Edisi: Kesasar dari 0 Km

Minggu, Desember 15, 2013 0 Comments A+ a-

Postingin ini juga lanjutan dari Edisi: Berangkat Bapuk dan Edisi: Pendaki Kece Mulai Jalan

Bismillah...
Kita mantapkan langkah kaki kita.
Kita mulai memasuki area dengan pohon-pohon dan semak-semak yang cukup rimbun. 15 Menit pertama, so far tracking-nya belum ada yang nanjak. Gue sih ngewajarin saat itu, mungkin di awal-awal emang kece banget nih gak ada tanjakkan, dan wajar pula banyak pohon-pohon rindang.

15 menit kemudian, kita mulai memasuki hutan. Ya hutan!
Jalur Selabintana selain terkenal jalur tersulit, terpanjang dan tersepi, juga terkenal JALUR BELASAN RIBU PACET *eh ini serius loh, Agung sendiri yang ngomong. Yaa gue percaya aja dah. Agung bilang gini, "Di Jalur Selabintana itu jalur istananya pacet. Ada sekitar 12.000 pacet disana" <--- ini sotoy! Jangan ditiru apa kata Kak Agung, ya adik-adik. Pasti dia bohong! Dia gak ngitung. Adapun dia jujur pasti hitungannya gak presisi ^^V.

"Kalau lu jalan di Jalur Selabintana, itu 5 ribu pacet nempel di kaki dan tangan lu. Terus lu berhenti. Lu bersihin dikit. 3 ribu pacet lepas. Semakin lu bersihin, 2 ribu pacet lepas lagi. Kalau lu teliti ngebersihinnya sisa 500 pacet bla bla bla.." Wahahahaha aseli! ini omongan terlebay yang pernah gue denger. Dan gobloknya saat itu gue percaya banget. Gak ngerti deh maksudnya apa, mungkin dia mau nakut-nakutin. Oke, jangan ngomongin pacet dulu yaa.. itu edisi selanjutnya ajah, hehehe...

Kita mulai memasuki Jalur Sala Bintana (katanya)

Beeeh.. gue nih yaa.. gue semangat banget. Emang gue kebiasaan banget sama apapun. Gue sebenernya bukan orang moody-an. Tapi, gue itu emang paling semangat dan antusias di awal-awal doang. Rentang waktu 6 jam, stamina gue fit banget deh. Tapi, selanjutnya yaa gitu... I am Zombie!  hahaha..

Jalan... jalan...
Hup! *lompat dikit karena ada batang pohon.
Hup! Hup! *lompat lompat

Itu kerasa lagi tracking kaya di pilem-pilem. Kita ngelewatin pohon gede (gak segede paha Fadlah kok ^^V). Tapi gede banget dah. Kaki gue gak sepanjang kaki yang lain, jadi gue lumayan sulit ngelewatin rintangan yang Hup! Hup!

Dan rok sudah basah..

Kita sudah jalan sekitar 1 jam. Hutannya emang menggelikan. Terlepas dari pacet 12 ribu itu ya. Cuaca emang lembab banget. Tapi satu jam pertama belum keguyur hujan. Daun-daun berair semua.. becek iyuuhh.. gak ada ojeg pula (?)

Oia, di foto yang atas, mohon maaf yaa.. Fadlah emang gitu, cemans-cemans. Dia lagi megangin botol minyak kayu putih hahaha. Gak kece banget fotonya yak. Tapi lumayan banget buat iklan minyak kayu putih. Ah gue usulin Fadlah ah ke produser iklan, buat jadi bintang iklan minyak kayu putih khusus pacet Wahahaha...

Rest.. Kita Rest dulu yaa..

Eh tapi gue lupa nih, sama foto yang itu. Kita Rest atau lagi kebingunan yaa... (?)
Ya! Sepertinya kita emang lagi kebingungan. Sebenernya saat itu gue biasa aja. Gak bingung-bingung banget. Agung panik. Yap! Doi yang bingung. Sebagai boss leader, doi lah penunjuk  tracking. 2 Jam kok jalur nanjaknya gak ada ya? *pas nulis gue malah ketawa ngakak nih.

Aseli yang cowo-cowo juga pada ikutan panik. Luthfi dan Agung ormet dulu. Kita disuruh nunggu sambil rest deket pohon gede. Gue dan Dian durhaka banget yak. Disaat boss leader lagi panik, gue dan Dian malah gak ada dosa, dan kita asik foto-foto, hehehe ^^V Kalau teteh, mungkin lagi dzikir kayaknya...

Setelah ormet dan hasilnya nihil. Ya, kita putuskan kita telah KESASAR.. Arrgghhh ummi.. tolongiiiiinn... Nggak ngerti deh gue, kita kesasarnya sejauh mana. Dan dari mana titik kita mulai kesasar. Fyuuh -___- Suasana pun mencekam. "Gung, dzkir!" Kata teteh. Dan semuanya juga ikutan dzikir.

Parahnya, gak cuma perginya yang kesasar. BAHKAN, buat balik ke titik awal pun kita kesasar. Cadaaasss!! Ini baru panik tingkat dewa. Gak ada yang inget buat kembali ke jalan semula. Panik! Panik!

3 Jam pun berlalu... Hujan mulai deres. Kita putuskan untuk masang fly sheet, sementara nunggu hujan reda.

Suasana semakin mencekam.
Gue takut gak ketemu Ridho lagi di kampus. *Alaaaamaaaakkk >_<
Gue takut gak ketemu Pak Esmar buat kuliah Fisika Kuantum lagi.. Gue takut modul gue gak kelar.. arrrgghhh.. Gila Gia!! Sambil nunggu hujan, teteh baca Almat Surat. Harusnya gue juga tadarus ya.. Tapi, gue malah sibuk ngurusin pacet yang sampe masuk ke situ gue. Kepriben emang -___- Fadlah bobo, doi katanya ngantuk. Dan Dian malah foto-foto (sejujurnya gue juga hehehe). Kalau yang cowo gue gak ngerti dah kelakuannya ngapain.

30 Menit hujan pun berhenti.

Siap-siap balik ke titik awal

Agung dan yang lain sepakat untuk balik lagi ke titik awal. Atau setidaknya ke titik yang bikin kita kesasar. Opsi lain, Agung emang balik ke titik awal, dan nyariin guide buat kita. Yaa katanya bayar sekitar 200 ribu. Yowes gapapalah, yang penting gak kesasar.

Dan, stamina gue pun mulai menurun.
Ditambah rasa khawatir yang terlalu lebay. Emang dasar si Gia nih.

Oke, kita jalan... jalan... jalan...
Dan Yap! ketemulah persimpangan, tempat bikin kita galau sampe kesasar. Kita disuruh nunggu di situ aja. Sementara Agung, balik lagi ke Pondok Halimun (titik awal), buat nyari pencerahan untuk kita. Kayaknya doi gak enak juga sama kita-kita, soalnya udah ngebuat kita kesasar.

30 menit kemudian, Agung balik dan nyamperin kita.
Dia ngasih kabar, kalau kita KESASAR DARI 0 KM *pllaaakkk! Edan emang ih!
Kapan-kapan modal GPS atau buka google maps aja deh (?).

Ada beberapa pertanda yang udah Agung ceritain ke kita-kita. Pas di titik persimpangan itu, dimana titik yang bikin kita galau berat, tiba-tiba dari atas pohon, ranting pohon segede kaki Fadlah jatoh pas kita lewat. Istilahnya dikasih pertanda, "Wooii bapuk! Jalan lewat situ! Lu bakalan gak nemu jalan". Pertanda yang kedua, gak ada jalan setapak. Biasanya kalau ada pendaki yang lewat, jalan setapak pasti terbentuk. Nah ini nih gak ada. Jalurnya juga gak nanjan-nanjak. Kita udah kaya mao nayari harta karun di tengah-tengah hutan belantara *scroll drum*

Oke, kita jalan.. dan balik lagi ke titik awal yaitu di Pondok Halimun. Dan jam sudah menunjukkan pukul 12.30 WIB. Bapuk emang! 6 Jam boooooooo... Dan kesasar dari titik 0 km!!! HAHAHA.. Jangan diulangin lagi yaaa cemans-cemans.. Perbanyak dzikir kalau udah mulai galau dan panik. Stamina gue semakin menurun, dan gak punya semangat lagi buat manjat ke jalur yang Selaintana yang benar. Oke, kita rest dulu bulu Shalat Dzuhur. Dan, sebenarnya perut gue udah kriuk-kriuk. Laperrrrrr -___-

Jam 1 siang kita sudah mulai manjat lagi. Dan hal yang pertama langsung di sapa oleh "Tanjakan Tiada Ampun". Beeehh cadas kan! hahaha...

Letak kesalahan fatal kita sampe kesasar itu adalah ketika tepat di titik 0 km *serius.
Kita maen asal lurus aja, sesuai tanda panah yang ada. Tapi ternyata jalan itu adalah jalan menuju curug doang -__-. Yaah ini mah maenannya anak-anak SMA alay yang kemarin malam. Dan jalur Selabintana yang bener ada di sebelah kiri. Jalurnya kecil, dan belum apa-apa emang udah langsung ketemu Tanjakan Tiada Ampun.

See you, di postingan edisi selanjutnya aja yak. Gue mau makan siang dulu! :)

Kita TRATRIA.
Dalam ekspedisinya Gunung Gede 6-8 Desember 2013

Salam,
@PendakiZombie

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!