Arum Manis

Minggu, Juli 29, 2012 33 Comments A+ a-

Maaalllaaaammm...

Huaaaahh >,< gue gak nyangka banget malem ini bisa megang gulali..
Dari kemaren, bahkan dari sebulan yang lalu, gue udah ngidam banget pengen megang gulali. Gak makan gak apa-apa deh, yang penting bisa megang.. huhuhu

ALHAMDULILAH... kesampean juga bisa megang gulali .. hihihi

By The Way, gue baru tahu loh, ternyata yang gue pegang dari tadi ituh namanya Arum Manis, bukan Gulali. Waduuuh selama ini gue salah nyebut ternyata. SALAH!!!

Jenis kembang gula yang dimasa lalu mudah ditemui di pasar malam atau di depan gerbang SD atau SMP tak lain adalah arum manis dan gulali. Waaah, berhubung gue udah gak SD atau SMP lagi dan jaman sekarang di Jakarta pun juga sudah jarang adanya pasar malam, jadi gue jarang banget melihat gulali atau Arum manis.. huhuhu --> wajar aja dong yee, malam ini gue kegirangan pas nemuin gulali, eeh salah arum manis maksud ekyee..

Kedua jenis panganan ini berbahan dasar sama, gula pasir, namun diolah berbeda dan akhirnya menjadi bentuk yang berbeda pula. Arum manis di negeri ini - disebut cotton candy atau fairy floss di negara lain - adalah gula pasir yang diberi pewarna makanan kemudian dipanaskan sambil diputar-putar. Saat berputar, bilah bambu kecil ikut dalam putaran itu untuk menjaring ampar dari gula yang pecah dan menjadi seperti kapas yang disangga dengan bilah bambu tadi.

Sewaktu, gue masih SD, gue demen banget dah, ngeliatin abang penjual kembang gula, muter-muterin sampai akhirnya jadi kapas warna pink lah ataupun warna hijau. Saat itu, gue hanya bisa ngeliatin doang =(, soalnya gak boleh sama ummi makan begonoan, takut giginya hilang hehehe..
  (tapikan sekarang sudah gede, lagian gigi gue udah dipagerin, jadi gak mungkin hilang dong, dan berarti boleh lah yaaaa makan Kembang Gula alias Arum manis) hehehe..

Arum Manis Oh Arum Manis, kok gue baru tahu yaa.. kalau namanya arum manis hahaha

P.S; Nah, arum manis yang gue makan ini gak pake bilah bambu, ehm.. mungkin bambu sekarang sudah susah didapatkan. 

Kembang Gula kapas ini alias Arum Manis, sebenarnya sudah dikenal bangsa Italia sejak sekitar abad ke-15. Pada abad ke-19, pembuat kembang gula William Morrison dan John Wharton menciptakan mesin pelelah gula pasir menggunakan gaya sentrifugal untuk mendrong penciptaan kapas-kapas gula. (waaah fisika  banget nih hihihi)

Yaaaa!! akhirnya gue bisa merasakan arum manis juga.. gak tau kenapa gue suka banget nih. Sampai-sampai adik gue mau minta, gak gue kasih!! 

Nyam.. Nyam.. Nyam.. Sambil blogging narsis bareng Arum Manis aaahh..

Nah, selain Arum Manis, gulali adalah makanan serba gula yang mengingatkan kita pada masa kanak-kanak. Gulali lebih mirip lolipop, meski tentu dengan rasa yang berbeda. Gulali 100% terbuat dari gula pasir yang dilelehkan dalam wajan besar dan kemudian dijual menggunakan wajan kecil, dibawa berkeliling dengan pikulan. 

Penjual bisa membuat gulali menjadi bentuk apapun, seperti pesawat terbang, bebek, kuda, bunga dan lainnya. Jujur yaaa.. gue sudah jarang loh melihat abang-abang penjual gulali ini di jalan atupun di tempat jajanan sekolah. Gue malah sering melihat mba-mba cantik penjaga gulali di Mall-Mall bahkan di Gramedia ada loh.. ckckck..
  
sumber gambar dari google

Aaaahh gue kangen makan jajanan waktu SD yang dulu dilarang sama ummi gue.. hikshikshiks.
Kenapa yaaa, abang penjual gulali dan arrum manis sudah jarang ditemui?? Apa mugkin sudah ganti profesi jadi mas-mas kantoran yaahh.. *loh?

33 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
Cici Pratama
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

aku juga suka mbak, makan arum manis. Hm, sebenarnya di kampung ku, namanya kembang gula. Beda tempat, beda nama. Duuuuh, jd rindu juga mau makannya. *kapan ya??? @_@*

Reply
avatar
O T R L
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

mauuuuuuuuu!!
Bagi sini bagi!!!

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

hihihi Aku ajah baru tahu loh kalau namanya Arum Manis *plaakk*
Kembang gula ada 2 macam yaitu Arum Manis dan gulali, dan dua-duanya sama-sama maknyosss..

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

Wah ka!! apa-apaan siih.. puasa niiihhh hehehe

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

persis kayak anak saya yang pertama, gulali dan arum manis mania. jaman saya kecil dulu, begitu mudahnya mendapatkan ini di pasar malem atau dekat Taman Hiburan Rakyat. Sekarang makin langka, kalaupun ada di mall, mahal.

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

Ini nih jaman sekarang susah bunget nyari Kembang Gula.. huhu, bener banget nyari paling gampang yaaa di Mall Mall, tapi muahal..
*aahh balik ke jaman dulu ajah pake mesin waktu #loh?*

Reply
avatar
Asep Haryono
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

Di Pontianak, Arum Manis ini nama salah satu supermarket yang sudah gulung tikar alias bangkrut karena hadirnya Raksasa A Yani mega Mall, Matahari Dept Store. Sedangkan menu makanan ini kegemaran saya waktu kecil. Rasanya manis memang namun lengket di tangan. Warna khasnya Merah. Jarang saya liat arum manis pake warna biru, atau hitam hehehehehee

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

ane pikir tadi bicara soal mangga arum manis.. :D

awas lo, pemanis buatan.. dan kehigienisan.. :D

Reply
avatar
Senin, Juli 30, 2012 delete

arum manis sekarang mesti hati-hati mengkonsumsinya, karena terkadang memakai pewarna pakaian dan gula-nya gula pemanis buatan...nice share post :)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

jajanan yang sudah sulit ditemukan ...

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

Iya nih, kembang gula macam gini memang sudah sulit ditemukan..

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

waah seremmm!! iya bener.. suka banyak yang pemanis buatan.
Tapi, kalau Kembang Gula yang dijual di Mall Mall, insyaAllah sih gak pemanis buatan..

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

walaah.. mangga arum manis. haha bisa aje nih..
Iya nih, mesti ati tai yee.. soal kehigienisannya..
Thanks bang =D

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

Iyaa.. kegemaran gia juga nih, sewaktu kecil.. sama dong *tosss*
Yaa memang sudah jarang banget jaman sekarang jajanan kembang gula ini.

Reply
avatar
Selvia Sari
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

Berarti aku juga salah nyebut dong. Aku sebut yang pink pink itu juga Gulali .__. hhi ternyata salah toh...

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

Tooss dulu lah kita.. salah nyebut hihi

Reply
avatar
Coretanku
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

Gulali waktu kecil sering makan, tapi sekarang gak pernah lagi hehee..

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Senin, Juli 30, 2012 delete

iyaa nih, mulai susah dicari gulalinya..

Reply
avatar
Gandi
AUTHOR
Selasa, Juli 31, 2012 delete

Hahaha,, mau punah tuh makanan kayaknya ya?? hehe

Reply
avatar
eksak
AUTHOR
Selasa, Juli 31, 2012 delete

Itu arum manis, gia... Kalo gulali tuh yg biasa gue jual di kampung! *eh...

Reply
avatar
Selasa, Juli 31, 2012 delete

Aku juga sama, kangen sama arumanis dan gulalinya. Dulu sama sekarang jauh beda. Makanan yang seperti gituan udah ngga aku percayai. Kenapa! Takut ajah, takut kalo-kalo pake pewarna yang ngga lazim buat dipake plus dikonsumsi sama kita. Bisa bahaya :) happy flashback

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
Selasa, Juli 31, 2012 delete

hihi, mesin waktunya Lang ling lung (komik donal) ya?

Reply
avatar
TS Frima
AUTHOR
Selasa, Juli 31, 2012 delete

kunjungan perdana, salam kenal dulu ^^

Reply
avatar
Armae
AUTHOR
Selasa, Juli 31, 2012 delete

di Dompu gak adaaaaa... :|
Salah mampir sini siang-siang. Hahaha

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Selasa, Juli 31, 2012 delete

haha,,, bisa aja nih om zach =p

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Selasa, Juli 31, 2012 delete

iyaa nih bang.. susah nyarinye.

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Selasa, Juli 31, 2012 delete

hahaha,, wah ada abang-abang penjual gulali lagi blogwalking neehh =p

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Selasa, Juli 31, 2012 delete

iyap bener banget nih bang

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Selasa, Juli 31, 2012 delete

yaah mbak.. jangan ngiler yak hihihi

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Selasa, Juli 31, 2012 delete

bandung masih bertebaran loh yang dagang gituan, maen sini biar tiap hari beli haha

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Selasa, Juli 31, 2012 delete

waaah di Bandung yaaa?? *capcuuss ke Bandung deh* =P

Reply
avatar
Jenn ^^
AUTHOR
Rabu, November 14, 2012 delete

Aku juga suka arum manis!!!
Kl udah makan ga bs brenti yaaa!! hahahaaa..
Tp kl sekarang ini sih lgi seneng beliin arum manis "SugarBonBon", lucu bgt soalnya bentuknya..trus enak lgii nyam nyamm...pertama kali dikasih temen, ehhh udhnya jd bli terus deh sampe skr hehehhee...nih blog mereka kl mo liat..just share bwt sesama penyuka arum manis ^^
http://sugarbonbon2012.blogspot.com/

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!