Petualangan Mimpi dimulai dari Parpor Baru Ini!

Selasa, Desember 31, 2013 8 Comments A+ a-

Bismillah...
Gue punya temen yang punya mimpi naik pesawat terbang. Eiitssss! awas aja ada yang menertawakan mimpi itu. Sesungguhnya mimpinya spesial banget. Naik pesawat terbang untuk mengunjungi tempat-tempat di luar Pulau Jawa atau luar negeri dengan tujuan menjadi delegasi Indonesia dalam konfrensi atau lomba-lomba atau bisa juga student exchance. Keren kan mimipinya?

Nah, pas YERT 2013 kan ada salah satu pembicara yang diakhir presentasi materinya, beliau ngasih PR ke kita (peserta YERT 2013) untuk membuat paspor. Kenapa harus membuat paspor? karena paspor adalah triger kita untuk melihat dunia lebih luas lagi. Biar gak cuma ngimpi doang pengen ke luar negeri, yowess buat paspor aja. InsyaAllah kesempatan akan datang.

Meski langit semakin gelap dan malam segera datang,
aku percaya jalanku masih terang dan masih panjang untuk ku susuri bersama asaku.
Matahari memang terbenam, namun aku yakin ia akan muncul lagi esok pagi,
Maka tidak ada alasan untuk berhenti berharap :)” SYS
Buat Paspor Pertama Kali
Dapet kesempatan ke Malaysia nih. Alhamdulilah.. terima kasih ya Allah atas rezeki dari Mu ini. Dan petualangan pertama gue ini disponsori penuh oleh Mama Ua (baca: Nenek) gue, hehehe ^^V. Tujuan pertama kita adalah berobat mata di Malaka, dateng ke pernikahan tante gue di Kuala Lumpur, dan travelling tentunya.

Jadi, bikinlah paspor di Kantor Imigrasi Cabang Tanjung Priok.
Hari pertama bikin adalah mengisi formulir data kita, menyerahkan foto copy Kartu Keluarga, Ijazah SMA, Akta Kelahiran. Eitss jangan lupa membawa yang dokumen aselinya juga yaa.. Gue dateng sama Mama ua  ke Kantor Imigrasi itu sekitar jam 10.00. Gue cuma bawa dokumen yang foto copy-an doang, yoweesss gak bisa. Disuruh dateng lagi besoknya, tapi jangan lupa bawa dokumen yang aseli. *plaakk! cape deh -__- padahal gue udah ngantri sekitar 1,5 jam.

Besokknya balik lagi. Gue dateng pagi-pagu buta, jam 7.30 (bagi gue itu pagi buta -__-) dengan membawa dokumen yang aseli, dokumen foto copy dan tentunya formulir data diri yang sudah diisi. Walaahh.. gue dapet nomor antrian pertama! Asiiikkk.. bisa langsung ngampus ini mah.

Karena cuma dapet antrian pertama, jadi prosesnya cepet, sekitar 10 menit. Setelah itu disuruh balik lagi besok, buat foto dan wawancara. Tapi gak lupa mesti bayar paspor di BNI yaaa.. struk pembayarannya mesti disimpan, jangan sampai hilang. Biaya paspor 48 halaman, harganya Rp.255.000,00, tapi nanti nambah goceng pas bayar di BNI.

Lusanya balik lagi deh ke Kantor Imigrasi. Gue gagal dapet urutan pertama...*yaiyalah dateng kesiangan gii. Jadi mesti nunggu antrian dulu, yaa sekitar 20 orang lebih di depan gue. Kirain mah cepet, gak tahunya lama banget. Gue mesti mengorbankan kuliah pagi gue alias ngebolos. Jangan bilang-bilang pak dosen gue yaa..

Nunggu sekitar 1,5 jam, eh gak tahunya nomor antrian gue dipanggil. Yaudah foto deh. Nah, inget gak boleh pakai warna putih. Nanti fotonya aneh, karena background fotonya warna putih. Pas itu gue pakai warna kesukaan gue, merah marun, tapi gue pakai jilbabnya agak miring. Sebenernya itu emang model jilbab yan gue pakai -___-. Ibu-ibu petugasnya malah bilang, "Mba itu jilbab miring, coba dilurusin". Aaarrgg tidaaaakk ini emang model jilbab gue, bu..

Nunggu lagi sekitar 1 jam buat wawancara. Pas wawancara cuma ditanya mau kemana? Ngapain disana? tanggal lahirnya berapa? ya! cuma dua pertanyaan doang kok. Kirain gue bakal ditanya macem-macem. Pas ditanya mau kemana? gue bilangnya mau ke Malaysia. Mau berobat mata dan dateng ke pernikahan tante, tapi travelling juga. Mas mas petugasnya mah ngangguk-ngangguk ajah. Ah pokoknya biasa banget deh wawancaranya -___- padahal gue berharap lebih ditanya apa kek gitu.. hehehe

5 hari kemudian mesti balik lagi buat mengambil paspos barunya. Pas gue ambil, sebelum berangkat ngampus, kita mesti menunjukkan bukti pembayaran dari BNI. Ngambilnya cepet banget. Gak ngantri tuh. Dan diproses cuma 5 menit.

Aha! ini dia my new pasport!

Ciyeee yang sudah punya paspor baru giii

Terbang ke Malaysia tentunya pakai pesawat terbang. Buat bisa naek pesawat yaa mesti beli tiket pesawat. Yaiyalah gi! masa belinya tiket kereta. Mama ua gue bilang, belinya tiket pesawat Air Asia aja. Air Asia, tiketnya lagi promo teman-teman! aaahh kece banget.

Beli Tikel Pesawat Terbang Pertama Kali

Untuk pertama kalinya gue beli tiket pesawat online. Webnya di https://www.traveloka.com/ disana webnya cukup memudahkan kita. Pertama isi tujuan penerbangan kita kemana. Terus isi waktu penerbangannya kapan, terus gak lupa isi jumlah penumpangnya berapa. Setelah itu klik "Cari Tiket".

Penampakan website nya seperti ini

Terus akan keluar, macam-macam pesawat yang lagi promo tiketnya. Terus ditawarin juga macam-macam jam keberangkatan menyesuaikan dengan bermacam-macam pilihan harga tiketnya. Kalau udah, isi deh data pribadi kita, nomor paspor kita, serta pilihan mau bayar bagasi atau nggak, sesuai dengan berat bawaan (baca: isi koper).

Gue, mama ua dan Om gue, jadi ada 3 tiket, dan totalnya Rp2.445.919,00 itu sudah termasuk harga tiket pulang pergi, harga bagasi 20 kg dan 25 kg, serta udah dikasih diskon 300 ribu *suer. Ini murah banget sumpah, bersyukur dapet tiket yang lagi promo \^0^/

Ini keterangan kalau sudah bayar tiketnya

Oia, kalau udah isi data-data tiket, kita mesti bayar dalam jangka waktu 1 jam 15 menit. Alamak! Gue mesti buru-buru ke rumah mama ua gue. Yaa karena sponsor penuh ada di beliau hehehe.. Ambil duit, terus transfer ke Bank Mandiri. Jangan lupa catet nomor rekening PT. Trinusa Travellindo nya yaaa.

Setelah dari bank, gue buru-buru balik lagi ke depan laptop gue (ada di rumah). Yap! sisa waktu tinggal 10 menit 17 detik lagi. MasyaAllah -____- tiba-tiba panik sendiri, takut waktunya gak cukup. Karena setelah bayar, kudu konfirmasi langsung juga. Nanti setelah bayar dan kirim konfirmasi, kita bakalan dapet SMS dan email dari biro travell nya, yang menyatakan bahwa kita telah membeli tiket pesawat yang sudah kita pilih.

Jika, kita gak melakukan pembayaran dalam kurung waktu 1 jam 15 menit, maka booking tiket online dibatalkan. Mesti booking ulang lagi, dan siapa tahu gak dapet diskon 300 ribu cuma-cuma hahaha. Oia, bukti pembayaran tiket pesawat dari Bank Mandiri mesti disimpen yaa.. karena pas di bandara nanti, akan dituker dengan tiket aseli.

See you di kisah petualanganku di Malaysia. Walaupun bukan untuk menjadi delegasi Indonesia, walaupun bukan untuk ikut lomba, dan ini cuma travelling dan berobat mata saja, gapapa deh, gue percaya banget petualangan mimpi gue dimulai dari punya parpor baru, semoga petualangan selanjutnya punya alasan yang lebih kece.

Mimpi di 2014, bisa berangkat ke luar negeri lagi untuk menjadi delegasi Indonesia dengan mengikuti konferensi-konferensi tingkat internasional dan lomba-lomba, Amiin... semoga.. doain yak :)

Nice holiday yaaa! :)

8 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
nenghepi
AUTHOR
Selasa, Desember 31, 2013 delete

Gi, kamu rajin banget ya postingnya :3
Weh, ditunggu GA dari Malay, ya :)
Semoga matanya sembuh dan mimpinya kewujud di 2014.

Reply
avatar
Una
AUTHOR
Rabu, Januari 01, 2014 delete

Asik asik... ada dosen di fakultasku juga yang terkenal atas nasihatnya suruh bikin paspor ke mahasiswa-mahasiswanya. Pertama Malaysia, abis itu lanjut ke yang lain yaaa Gia...
Met liburannn~

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Rabu, Januari 01, 2014 delete

Amiin mata gue sembuh haha >_<
Amiin mimi gue terwujud, you too yaaa..

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Rabu, Januari 01, 2014 delete

Tuh kaaann...
Wah amiin.. kak.. Biar kaya kak Una, yang mosting travelling kemana-mana yak :)

Reply
avatar
Sabtu, Januari 11, 2014 delete

Gia... I am in proccess to produce my passport. Wish me luck.
NB : numpang share blogku nih udah launching ceritanya:p
http://www.evisyahida.com/2014/01/muslimah-backpackers-story-in-p-city-of.html

Reply
avatar
daniera
AUTHOR
Kamis, Januari 16, 2014 delete

definitely right! your dream was begin from your paspor, hehe :D Wah kalo gitu jemput aku dong di KL, tanggal 20 Maret nanti :p

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Januari 16, 2014 delete

Amiinn... saling mendoakan yaa bu vis :)
Sipp ke Te-ka-pe

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Januari 16, 2014 delete

ciyuss ka? 20 maret di KL??
wah kapan balik ka??
ditunggu kitket nya :p

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!