cabik tulangku

OutBond dimulai jam 2 subuh dan selesai sampai menjelang adzan subuh.
Dinginnya? LUAAARRR BIASAA
gue harus melawan kedinginan saat itu! Asli gue mau nangis, sanking dinginnya..
OutBondnya luar biaasaaaa!!
ada 4 Pos yang harus kita lewati. Ehmmm -___-

P.S; sanking kerennya pengalaman gue saat Out Bond, gue susah banget dekripsikannya.

Kelompok gue (Kelompok Kupu-kupu) menang banyak permainan doongg.. asssiiikk, Good Job, Girls!

Lumpur!! Lumpur! dan Lumpuurrrrr
semua baju dan celana gue kena lumpur, sampe daleman gue juga, sepatu baru gue juga! bahkan Rambut gue! ggrrrr -_- Over all, OutBond nya KEREN!

Simulasi Manajemen Aksi 
(oleh Ka Agus PFR 2008)


Sebelum Simulasi Manajemen Aksi, para peserta PKMF 2012 mendapatkan Materi tentang Manajemen Aksi.

Aaaaahhhh bego banget gue, saat materi berlangsung gue malah tidur. Asli gue ngantuk banget!

Manajemen Aksi merupakan sebuah bentuk  perjuangan yang ditunjukkan untuk melakukan pressure kepada pembuat kebijakan. Ini dilakukan karena kebijakan tersebut merugikan masyarakat banyak. Aksi juga dilakukan karena membandelnya pembuat kebijkan terhadap persoalan-persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Dalam manejarial Aksi terdapat Perangkat-perangkat Aksi, diantaranya..
Koordinator Umum, Koodinator Lapangan, Orator, Negosiator, Advokator, Masa Inti, Border, Tim Kretif, Tim Medis, Agitasi Propagada, Kurir, Perlengkapan, Logistic dll.

Gue terpilih jadi Tim Kreatif. cihuuuyy, semua karton-kartonnya tulisan gue loh. *sayang bgt gak gue visualisasikan
Negara Kita Punya Siapa?
Hentikan Eksploitasi oleh Pihak Asing!!!!
dan masih banyak lagi. ;D

Aksi ada 2 sifat; Aksi Damai dan Aksi Chaos. Aksi bukan berarti Demo yaa!
Aksi yang kami simulasikan adalah Aksi Damai!

Pokoknya dalam Simulasi Manajemen Aksi, Ka Agus mengajarkan untuk tetap menunjukkan sifat intelektual kita sebagai perwakilan Mahasiswa saat Aksi nanti, tunjukkan Aksi yang Damai dan Cerdas tentunya.
Terima Kasih Ka Agus atas materi dan simulasinya, ilmu-ilmu tentang Manajemen Aksi sangat keren dan luar biasa juga bermanfaat sekali.
Gue pengin ikut AKSI aaahhhh ;) HARUS!! 

PKN Pengabdian Masyarakat

Kelompok gue PKN nya dengan konsep Bermain sambil Belajar dengan sasaran 20 anak-anak sekitar Villa Widuri. PKN Kelompok gue dengan judul BBB (Bermain Belajar Bersama)

20 anak-anak sajalah yang ditargetkan oleh Panitia PKMF 2012.
TAPI, saat PKN Pengabdian Masyarakat berlangsung, anak-anak yang datang totalnya 80 anak.
Gileeeeeee...

Hahaha, langsunglah kami membagi-bagi anak-anak itu kedalam kelompok-kelompok kecil sesuai umur mereka. *jujur, kelompok gue agak kewalahan saat menghadapi over load jumlah anak-anak, terutama soal konsumsi.

Ada 4 kelompok anak-anak yang harus gue tangani dalam Permainan Puzzle Edukasi. Mereka antusias sekali melihat gambar gue tentang Alam!
cihuuuyy repotnya!.. tidak hanya Permainan Puzzle saja. tapi juga ada Dongeng (oleh Ka Galih, Fisika 2010) dan ada Magic Baloons (oleh Ka Tika, Kimia 2010)

Mereka paling seneng kalau teriakan Hidup Anak Indonesia! Hiduuuuuuppppp! hahha *koplak.

P.S; lagi-lagi gue susah mendeskripsikannya nih gan -_- maaf yak.

ya, Allah, fell gue dapet banget, pengabdian Masyarakatnya ituloh.
#keepSpirit teman-teman Mahasiswa FMIPA UNJ
kita berjuang bersama dalam pengabdian yaa.. ;D

Pulang PKMF 2012, gue bawa oleh oleh loh ;p

sebelum berangkat PKMF 2012, gue menyempatkan CUCI SEPATU! (karena gue malu banget, masa iya mau PKMF bertemu Mahasiswa Seangkatan, tapi sepatu gue BAU siihh -_-)
Sepulang PKMF, yaa begitulah sepatu gue! LUMPUR SEMUA! hahaha 

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!