Edisi: 3 Jam Tracking Malam + 5 Jam Tracking Siang

Rabu, Desember 25, 2013 0 Comments A+ a-

Bismillah...

Alhamdulilah TRATRIA sampai di puncak Gede pukul 18.30, di hari Minggu, 8 Desember 2013. Pukul 18.45, selesai kita pada nangis-nangisan ala kayak di sinetron tipi-tipi terus gak lupa juga foto-foto deket plang yang ada bacaannya "Puncak Gede" kita langsung turun lewat jalur Cibodas.

Boss leader bilang, kalau kita mesti turun terus biar dini hari nanti (9 Desember 2013) bisa langsung balik sampai Jakarta. Pertimbangannya adalah, Muroin itu bakalan ada presentasi Senin siang, jadi doi udah mesti nyampe Jakarta yaa sekitar pukul 10an. Nah, biar Muroin nyampe Senin pagi, jadi yaa kita mesti turun dari Puncak Gede secepat mungkin. Prediksi waktu selambat-lambatnya buat turun lewat Jalur Cibodas itu sekitar 8 jam. Nah, kalau kita start turun pukul 18.45, berarti kita sampai di bawah ya sekitar pukul 2 pagi. Kira-kira mungkin ga??? dengan kondisi yang sudah teramat lelah...

Jalur turunnya lumayan ya gitu deh.. kayak prosotan anak TK. Eh beneran loh.. Sanking kayak prosotan, Fadlah dan Dian, yang pakai  Rain Coat itu celananya sampai bolong, karena sering bergesekan.

Selesai nangis-nangisan, gue seperti mendapat tenaga lebih buat turun. Singkat cerita, pukul 21.30 kita sampai di Kandang Badak (2400 mdpl). Itu bukan kandang yang isinya badak semua yaa. Di Kandang Badak, terdapat jalan bercabang, yang kekiri menuju puncak Gunung Gede (2 km lagi), sedang yang ke kanan menuju ke Puncak Pangrango (3 km lagi). Di Kandang Badak juga terdapat sumber air sehingga pas banget buat nge-camp para pendaki. Kandang Badak berupa dataran yang terletak pada punggungan yang menghubungkan Gunung Gede dan Gunung Pangrango.


Intinya mulai lelah.. Fadlah udah ngantuk berat. Ah apaan masa yaa dia pas turun, moso jalan sambil merem. Fadlah aneh juga yaaa ckckck. Pas nyampe Kandang Badak, boss leader voting ke kita-kita, "Pada mau nge-camp disini atau terus lanjut?". Jelas gue jawab Nge-Camp! Disusul yang lain juga jawab begitu. Yang gak setuju buat nge-camp yaa cuma Muroin. Kalau Muroin nge-camp, maka gak akan doi bisa presentasi di kampus. Jadi Muroin yaa mesti turun terus.

Boss leader galau berat. Walaupun gue gak denger percakapannya (karena gue udah merem) deket carrier gue sendiri. Doi udah terlanjur janji sama Muroin buat gak ada nge-camp di Kandang Badak, jadi turun terus selama 8 jam. Berhubung si boss gak mau dibilang PHP, jadi terpaksalah doi temenin Muroin turun terus sampai bawah. Tapi gue yakin, jauh di lubuk hati si boss leader, kayaknya doi mau juga nge-camp bareng kita-kita *sok tahu banget lo gi!

Jadi keputusannya, Agung dan Muroin turun terus sampai bawah, dan Luthfi, Kak Ian, Fadlah, Dian, teh Iren dan gue memutuskan untuk nge-Camp di Kandang Badak. Pukul 21.00 dibangunlah tenda (gak sesuai rencana kalau tenda bakalan dibangun untuk kedua kalinya). Agung minta tukeran isi carrier sama Luthfi. Dua tenda tadinya ada di carrier nya Agung, jadi berhubung tenda bakalan dipakai dulu sama kita-kita, maka barang-barang bawaannya Luthfi dibawaain Agung sampai bawah. Agung bakalan nungguin kita di bawah, lebih tepatnya nunggu di Green Ranger. Dan Muroin langsung cussss ke Jakarta, karena jam 1 doi bakalan presentasi.

Gue gak bisa ngebayangin kalau kita turun terus selama 8 jam malam itu. Gue bisa jadi zombie beneran kali yaa besok paginya, masyaAllah...

Senin, 9 Desember 2013

Selamat Pagi!!! Pagi yang bikin gue sedih -___-
Karena harusnya gue itu ikut kuliah pagi ini. Targetnya Minggu malam gue udah mesti nyampe rumah tercinta. TAPI FAKTANYA???? fyuuuhh ini karena kesasar dari 0 km waktu itu (cerita lengkapnya ada disini). Yasudah, yang sudah terjadi biarlah terjadi. Pagi ini pendaki-pendaki kecenya tinggal ada 6 orang, 2 cowo bapuk dan tetap 4 cewe kece hehehe..

Denger-denger kabar, katanya Kak Ian ngegosipin gue yaa pas di tenda?? hah? lu mau ka, gue bocorin aib lu di edisi ini? Hah? oke cupstaw.

Sebelum tuurn, kita sarapan pagi dulu. Teh Iren dan Fadlah kali ini juru masaknya. Untungnya bahan makanan masih tersisa, yaitu 1 kaleng sarden dan beras 1 liter. Alhamdulilah yaaa :). Fadlah masak bubur goreng loh. Aseli ini enak banget... bangeeeetttt! Dan Fadlah jadi punya cita-cita baru, kalau dia bakalan jualan bubur goreng di kampus. Congrast ya Fad!

Pukul 10.00 kita start buat turun. Ini suatu kehormatan buat Luthfi dan Kak Ian, katanya mereka berasa keren banget, karena mereka membawa 4 cewe turun gunung. Okee Luthfi emang keren, secara dia leader cadangan kalau Agung gak ada. Tapi Kak Ian itu loh... dia bawa 2 kantong sampah yang gede banget. Seganteng-gantengnya muka Kak Ian, tapi tetep ajaaa.. dia sweeper sampah, tapi gue gak pernah bilang Kak Ian ganteng, gue pernahnya bilang kalau Kak Ian kayak ager-ager. Maksud gue, doi sweeper yang setia banget bawa sampah dari atas gunung sampai turun gunung. Kesetiaan kak Ian ini perlu kita ancungi jempol, teman-teman. Kan ada kalimat yang bilang, "Katanya cinta gunung, masa mau buang sampah di Gunung", Jadi wajarlah kalau banyak pendaki yang turun gunung dengan membawa kantong sampah yang diikat di carrier-nya.

Kita turun... turun... turun... Alhamdulilah gue udah gak terlalu bapuk loh.
Menurut perhitungan Luthfi, kita turunnya lumayan cepet.

Sampailah kita di Air Panas.



Kan tadinya Luthfi itu yang sebagai leader, tapi berhubung Luthfi pakai kaca mata, jadi gak mungkin pas kita melewati track Air Panas, Luthfi jalan yang paling depan. Pas di Air Panas, jarak pandang yang memakai kacamata kabur banget. Gak kelihatan sama sekali. Karena kabutnya itu loh.. Dan satu lagi bau nya.. Arrggh.. bikin gue ngeri banget.

Jadi, kak Ian lah yang ditunjuk sebagai leader. Dan gue dibelakang Kak Ian. Oia, gue itu juga berkaca mata, jadi gue tahu bener, kalau gak keliahatan sama sekali. Yaa mending lepas kaca mata sekalian aja deh pas nge-track di Air Panas. Lumayan kabur banget jarak pandang gue. Gue cuma bisa ngedenger instruksi dari Kak Ian. "Ayo gi, kaki kanan di batu ini. Kaki kiri di batu yang ini", "Eh awas gii, kanan lu air panas", "Gi, kaki kirinya di batu yang ini, bukan yang itu", dsb. Walaupun Kak Ian kayak ager-ager tapi nyatanya doi ngemong banget adik-adiknya yah hahaha Thanks ka!

Selesai nge-track di Air Panas, gue kena semprot sama Luthfi. Doi marah-marah, katanya gegara gue, nge-tracknya tuh jadi kelamaan. Doi bilang gini, "Gara-gara Gia, kita di Air Panas sampe 30 menit! Gilee si Gia ribet banget jalannya". Dan gue cuma bisa senyam-senyum. Yaaa abis gimana yaaa, namanya juga gak kelihatan -____-

Jalan lagiii... Jalan lagi... Jalan turun jalur cibodas itu lumayan agak gampang. Emang sih udah gak kayak prosotan anak TK, tapi jalur turunnya itu kayak tangga yang terbuat dari batu. Jadi bikin paha lumayan pegel.

Sampai lah kita di Air Terjun Cibeureum.


Disana udah kayak pasar.. rame benerrrrrr... suer deh! Banyak anak SMA alay yang pacaran disana. Kita mampir ke Air Terjun Cibeureum, dan memakan waktu 30 menit. Fyuuuh -___- dan cuma dapet 1 pic.

Teruuusss.. kita lanjut turun.. langkah demi selangkah.. turun terusss sampai bawah. Target kita sampai di Green Ranger sekitar pukul 15.00. Disono Agung udeh nungguin kita.

Ini dia Green Ranger

Alhamdulilah kita sampai di kawasan Cibodas sekitar pukul 15.00.

Agung nungguin kita deket persimpangan jalan. Luthfi nyampe di garis finish (tempat Agung berdiri) duluan. Sebenernya belakangnya Luthfi, itu adalah gue. Tapi gue gak nyangka, dari belakang ada Kak Ian yang lari ngeplek-ngeplek kayak bebek dari posisi paling belakang. Doi gak rela kalau gue, nyampe di garis finish nomor dua setelah Luthfi. Kak Ian lari... sepertinya doi udah rindu banget banget banget sama Agung yang lagi nungguin kita di garis finish. Ada-ada aja yaa kelakuannya Kak Ian -___- malu gue sumpah..

Sebelum di Green Ranger, kita mampir dulu di warung makan. Warung yang kece banget, makanannya berpaket-paket, paket 1, paket 2, sampai paket 5. Pokoknya kita makan dengan brutal, karena bener deh gue laper banget pas itu.

Selesai makan, kita ke Green Ranger.
Disana kita mandi, ganti baju, shalat ashar, dll. Gue udah mandi dan udah kece banget. Di Green Ranger, Agung selaku Boss Leader bilang gini, "Dengan segala kehormatan gue, gue minta maaf karena telah membuat kalian jadi nyasar dari 0 km", dengan kompak kita-kita bilang.."iyaa gapapa gung.." -___-

Sambil nunggu hujan reda, kita bercanda-canda di Green Ranger. Tapi hujannya gak reda-reda.. lama banget. Akhirnya setelah shalat maghrib, pukul 18.00 kita memutuskan untuk balik ke Jakarta. Dari Green Ranger naek angkot dulu sampai ketemu bus, bayarnya Rp5.000,00. Terus naek bus ke Kampung Rambutan, bayarnya Rp20.000,00. Sampai Jakarta malem banget. Buat pulang ke rumah masing-masing kita naik Bus Trans Jakarta, bayarnya Rp3.500,00. Dilanjutkan naek ojeg sampai rumah gue, bayarnya Rp20.000,00, dan gue sampe rumah pukul 23.30. Ya ampun itu udah malam banget...

Jam 00.07, Agung memastikan keadaan kita semua. Doi SMS, "Gi, gapapa kan?" Apanya yang gapapa sih?? elah -____- Gue kena omel Ummi gue niiiiihhh.. arrgghhh... Ternyata Ummi gue sampe nangis-nangis anak gadisnya belum pulang juga dari naek gunung. Ummi takut gue kenapa-napa. Secara janji gue sebelum berangkat manjat gunung, gue bakalan sampai Jakarta hari Minngu malam. Tapi nyatanya, gue sampai Jakarta hari Senin malam. Tanpa kabar, tanpa sinyal, tanpa HP yang gak lowbet.. yowesss.. kena omel lah gue.

Testimoni:

Luthfi: "Karena berpetualang itu menyenangkan"

Agung: "Ketika pohon terakhir telah ditebang, ketika hewan terakhir telah dibantai, ketika lautan terkahir telah diracuni, maka manusia akan sadar bahwa mereka tak bisa memakan uang"

Udeeeh nikmatin aje testimoninya yaa.. sebenernya juga gue gak ngerti apa maksudnya -__-

Kita TRATRIA.
Dalam ekspedisi Gunung Gede, 6-9 Desember 2013

Salam,
@Pendaki Zombie.

Sampai ketemu di catatan ekspedisi TRATRIA gunung-gunung selanjutnya yaa :)

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!