Edisi: Pesta Buncis dan Sosis di Surya Kencana

Senin, Desember 23, 2013 3 Comments A+ a-

Masih lanjut dari edisi-edisi sebelumnya:
Edisi: Berangkat Bapuk
Edisi: Pendaki Kece Mulai Jalan 
Edisi: Kesasar dari 0 Km
Edisi: 12 Ribu Pacet yang Durhaka
Edisi: Foto-Foto Bulsyit!
Edisi: Nasi Aer Hujan itu Pahlawan Buat Perut Kita
Edisi: Tracking Malam Like A Zombie 

Selamat Datang di Padang Edelweis Surya Kencana

Bismillah....
Edelweis yang terkenal dengan sebutan bunga abadi dan banyak orang mengkaitkannya sebagai lambang cinta, memang tumbuh subur di dataran tinggi, terutama di lereng-lereng pegunungan. Meskipun cantik, bunga dengan nama latin Anaphalis Javanica ini tidak boleh dipetik dan dilindungi oleh undang-undang loh.

Jadi ceritanya itu, boss leader udah bilang ke kita-kita.. gue masih inget nih bahasanya, "Pas kita di Surya Kencana itu adalah padang edelweis terluas yang pernah ada di Asia Tenggara, jadi gak boleh dipetik. Kalo ada yang berani metik, liat aja kalo cowo gue ajak berantem sampe babak belur, kalo cewe gue maki-maki sampe bego".. dan semua yang mendengar perkataan boss leader langsung terdiam. Ya termasuk gue.. apa istimewanya coba bunga Edelweis itu? -___- jadi penasaran kan.

Sekilas tentang Tumbuhan Edelwise nih yaa..
Tumbuhan ini biasanya dijumpai di lereng pegunungan pada ketinggian di atas 2000 meter di atas laut dengan udara yang sangat dingin. Tumbuhan Edelweis memiliki peran sangat penting dalam menghutankan sebuah lereng gunung yang tinggi. Tak salah, kalau edelweis sering disebut tumbuhan pioner atau pelopor pada tanah vulkanik muda. Selain itu, Edelweis juga berfungsi sebagai tanaman pelindung yang mampu menahan hempasan air hujan, sehinga mengurangi erosi di lereng pegunungan.

Edelweis bisa tumbuh di atas tanah yang tandus karena tumbuhan ini bisa bersimbiosis dengan mikoriza atau jamur yang berada pada akar yang bisa menyerap nitrogen dan mengurai sampah-sampah organik. Daunnya kecil-kecil dan diselimuti bulu-bulu seperti beludru. Musim berbunga berlangsung bulan April sampai Agustus. Setiap kuntum terdiri dari lima mahkota bunga berwarna kuning selebar 5 mm dikelilingi kelopak yang membentuk bintang.

Saat berbunga, aroma semerbak mengundang ratusan jenis serangga untuk menikmati madunya. Banyak serangga seperti kutu, lalat, kupu-kupu, lebah, dan serangga lainnya mati di sekitar edelweis dan menjadi pupuk organik yang ikut menyuburkan tanah. Bunga edelweis menghasilkan serbuk-serbuk bunga generatif. Serbuk-serbuk bunga ini diterbangkan angin melewati jurang, lalu jatuh di lereng pegunungan yang tinggi dan menjadi tumbuhan edelweis yang baru.

Dan gue dapet kalimat yang kece banget dari blog sebelah..
Setiap pecinta alam yang suka mendaki gunung, pasti sudah mengenal bunga edelweis. Bunga ini selalu dicari para pecinta alam, saat mereka mendaki gunung. Mereka mencari bunga edelweis, bukan karena ingin memetiknya. Mereka mencarinya sekadar untuk dilihat dan difoto.
Semua pecinta alam patuh pada janjinya untuk tidak meninggalkan apapun kecuali jejak, tidak membunuh apapun kecuali waktu, dan tidak mengambil apapun kecuali foto.

Begitu juga dengan bunga edelweis. Meskipun bunga ini unik, wangi, dan awet disimpan, bagi pecinta alam, bunga ini pantang dipetik, sekalipun tidak ada yang tahu dan melihatnya. Sebab, apabila bunga ini diperbolehkan untuk dipetik, padang edelweis yang hanya tumbuh di pegunungan tinggi pasti akan segera habis dan edelweis akan punah.
Nah, jadi ada ribuan bunga Edelweis memenuhi dataran seluas 50 hektar, dengan ketinggian 2.750 mdpl di Surya Kencana. Kalau udah sampe sana, inget! Gak boleh dipetik yaaa... Mau bunga Edelweis punah??? Buat lo yang mampir ke Surya Kencana dan lo berani-beraninya metik tuh bunga Edelweis maka lu bakalan berhadapan sama boss leader gue. Oke??


Pic diatas itu boss leader gue. Katanya kalo lu berani metik, berati berani berhadapan sama doi. Kalo cowo diajakin berantem, kalo cewe dimaki-maki sampe bego. Hah? mau gak? iih gue sih ogah.

Nah, btw itu boss leader lagi make jas biru lengkap sama dasinya. Doi sedang merayakan "10th Summit Attack at Mt. Gede", maap yee jadi sok inggris gini. Ada yang mau kenalan? nah ini gue kasih link FB nya Pria Berjas Biru. Udah 26 pendakian yang doi lalui. Gue gak ngerti deh gimana percisnya. Doi anak fisika, dan umur udah kepala dua. Jomblo ato nggak, gue gak tahu, kalau mau tahu inbox FB nya aja yee..  Nah kalau gunung Gede, Ekspedisi TRATRIA kemaren, doi udah 10 kali. Jadi biar agak lebay dikit, ceritanya doi mau ngerayain ke sepuluh kalinya manjat gunung Gede dengan foto-foto pake jas biru nan unyu itu. Weee congrast ya!

Nah, cerita di edisi sebelumnya itu kita sampai di Surya Kencana pukul 14.00 WIB, dengan suhu sekitar 16-20 derajat celcius. Sebenernya itu standar aja suhunya. Tapi kemaren tuh karena ujan, jadi suhunya jadi dingiin banget... sumpah dingin banget (bagi gue sih).. tapi temen-temen gue lainnya kayaknya biasa aja deh. Dan stamina gue semakin merosot. Dinginnya masyaAllah boook.

Ini gue di Padang Edelweis

Pas nyampe daerah Surya Kencana, gue pura-pura sehat. Sedikit maksa senyum, karena toh gue juga pengen punya foto megang atau setidaknya bisa foto deket bunga Edelweis. Gapapa deh yang penting gue dapet foto. Nah, selesai foto kita mesti jalan lagi sedikit, biar gak jauh-jauh dari jalur menuju puncak Gede. Disitulah kita gelar flysheet dan masak.

Gue udah gak kuat jalan lagi. Yang lain udah pada sampe di tempat flysheet mau digelar. Dan gue masih duduk di atas batu, dengan dinginnya yang luar biasa. Kayaknya yang ngerasain dingin luar biasa kala itu, cuma gue deh. Temen-temen yang lain biasa aja kayaknya.

Mungkin gue kena Hipotermia agak ringan. Semasa manjat ekspedisi kemaren, cuacanya tuh emang lumayan ekstrim, ujan mulu. Nih yaa gejala Hipotermia ringan adalah penderita berbicara melantur, kulit menjadi sedikit berwarna abu-abu, detak jantung melemah, tekanan darah menurun, dan terjadi kontraksi otot sebagai usaha tubuh untuk menghasilkan panas. Untungnya gue gak sampe berbicara melantur, malahan gue gak ada keinginan untuk berbicara, maunya mingkem terus pas itu. Kulit gue juga biasa aja.. merah agak ngepink gitu malah iya. Dan gue gak ngerti deh soal detak jantung atau tekanan darah, pokoknya tubuh gue pas itu bawaannya dingin banget, dan gak mau digerakkin lagi *terkesan lebay yah memang -___- hehehe...

Gue duduk sambil kepala nunduk dan cuma bisa diem agak lama di batu itu. Temen-temen yang laen mah udah pada duduk, udah siap-siap pada mau masak, dll. Untung aja gue gak digotong.. masih bisa jalan sedikit. Tas carrier gue dibawain sama boss leader. Hidup gue merana banget pas itu... 

 Ini temen-temen pada lagi masak

Coba liat pic di atas. 
Dibelakang ada gue lagi bobo gak berdaya. Ternyata (tanpa gue sadari) temen-temen pada nyelimutin jas hujannya dan jaket-jeket, buat nyelimutin tubuh gue yang dinginnya luar biasa. Gue sempet tertidur disana. Gak inget berapa lama. Yang gue inget, tiba-tiba gue disuruh bangun... gue dibagunin sama pria berjas biru itu, hedeeehh -___-  "Gii.. bangun dong, liat gue deh..." dan gue malah beneran bangun dari bobo gue. Gue cuma bisa buka mata sedikit, dan gerakin kepala sedikit, terus gue kaget ternyata gue ngeliat boss leader tiba-tiba pake jas lengkap sama dasinya warna biru pula lagi, terus jingkrak-jingkrakkan sambil senyam senyum gak jelas.

Terus gue denger suara begini, "Eh itu yang cewe-cewe coba peluk si Gia, ajak ngobrol kek  bla bla bla..." dan tiba-tiba teh Iren udah disamping gue, sambil bantu gue buat duduk. Dian dan Fadlah ada di depan gue. Pas teh Iren udah meluk (ngerangkul) gue, gue bilang ke dia, "Ya ampun, teh Iren, dingin banget..." Ternyata gue sambil nangis dan bener-bener menggigil. Gila gue sampe nangis.. Rasanya gak pantes banget yaa gue jadi pendaki. Cengeng bener dah -__-

Intinya gue gak terlalu menikmati momen di Surya Kencana. Temen-temen yang lain kayaknya seru banget, bercanda-canda, foto-foto, ketawa-ketiwi, dll. Di Surya Kencana juga hujan sekitar 1 jam. Jadi pas masak ya kita ngegelar flysheet. Masak pas itu mewah banget. Semua bahan makanan dikeluarin, sosis, buncis, sarden, sampe mie juga dikeluarin. Sampe mie kagak pake direbus juga dimakanin. Karena kata boss leader, ini makan yang terakhir. Jadi, bahan makanan yaa abisin aja. Kita pesta Buncis dan Sosis disana. Banyak bener dah... sampe-sampe Buncis nya kagak abis. Dan malah dibungkus lagi buat dimakanin pas nge-track.

Pas masak, seru banget. Gue cuma bisa ketawa sebisa gue. Kak Ian tingkahnya ada-ada aja. Luthfi songong banget nge-bully kak Ian mulu. Fadlah juga ada-ada aja, doi juga carper mulu. Teh Iren, Dian, mah seperti biasa jadi juru masak. Muroin kerjaanya makanin bumbu mie, dan gue pun ikut-ikutan. Wah seru deh momen itu... Pesta Buncis dan Sosis di Surya Kencana dengan diiringi gemercik suara hujan. Wah! Romantis bangeeeeettttt (kayaknya sih). Pemandangan padang bunga Edelweis yang luas juga menambah selera pesta Buncis dan Sosis di Surya Kencana. Semoga bisa balik lagi yah gi, tentunya dengan stamina yang fit. Amiin...

Ini gue kasih bonus pic Muroin deket Bunga Edelweis
Ada yang mau kenalan? sini bayar gocap dulu sama gue.

Selesai masak dan sekalian makan pukul 16.30. Sambil nunggu hujan bener-bener reda yaa sekitar 17.15. Nah kita beberes.. gue make sepatu dan kaos kaki menghabiskan waktu 15 menit -___- Pokoknya kita start pukul 17.30 menuju Puncak Gede.

Tenang, perjalanan menuju puncak Gede dari Surya Kencana cuma 1 jam kok.
Sampai ketemu di edisi selanjutnya aja yak :)

Kita TRATRIA.
Dalam ekspedisi Gunung Gede, 6-8 Desember 2013.

Salam,
@PendakiZombie


3 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
Hanna Ester
AUTHOR
Senin, Desember 23, 2013 delete

Wiihh serunyaa..
Jadi pengen naek gunung lagi :)

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Desember 26, 2013 delete

Oiaa ka Hana ini pernah manjat mahameru kan??
sampe puncak mahamru gak tuh ka?

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Desember 26, 2013 delete

Eh salah deh, ternyata ka Hana pernah manjat gunung tertinggi nomor 3. Gunung Rinjaniiiii. Wah kece badaaaaii!

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!