Edisi: Berangkat Bapuk

Sabtu, Desember 14, 2013 0 Comments A+ a-

Sebenernya ini bukannya jam gue nulis... -____-
Modul, LKS, Hand Out, Cap pantul, RPP, Silabus, dll lagi kejer-kejeran sama gue. Tapi alhamdulilah sih, itu semua "nyaris" selesai.

Gue bakalan nulis catatan perjalanan ekspedisi kita kemarin. Asiik deh, gi!

*Scroll drum*

*Scroll drum lebih kenceng*....

*pake tiupin terompet deh*

........
........

Terakhir makan malem bareng sama para pendaki zombie dan 1 pendaki pro (lah?), gue udah nulis di note catatan-catatan penting yang ekspedisi kemaren. Mulai dari jam keberangkatan, tempat, sampai ongkos serinci mungkin. Penting banget kalau nulis pake data yang valid. Beeh gaya banget yak hahaha...

Ini note yang gue tulis dibantuin sama Luthfi

Jadi, kita itu TRATRIA.
Gue malu banget nih kasih tahu apa kepanjangan dari TRATRIA.. ehmm.. kasih tahu gak ya..
Sebenernya gue gak abis pikir kenapa nama komunitas pecinta alam gue ini bisa se-alay ini namanya. Fyuuh...
Siapa seh pencetus nama ini????
Oke gue kasih tahu deh, TRATRIA adalah Tralala Trilili Adventure (?) *plakkk!

"Ya.. kita bakalan manjat gunung Gede"
"Yeeeee... Horeee... lalala.. yeeee.." Yaa begitulah reaksi dari temen-temen gue yang kegirangan banget pas boss Leader (namanya Agung atau Ian atau Kakak Usro) ngajak kita kita manjat Gunung Gede awal Desember lalu.
Tapi isinya TRATRIA gak semuanya alay kok.. tenang.. yang jelas gue mah nggak ya. Wahahaha...

***

Kamis, 5 Desember 2013 (malam)
Gue udah kece banget!
Pulang ngampus bawa-bawa tas carrier 45 L dan seperangkatnya. Ummi gue nanya mau kemana? Terus gue jawab, "Anak mu ini mau ke Gunung, Ummi."
Pokoknya intinya gue dapet izin loh yak.

Malemnya gue masup-masupin peralatan yang gue butuhkan selama manjat ke tas carrier itu. Mulai dari matras, sleeping bag, baju bersih dan seperangkatnya, hand lamp, mukena, Al-qur'an, Air Mineral 2 liter, kaos kaki 8 pasang, sarung tangan 3 pasang, beras, bahan-bahan makanan, dll. Yaaa gak nyampe 1 kg kok berat tas carrier gue. Oia, sepatu juga udah ready! Terus bobo deh. Bobo untuk terkahir kalinya di kasur yang empuk tenan (terakhir sampai turun gunung ya maksudnye).

Jummat, 6 Desember 2013
Paginya, seperti biasa pamit sama Ummi gue. Ummi gue cuma nanya 1 pertanyaan. Parah banget dah. Dan pertanyaannya tuh.. ya ampuuunn kagak kreatip banget deh. "Lo bawa berapa duit buat manjat gunung emangnya?"  -_____-
Gue tuh maunya ditanyanya, sama siapa aja manjat? makanannya cukup ato kagak? fisiknya sehat ato kagak? beeehh dasar ummi.. ummi... Beda banget sama mamanya teteh Iren (salah satu pendaki juga, temen deket gue juga, saudari gue juga, nama panggilannya UPIL), yang sampe cipika cipiki sama teteh iren. Terus mamahnya teteh Iren juga sampe nasehatin bla bla bla... yaa ala ala kaya di tipi tipi gitu. Yang jelas beda banget sama keberangkatan gue, penuh dengan pressure. Tapi, untungnya, keberangkatan gue pagi itu mulus kok. Gak ada pertanda apapun *lah.

Paginya, seperti biasa gue diliatin sama banyak orang. Sepanjang perjalanan ke kampus, itu orang ngeliatin gue. Gue gak tahu kenapa. Gue pikir itu resiko jadi orang kece wahahhaa.. 
Eh, Apa mungkin saat itu gue kecenya maksimal banget kali yak. hahaha..
Oh bukan! Tiba-tiba ada adek tingkat yang ngeliatin gue sampe terpelongo gitu. Dan ngomong kenceng banget *sampe gue malu*, "YA AMPUN KAK GIA!! KA GIA MAU KEMANA KAK??? ITU TAS NYA GEDE BANGET". Sejujurnya gue lupa nama adek tingkat yang ngomong ke gue gitu. Yasudah lupakan. Gue senyum dan jalan sambil melambaikan tangan padanya.... 
Pas masuk kelas, yaaa.. lagi-lagi heboh gitu. Temen-temen sekelas heboh, nanyain gue mau kemana? Mau nanjak gunung apa? dan sebagainya...hahaha.

FYI, gue gak langsung nanjak, tapi paginya gue dan temen-temen yang lain juga pada kuliah dulu. *maklum kita kan anak rajin* asiikk deh! wehehehe...

Gak kerasa sore pun menjelang.
Gue harus menyelesaikan kuliah terakhir sampai jam 4 sore lewat. Gue udah di telpon-telponin kataya suruh cepetan. Cepetan! Cepetan tai kotok ih! ini nih gue sebel banget. Bapuk emang.
Pas gue sampe ke tempat yang disuruh cepetan itu, eh gak tahunya, 3 orang udah nyelonong naek bis ke Kampung Rambutan. Katanye sih biar cepet aja. Dan mereka tinggal nungguin nyisanya disana.

Di tempat janjian cuma ada boss leader. Doi pake merah-merah gitu, baju sama tas, sama merahnya. Tas Carrier nya gede nya kayak apaan tau dah. Kayaknya doi masupin kulkas ke tas carriernya. Pas gue mendekat, doi emang keliatan kaya mikir gitu. Eh gak tahunya bener kan. Surat buat nanjak gunung gede ketinggalan di kosan (pertanda pertama). 

Jadi, kita itu berdelapan, 4 Laki-laki dan 4 perempuan. 3 laki-laki udah berangkat menuju Kampung Rambutan. 3 Perempuan masih siap-siap di kosan. Jadi yang di tempat (yang disuruh cepetan itu) cuma ada gue dan tas Carrier-nya Agung. Agungnya lagi balik ke kosan dulu.
Itu jam 5 sore. Gue nunggu cukup lama.. yaaa 20 menitan deh. Agung pun balik lagi. EH TAPI 3 cewe-cewe juga pada belom nongol batang idungnya. 
geeeerrrrrr -____- kepriben banget yak.
Si Agung udah geleng-geleng mulu, dan berulang-ulang ngomong, "aduuh dasar cewe.. cewe....."
Gue jadi gak enak juga kan -___-

Yap! Hampir jam setengah 6. Fyuuh akhirnya teteh Iren nongol juga. Senyam-senyum gak jelas, dan bilang "Maaf yaa telat..." Halaaahh klasik teh! ^^V


Sambil nunggu bis 98 selama 15 menitan, ada gue, Teh Iren, dan Agung ketemu adek tingkat, namanya Adit. Adit ini calon anak TRATRIA juga looooww.. *cuuiitt cuuiittt
Adit terpanah gitu ngeliat gue, yang kerudung coklat, jaket coklat, sepatu kets, beh pokoknya matching banget dah. Etapi, dia gak nyangka gitu ngeliat gue juga bawa tas carrier yang katanya sih gedenya ngalahin badan gue. Ah labay aja tuh. Katanye gue malah ditenteng tas carrier gue sendiri. Wahahaha...

Lupakan Adit. Adit emang gak penting banget. Kita lanjut ngomongin 2 cewe pendaki lagi yang beloman nongol juga. Ada Fadlah dan Dian. Gue sama Agung sempet ngegosip bareng, katanya tas carriernya Fadlah dicopet orang! Buahaha.. ini kocak banget. Terus ada gosip juga, si Dian kagak jadi berangkat. Ah yasudahlah.. Kita emang bapuk banget. Terus, si Fadlah sempet di kerjain dulu sama Agung. Fadlah mesti nyari-nyari nesting gitu. Itu semacam panci buat kita masak di atas gunung. Tapi, nestingnya kagak ketemu-temu. -_____-" kesian Fadlah.

Bis 98 A yang menuju Kampung Rambutan itu emang langka banget. Adanya cuma 20-30 menitan sekali ngelewatin Rawamangun. Eh ada 98 noh! Berhubung udah mau maghrib juga, akhirnya kita putuskan, gue, Agung dan Teh Iren naek duluan. Nasib Fadlah dan Dian, yaa nyusul aja dah ke Kampung Rambutan. Disana kita udah ditungguin sama 3 pendaki cowo-cowo. Oia, harga Bis 98 A, Rp3.000,00

Sampai lah kita di Kampung Rambutan. Jam menunjukkan pukul 18.30 WIB.
Saatnya Shalat Maghrib dan nungguin Fadlah dan Dian.

Tepat pukul 19.00 WIB, Agung, Muroin, Luthfi, Kak Ian, Teh Iren dan gue berangkat dari Kampung Rambutan neak bis namanya "Langgeng Jaya", dan bayarnya Rp20.000,00. Nah, Fadlah dan Dian nungguin kita di Pasar Rebo. Hahahahaha.. ada kejadian kocak nih *tuh kan belom apa-apa gue udah ketawa duluan*. Pas Bis kita ngelewatin Pasar Rebo, Kita emang berencana buat ngangkut Fadlah dan Dian dari Pasar Rebo aja. Aduuuh.. pas udah ngeliat Fadlah dan Dian dari jauh, itu si Agung dari pintu manggil-manggilin meraka udah kaya kenek berpengalaman. Ditambah lagi, si teteh Iren ngebantuin manggil-manggilin. Ehmm.. gue sih, ngetag kursi buat mereka aja. Tapi sejujurnya gue ngakak banget dalem hati.

Fadlah kayaknya kesel banget sama kita. Karena kita ninggalin dia pas di Rawamangun. Tapi, kayaknya kesel bangetnya sama Agung, karena sempet disuruh nyari nesting dulu sih... ono noh yang bikin lama.

Tidur. Nyemil. Ngobrol. Tidur lagi.
Sampailah kita di Kota nya teteh Iren.. SUKA BUMI *ini pake spasi ato kagak yaa..
Kita mendarat di Love Earth City sekitar pukul 23.00 WIB. Cadaaassssss.. gue makin malem emang makin kece.

Jam 23.15 kita nyarter angkot. Ini ngelobi abang-abang sopir angkotnya alot banget. Maklum, namanya juga pendaki tiris yaa.. maunya yang murah gitu... Sekali-kali kek, nyaternya nyarter taksi. Kan ada argonya tuh.
Pokoknya per orang Rp12.000,00 buat patungan nyarter angkot sampai Pondok Halimun.

Eeeeeeehhhh.. bapuk banget angkotnya! Aseli!
Gue gak ngerti kenapa. Mungkin, angkotnya malu-malu kali yaa ngebawa pendaki cantik-cantik tengah malem. Ato emang dasar angkotnya bapuk. Nanjak dikit, mesin mati. Jalan dikit yang rada nanjak, mensinya panas, eeee... ujung-ujungnya mati lagi. Terus aja begitu... Yang cowo disuruh jalan kaki sama abang angkotnya. Soalnya mobilnya gak kuat gitu pas jalan nanjak. Dan ujung-ujungnya yang cewe juga disuruh jalan kaki. Wahahahaha.. dasar bapuk emang tuh angkot. Angkotnya jadi ngebawa tas-tas carrier kita doang.

Sekitar 3 km sebelum sampe Pondok Halimun, abang beserta angkotnya angkat bendera putih. Gue gak ngerti pertanda apaan *sok polos aja lah.
Dan tengah malem, kita mesti jalan kaki bapuk. Heran.. bapuk muluu yaaa dari awal.

Daaannn... 24.00 lewat dikit, kita sampai deh di Pondok Halimun


 (Ki-Ka) Dian, Gue, Teh Iren, Luthfi, Muorin, dan Kak Ian

(Ki-Ka) Dian, Gue, Fadlah, Teh Iren, Muorin, dan Kak Ian

Pas kita dateng.. Kita ketemu sama anak-anak SMA yang lagi ngalay foto-foto.
Dan kita gak mau kalah (loh?)

Kita TRATRIA.
Dalam ekspedisinya Gunung Gede 6 - 8 Desember 2013

Salam,
@PendakiZombie

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!