Pendaki Kece Manjat Gunung Gede

Rabu, Desember 25, 2013 19 Comments A+ a-

"Walau berat, aku percaya pundakku masih kuat menopang carrier ini.
Walau jalan ini panjang, berbatu, terjal dan curam, langkah ini memang payau namun aku tak akan jera karena ku percaya di depan sana akan ku temui jalanan landai dan menurun, serta kaki ini akan tetap kuat karena di depan dan belakang ku ada sahabat yang juga begitu kuat menemani perjalanan ini.
Walau di terjang badai, hujan, dan dingin, aku percaya badai pasti berlalu, hujan pasti berhenti, dan sahabat-sahabatku yang selalu memberi kehangatan dalam dekapan ukhuwah ini.
Walau cahaya lampu ini tak mampu menerangi jalan di malam yang gelap, langkah ini tak akan berhenti, karena ku percaya di depan pasti ada jalan. Sepanjang apapun gelap di malam itu, akan ku hadapi karena aku percaya akan datang siang dengan mentari yang cerah dan hangat.
Walau tiba saat waktu raga ini tak kuat lagi menopang badan, aku percaya Allah akan tetap kuatkan hati ini. 
Raga boleh lelah, tapi mulut dan hati ini tak akan lelah memanjatkan doa pada Ilahi. ... yang bisa dilakukan seorang makhluk bernama Manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya adalah mereka hanya tinggal mempercayainya...
Yaa aku percaya, dibalik perjalanan yang penuh rintangan, Allah punya rahasia indah di puncak sana. ... yang hanya untuk hamba-hamba-Nya yang mau bersabar dan tawakal untuk tetap berada di jalan-Nya"

Bismillah...
Traveling mahasiswa-mahasiswa kece zaman sekarang itu adalah manjat gunung, hahaha... Soalnya kalau travelling ke luar negeri, dompet mahasiswa masih belum cukup >_<. Di kampus gue ada perkumpulan komunitas pecinta gunung namanya TRATRIA. Beberapa kali kita sudah tracking bareng, dan tracking yang terakhir (awal Desember 2013), TRATRIA ekspedisi ke Gunung Gede.

Ekspedisi kali ini, ada 8 pendaki-pendaki kece yang terdiri dari 4 cowo dan 4 cewe, yaitu Agung (Leader), Luthfi, Muroin, Kak Ian, Fadlah, Teh Iren, Dian dan Gia (gue). Nah, berhubung postingan sebelumnya sudah menceritakan tentang memorable travelling ekspedisi TRATRIA, jadi postingan ini akan meneritakan rangkumannya saja yaa.. mau cerita lebih lengkapnya silahkan menuju link yang telah ada. Oia, cerita ekspedisi ini ber-edisi-edisi biar kayak yang di tipi-tipi hihihihi :)

Kisah pun dimulai... *Scroll drum*

Kamis, 5 Desember 2013 (malam)

Gue udah kece banget!
Pulang ngampus bawa-bawa tas carrier 45 L dan seperangkatnya. Ummi gue nanya mau kemana? Terus gue jawab, "Anak mu ini mau ke Gunung, Ummi."
Pokoknya intinya gue dapet izin loh yak.

Malemnya gue masup-masupin peralatan yang gue butuhkan selama manjat ke tas carrier itu. Mulai dari matras, sleeping bag, baju bersih dan seperangkatnya, hand lamp, mukena, Al-qur'an, Air Mineral 2 liter, kaos kaki 8 pasang, sarung tangan 3 pasang, beras, bahan-bahan makanan, dll. Yaaa gak nyampe 1 kg kok berat tas carrier gue. Oia, sepatu juga udah ready! Terus bobo deh. Bobo untuk terkahir kalinya di kasur yang empuk tenan (terakhir sampai turun gunung ya maksudnye).

Jumat, 6 Desember 2013

Paginya, seperti biasa gue diliatin sama banyak orang. Sepanjang perjalanan ke kampus, itu orang ngeliatin gue. Gue gak tahu kenapa. Gue pikir itu resiko jadi orang kece wahahhaa..
Eh, Apa mungkin saat itu gue kecenya maksimal banget kali yak. hahaha..
Oh bukan! Tiba-tiba ada adek tingkat yang ngeliatin gue sampe terpelongo gitu. Dan ngomong kenceng banget *sampe gue malu*, "YA AMPUN KAK GIA!! KA GIA MAU KEMANA KAK??? ITU TAS NYA GEDE BANGET". Sejujurnya gue lupa nama adek tingkat yang ngomong ke gue gitu. Yasudah lupakan. Gue senyum dan jalan sambil melambaikan tangan padanya.... Pas masuk kelas, yaaa.. lagi-lagi heboh gitu. Temen-temen sekelas heboh, nanyain gue mau kemana? Mau nanjak gunung apa? dan sebagainya...hahaha.

FYI, gue gak langsung nanjak, tapi paginya gue dan temen-temen yang lain juga pada kuliah dulu. *maklum kita kan anak rajin* asiikk deh! wehehehe...

Setelah selesai kuliah, kita berangkat ke Kampung Rambutan, untuk naik bis ke arah Sukabumi Sampai lah kita di Kampung Rambutan sekitar pukul 18.30 WIB. Saatnya Shalat Maghrib dan nungguin Fadlah dan Dian yang sedang dalam perjalanan menuju Kampung Rambutan)

Tepat pukul 19.00 WIB, Agung, Muroin, Luthfi, Kak Ian, Teh Iren dan gue berangkat dari Kampung Rambutan neak bis namanya "Langgeng Jaya", dan bayarnya Rp20.000,00. Nah, Fadlah dan Dian nungguin kita di Pasar Rebo.

Tidur. Nyemil. Ngobrol. Tidur lagi.
Sampailah kita di Kota nya teteh Iren.. SUKA BUMI *ini pake spasi ato kagak yaa..
Kita mendarat di Love Earth City sekitar pukul 23.00 WIB. Cadaaassssss.. gue makin malem emang makin kece. Jam 23.15 kita nyarter angkot. Ini ngelobi abang-abang sopir angkotnya alot banget. Maklum, namanya juga pendaki tiris yaa.. maunya yang murah gitu... Sekali-kali kek, nyaternya nyarter taksi. Kan ada argonya tuh. Pokoknya per orang Rp12.000,00 buat patungan nyarter angkot sampai Pondok Halimun. Daaannn... 24.00 lewat dikit, kita sampai deh di Pondok Halimun

Nah, cerita lengkapnya bisa lihat di Edisi: Berangkat Bapuk yaaa :)

Sabtu, 7 Desember 2013


Menjelang tengah malam lewat, sekitar pukul 00.15 WIB, kita makan soto mie di salah satu warung yang memang sepertinya buka 24 jam. Sepertinya Fadlah itu yang memang paling laper. Porsinya ngalahin kita-kita. Yang lain pada mesen satu mangkok soto mie + nasi, nah kalau si Fadlah ++ deh, soto mie pake nasi + jagung bakar hihihi ^^V

Sejujurnya soto mie kurang enak. Mie nya beloman mateng, masih keras gitu *serius. Dagingnya juga rada belum mateng bener. Kuahnya so far enak di lidah gue, eh tapi dingin. Jatohnya yaa sama aja kepriben. Tapi, yang namanya kita lagi laper, itu soto mie + nasi kebabat abisss dong.. Yang gak abis cuma Dian aja. Doi malah bereksperimen, ngasih kecap sebaskom ke dalam mangkoknya (?), gue jadi kagak bisa ngebantuin Dian ngabisin soto mie nya.. hehehe...

Selesai makan, kita bobo semuaaaaaaa... yang cewe sama yang cowo jelaslah dipisah. Kita tidur di bale-bale yang luas (di dalam warung tempat kita makan soto mie). Yang cewe-cewe pada pake sleeping bag tidurnya. Pokoknya kita tetep kece deh tidurnya. Bagun. Shalat Subuh. Jam 05.30. Gak ada yang mandi. Palingan cuma cuci muka, cuci gigi, dan pup (itu gue yang pup).

Dan kita siiiiiaaaaapppp \^0^/
eiitsss gak lupa juga isi amunisi, yaitu roti tawar pake susu kental coklat.


Kece? Pake Rok!
Hahahaha.. Salut aseli sama Teh Iren, itu doi sebenernya gak pake rok, tapi pake gamis loh, ceman-ceman. Tanya teteh gih, "Teh mau naek gunung apa mau mentoring yaa.." hehehe. Si Dian juga, anggun banget yak rok nya. Bunga-bunga gitu.. gue sempet nanya sama Dian, "Di.. itu roknya apa gak kurang lebar yaaa?". Kata Dian sih, nggak, pokoknya doi nyaman deh sama roknya itu.

Nah kalau Fadlah, pake RONA. Tahu RONA gak? RONA itu ROk celaNA. Mahal tuuuhh... Dan, pendaki kece yang terakhir, yaitu gue, pake rok yang menurut gue nyaman. Sebenernya itu gak terlalu lebar kaya RONA. Rok gue terbuat dari jeans, dan sebenernya bahan jeans itu gak boleh dipake buat manjat, karena jika kena air hujan atau basah, rok jadi berat, seberat tas carriernya Agung *aduh lebay banget kan.

Jalur buat manjat Gunung Gede adalah Jalur Selabintana. Jalur Selabintana adalah jalur tracking Gunung Gede TERSULIT diatara jalur-jalur laen. Jalur Selabintana gak cuma tersulit, tapi juga TERPANJANG dan TERSEPI. *Scroll drum* Jadi bisa dibayangin kan, kita 4 cewe cupaw ditambah 3 cowo nyaris gak cupaw, dan cuma 1 pendaki pro, yang bakalan ekspedisi Gn. Gede lewat jalur Selabintana *gue ngelus dada mulu*


Cerita lengkapnya bisa lihat di Edisi: Pendaki Kece Mulai Jalan   aja yaaa :)

Perjalanan kita ternyata gak semulus itu..

Kita mantapkan langkah kaki kita.
Kita mulai memasuki area dengan pohon-pohon dan semak-semak yang cukup rimbun. 15 menit kemudian, kita mulai memasuki hutan. Ya hutan! Jalur Selabintana selain terkenal jalur tersulit, terpanjang dan tersepi, juga terkenal JALUR BELASAN RIBU PACET *eh ini serius loh, Agung sendiri yang ngomong. Yaa gue percaya aja dah. Agung bilang gini, "Di Jalur Selabintana itu jalur istananya pacet. Ada sekitar 12.000 pacet disana" <--- ini sotoy! Jangan ditiru apa kata Kak Agung, ya adik-adik. Pasti dia bohong! Dia gak ngitung. Adapun dia jujur pasti hitungannya gak presisi ^^V.

"Kalau lu jalan di Jalur Selabintana, itu 5 ribu pacet nempel di kaki dan tangan lu. Terus lu berhenti. Lu bersihin dikit. 3 ribu pacet lepas. Semakin lu bersihin, 2 ribu pacet lepas lagi. Kalau lu teliti ngebersihinnya sisa 500 pacet bla bla bla.." Wahahahaha aseli! ini omongan terlebay yang pernah gue denger.

Agung sebagai leader, panik. Yap! Doi yang bingung. Sebagai boss leader, doi lah penunjuk tracking. 2 Jam kok jalur nanjaknya gak ada ya? *pas nulis gue malah ketawa ngakak nih. Aseli yang cowo-cowo juga pada ikutan panik. Luthfi dan Agung ormet dulu. Kita disuruh nunggu sambil rest deket pohon gede. Gue dan Dian durhaka banget yak. Disaat boss leader lagi panik, gue dan Dian malah gak ada dosa, dan kita asik foto-foto, hehehe ^^V Kalau teteh, mungkin lagi dzikir kayaknya...

Setelah ormet dan hasilnya nihil. Ya, kita putuskan kita telah KESASAR.. Arrgghhh ummi.. tolongiiiiinn... Nggak ngerti deh gue, kita kesasarnya sejauh mana. Dan dari mana titik kita mulai kesasar. Fyuuh -___- Suasana pun mencekam. "Gung, dzkir!" Kata teteh. Dan semuanya juga ikutan dzikir. Parahnya, gak cuma perginya yang kesasar. BAHKAN, buat balik ke titik awal pun kita kesasar. Cadaaasss!! Ini baru panik tingkat dewa. Gak ada yang inget buat kembali ke jalan semula. Panik! Panik!


Sementara Agung, balik lagi ke Pondok Halimun (titik awal), buat nyari pencerahan untuk kita. Kayaknya doi gak enak juga sama kita-kita, soalnya udah ngebuat kita kesasar. 30 menit kemudian, Agung balik dan nyamperin kita. Dia ngasih kabar, kalau kita KESASAR DARI 0 KM *pllaaakkk! Edan emang ih!
Kapan-kapan modal GPS atau buka google maps aja deh (?).

Yuk, cerita lengkapnya bisa lihat di Edisi: Kesasar dari 0 Km, Edisi: 12 Ribu Pacet yang Durhaka dan Edisi: Foto-Foto Bulsyit! yaaa :)

Gelap pun mulai tiba.. Suasana semakin mencekam.


Aselinya gue itu penakut banget. Paling anti keluar malem *anak alim dong* boong deh. Nah gelap pun mulai tiba, maka senjata handlamp atau senter pun mulai kita keluarkan. Suasana semakin mencekam *screaming*

Semua pada pakai handlamp atau senter, kecuali teteh Iren dan Dian. Teteh Iren sampe webbing loh, ituloh kayak make tongkat punyanya nenek-nenek jompo hehehehe ^^V. Bukan deng, itu teteh nge-webbing ya karena bener-bener gak keliatan track nya. Dengan nge-webbing, teteh bisa ngeraba-raba. Kasian emang...

Tapi teteh Iren mah mending, lebih mending dari pada gue. Stamina gue semakin merosot. Gue semakin gak kece. Napas juga ngos-ngosan. Ditambah lagi gue pake kacamata. Beeehh idup gue merana banget deh saat itu. Untung aja, gue punya temen yang keren banget kayak Luthfi. Luthfi terus memotivasi gue loh! Dia bilang gini saat kita lagi rest, "Ayo gi semangat! Ada Ridho di puncak Gede!". Emang gue bego apah? Gak mungkin lah ada Ridho di puncak Gede. Tapi lebih oonnya malah gue jawab dengan antusiasnya, "APAH? Yang bener ada Ridho? Ayo buru kita nge-track lagi. Gue udah ditungguin Ridho nih" *senyam-senyum gak jelas. Susah emang ngebawa gue. Sebenernya gue gak manja, tapi gue emang patut di motovasi kayak gitu. Luthfi emang temen yang mengerti gue banget >_< hahaha...

Cerita lengkapnya bisa lihat di Edisi: Nasi Aer Hujan itu Pahlawan Buat Perut Kita
dan Edisi: Tracking Malam Like A Zombie yaaa :)

Selamat datang hari Minggu, 8 Desember 2013

Agung sebagai boss leader udah panik banget. Gue gak ngerti deh apa yang ada dalam pikiran doi. Ini ekspedisi ngaretnya masyaAllah. Ngaretnya gak tanggung-tanggung. Ngaret sampe 1 hari. Harusnya hari Minggu malem (maksimal banget) kita sudah nginjek Jakarta lagi. Tapi nyatanya Minggu pagi, ini kita masih di atas ketinggian 2000+ mdpl. Boro-boro sampe puncak Gede deh. Itu masih jauh banget. Di tambah lagi waktu buat turunnya. Jadi, gue sampe Jakartanya kapaaaannn guuungg? Gue pulang ke rumahnya kapan? Ini pasti Ummi gue bakalan nyariin anaknya nih.

Oke, gue mau cerita sedikit pas momen kita manjat menuju Surya Kencana. Kita start dari Cigeber pukul 09.00 WIB. Berhubung gue emang staminanya lagi merosot jadi ya gitu.. tracking malem kayak zombie, tracking pagi kaya pocong kali yak -_- Kalau tracking pagi, emang gak perlu berebutan oksigen sama tumbuhan di sekitar track. Gue gak ngerti yaa, apa yang bikin nafas gue jadi semakin pendek gini. Pas nge-track ada aja loh tanjakan aneh-anehnya, diantaranya ada tanjakan setinggi badan, tanjakan 2 kali badan, tanjakan batu-batu gak jelas, beh.. parah! mungkin gue nya aje yang lebay kali ya..

Sampailah di Surya Kencana..
Edelweis yang terkenal dengan sebutan bunga abadi dan banyak orang mengkaitkannya sebagai lambang cinta, memang tumbuh subur di dataran tinggi, terutama di lereng-lereng pegunungan. Meskipun cantik, bunga dengan nama latin Anaphalis Javanica ini tidak boleh dipetik dan dilindungi oleh undang-undang loh.

Jadi ceritanya itu, boss leader udah bilang ke kita-kita.. gue masih inget nih bahasanya, "Pas kita di Surya Kencana itu adalah padang edelweis terluas yang pernah ada di Asia Tenggara, jadi gak boleh dipetik. Kalo ada yang berani metik, liat aja kalo cowo gue ajak berantem sampe babak belur, kalo cewe gue maki-maki sampe bego".. dan semua yang mendengar perkataan boss leader langsung terdiam. Ya termasuk gue.. apa istimewanya coba bunga Edelweis itu? -___- jadi penasaran kan.
Cerita lengkapnya bisa lihat di Edisi: Soundtrack Kentut Busuk Menuju Surya Kencana
dan Edisi: Pesta Buncis dan Sosis di Surya Kencana  yaaa :)


Selamat datang di Puncak Gede :)

Pas sampai puncak kita manangis mengharu biru, ini beneran loh. Kita yang dimaksud yaa yang cewe-cewe aja, gue, Fadlah, Teh Iren dan Dian. Rasanya menginjakkan kaki di puncak, beehh masyaAllah luar biasa deh. Kita berempat saling berpelukan, dan bener-bener nangis. Gue nangis banget. Rasanya tuh... aaahh susah untuk diungkapkan. Yang cowo, ngasih selamat ke yang cewe-cewe karena kita berhasil sampai puncak, walaupun dalam kondisi malam dan cuaca yang lumayan ekstrim. Terlebih kita pakai rok booo.

"Selamat ya gi! lu berhasil sampai puncak," Sambil si Luthfi geplak kepala gue. Emang songong banget yak tuh orang...

Kan kita start dari Surya Kencana pukul 17.30 WIB. Nah perjalanan dari Surya Kencana sampai puncak Gede ternyata hanya memakan waktu satu jam saja, jadi kita semua sampai tepat pukul 18.30 WIB. Gak nyangka secepat ini. Pas nyampe puncak Gede jelas malam hari, jadi kita gak bisa lihat pemandangan apa-apa.. gelap banget. Yang kita bisa lakukan nangis, terus abis nangis, yaa foto-foto deket plang yang ada tulisan "Puncak Gede", walaupun gitu doang tapi gue bangga banget!

Dan, cerita lengkapnya bisa lihat di Edisi: Tangisan Mengharu Biru di Puncak Gede yaaa :)

Senin, 9 Desember 2013

Selamat Pagi!!! Pagi yang bikin gue sedih -___-
Karena harusnya gue itu ikut kuliah pagi ini. Targetnya Minggu malam gue udah mesti nyampe rumah tercinta. TAPI FAKTANYA???? fyuuuhh ini karena kesasar dari 0 km waktu itu.Yasudah, yang sudah terjadi biarlah terjadi. Pagi ini pendaki-pendaki kecenya tinggal ada 6 orang, 2 cowo bapuk dan tetap 4 cewe kece hehehe..

Sebelum tuurn, kita sarapan pagi dulu. Teh Iren dan Fadlah kali ini juru masaknya. Untungnya bahan makanan masih tersisa, yaitu 1 kaleng sarden dan beras 1 liter. Alhamdulilah yaaa :). Fadlah masak bubur goreng loh. Aseli ini enak banget... bangeeeetttt! Dan Fadlah jadi punya cita-cita baru, kalau dia bakalan jualan bubur goreng di kampus. Congrast ya Fad!

Pukul 10.00 kita start buat turun. Ini suatu kehormatan buat Luthfi dan Kak Ian, katanya mereka berasa keren banget, karena mereka membawa 4 cewe turun gunung. Okee Luthfi emang keren, secara dia leader cadangan kalau Agung gak ada. Tapi Kak Ian itu loh... dia bawa 2 kantong sampah yang gede banget. Seganteng-gantengnya muka Kak Ian, tapi tetep ajaaa.. dia sweeper sampah, tapi gue gak pernah bilang Kak Ian ganteng, gue pernahnya bilang kalau Kak Ian kayak ager-ager. Maksud gue, doi sweeper yang setia banget bawa sampah dari atas gunung sampai turun gunung. Kesetiaan kak Ian ini perlu kita ancungi jempol, teman-teman. Kan ada kalimat yang bilang, "Katanya cinta gunung, masa mau buang sampah di Gunung", Jadi wajarlah kalau banyak pendaki yang turun gunung dengan membawa kantong sampah yang diikat di carrier-nya.

Nah, cerita lengkapnya bisa lihat di Edisi: 3 Jam Tracking Malam + 5 Jam Tracking Siang aja yaaa :)


Yap! Ada 11 edisi untuk merangkai semua cerita memorable ekspedisi ini. Semua edisi-edisi itu merakit kisah petualanganku yang tak terlupakan bersama sahabat-sahabat tercinta, para pendaki kece. Semoga kisah petualangan ini mampu membius yang lain untuk bisa berekspedisi juga hehehehe.. love travelling.. love climbing..

Kita TRATRIA.
Dalam ekspedisi Gunung Gede, 6 -9 Desember 2013.

Salam,
@Pendaki Zombie
Postingan ini diikutsertakan dalam "My Itchy Feet...Perjalananku yang tak terlupakan"  GiveAwaynya Mba Indah Nuria Savitri.

19 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
Unknown
AUTHOR
Rabu, Desember 25, 2013 delete

hay gia apa kabar? hahaha.
cieh anak gunung skarang cieh. baru juga gue mau nanya emang kagak hujan? ckckck tp baguslah semua lancar ya walau musim hujan gini

Reply
avatar
Rabu, Desember 25, 2013 delete

Ampe..Ngos ngosan bacanya..... :)
ada kepuasaan tersendiri ya....lewat kegiatan ini

Semoga GA nya..jd yg terbaik
Salam

Reply
avatar
RiskiRingan
AUTHOR
Kamis, Desember 26, 2013 delete

wah bahagianya ya bisa mendaki gunung... saya kapan ya??? *mikir

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Kamis, Desember 26, 2013 delete

Mantap ... Sumpah liat pada pake rok bikin aku tersenyum.
Btw naik gunung butuh persiapan fisik dan mental. Turut berduka cita atas meninggal nya pendakian natal di gunung gede & gunung semeru. Rip Shizuko & Endang ;-)

Reply
avatar
NEDI ARWANDI
AUTHOR
Kamis, Desember 26, 2013 delete

pastinya seru banget palagi klo pake kesasar....he.he.he..salam kenal aza

Reply
avatar
Asep Haryono
AUTHOR
Kamis, Desember 26, 2013 delete

Wah luar biasa perjalanan Hiking dan manjat gunung Gedenya. Oh ya lokasi Selabintana kalau nda salah itu RESORT atau WATER BOOM ya. Seingat saya sih dulu waktu jaman saya masih SD era taon 80 an itu sudah ada SELABINTANA

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Desember 26, 2013 delete

Hoy Yog. Baik nih gueee.. Pengen deh bisa ke Bali. hahha
Gue tetep anak nyokab gu kok :)
Beeeeeeehhh ujan banget. Cuaca nya lumayan ekstrim.
Alhamdulilah lancar.. :)

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Desember 26, 2013 delete

hahha iyaa pak. Maklum 11 edisi yak hehe ini nulisnya menghayati banget soalnya >_<
Amiin..

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Desember 26, 2013 delete

Iyaaa... tapi naik gunung itu jgn ikutin karena rasa "keinginan". Naik gunung butuh persiapan yang matang, yang sering disebut "Manajemen Pendakian". Persiapan fisik, akomodasi, sampai peralatan pendakian juga mesti ready semua.
Kalau misalnya Riski mau manjat gunung, persiapan matang jgn lupa yaah :)

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Desember 26, 2013 delete

Alhamdulilah iyaa pakai rok... Tapi rintangan yang pakai rok masyaAllah.. apalagi kalau mesti ngelewatin tanjakan dua kali tinggi badan.
Iyaa benar.. Turut berduka cita juga atas meninggal nya pendakian natal di gunung gede & gunung semeru. Shizuko. R & Endang

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Desember 26, 2013 delete

Iyaaaa kesasar segala. 6 Jam, tanpa makan dan minum dengan cuaca yang hujan pula. Fyuuh.. stamina saya terkuras disutu mas. Iyaa salam kenal juga :)

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Desember 26, 2013 delete

Wah sejujurnya Gia gak tahu pak... itu resort atau waterboom. Soalnya lewat jalur selabintananya malam hari, jadi gak tahu menahu pula.. dan gak nanya-nanya jugaa.. hahaha mau fokus mendaki saja saat itu.

Reply
avatar
Jumat, Desember 27, 2013 delete

Hebaaat....beribu pacet tidak menghentikan langkah Gia :D..apalagi cuma carrier segede gabaaan ituuu #penasaranisinyaapa :D...cheers for petualangan mahasiswi kece naik gunung...pasti banyak pelajarannya ya neng :D..thansk sooo such for joining my GA :D..serunya berItchyFeet ria...hebohnya berpetualang,,,dan mendapatkan perjalanan yang tak terlupakan...

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Sabtu, Desember 28, 2013 delete

Wiih iyaa nih mba bribu pacet hahaha.. Carrier itu isinya matras, sleeping bag, baju2 bersing, bahan makanan, beras, dan kotak dandan :)
Wah iyaa banget mba :)
Iyaa sama-sama ya mba. Ntar kalau aku ngadain GA, mba Indah mesti ikutan juga yaa hehehe

Reply
avatar
Minggu, Desember 29, 2013 delete

ajak-ajak atu teh kalau jalan-jalan :3

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Selasa, Desember 31, 2013 delete

Mau banget? Atau mau ajah?

Reply
avatar
Senin, Januari 06, 2014 delete

siaaaap.....woro-woroo yaaa ;D>..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Jumat, Januari 10, 2014 delete

mantaf n salut bwt kalian...
walaupun digunung masih tetap bisa menjaga hijab, semoga kalian bisa menjadi contoh tuk semua akhwat

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!