The Rare Earth

Selasa, Maret 13, 2012 5 Comments A+ a-


Malaaaammmm 07:30, gue baru pulang kuliah loh. Owalah, malem banget yak. hehe.

Postingan kali ini, gue akan merangkum apa apa aja yang gue dapet saat diskusi tadi pagi bersama Pak Hadi, teman-teman, dan kakak kakak tingkat.

Oke, kali ini saya akan merangkum hasil diskusi tentang Science espesially about The Rare Earth. Diskusi ini bersama 11 Mahasiswa PFNR 2011, 2 Mahasiswa PFR 2010 dan 2 Mahasiswa PFR 2009.


Bismilah, semoga bermanfaat ya Readers. ^_^


Woowww, The Earth so Special and unique

     Siapa sangka kalau tampilan Bumi sekarang, ada campur tangan dari kekuatan dari luar Bumi. Dan menjadikan Bumi semakin special dan unik sebagai Istana kehidupan bagi semua mahluk hidup yang beruntung dengan tampilan Istimewa bumi yang sekarang.


     Manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa, mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi untuk mencari-cari kehidupan yang ada di luar Bumi. Sungguh luar biasa, banyak manusia atau ilmuan-ilmuan hebat diseluruh penjuru dunia berlomba-lomba untuk mencari jejak-jejak kehidupan diluar sana.   

    Tapi, itulah Kuasa Tuhan, manusia yang tinggal di Istana kecil dari alam semesta yang sungguh Istimewa ini, yaitu Bumi, hanya mampu menerka-nerka adanya kehidupan yang terjadi di luar Bumi.
Sepertinya, Bumi lah satu-satunya tempat ternyaman untuk semua mahluk hidup dengan kehidupan yang begitu kompleks. Dan tahukan, Bumi mampu menyediakannya, apapun itu sebagai penunjang kehidupan mahluk hidup yang begitu kompleks. Itulah Bumi yang sungguh Spesial untuk semua kehidupan yang terjadi didalamnya.

     Teori Bumi Kembar, menceritakan dahulu kala Bumi memiliki kembaran bernama Theia. Theia ini memiliki orbit yang sama dengan bumi. Pada suatu ketika, Kembaran bumi ini, Theia, menabrak Bumi. Dan tabrakan itu memberikan keuntungan bagi Bumi kita yang Istimewa ini. 

P.S :: Menurut teori Giant Impact, Theia terbentuk bersama dengan planet-planet lainnya di tata surya sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu. Ia mengitari Matahari dalam orbit yang kurang lebih sama dengan Bumi sekitar 60 derajat di depan atau di belakang Bumi. (www.google.com)

    Akibat dari tabrakan oleh Theia, massa Bumi menjadi lebih besar dari massa sebelumnya. Berarti gaya tarik Bumi pun juga semakin besar, sehingga dapat menjaga atsmofer tidak menghilang dari angkasa. Dan peran atsmofer sangat penting untuk Bumi, atsmofer dapat menahan serangan (komet atau benda-denda asing) dari luar Bumi alias sebagai pelindung untuk Bumi. Selain itu juga Atsmofer dapat menyediakan oksigen untuk kehidupan dan dapat mengatur iklim. 

     Lalu, Theia juga menyumbangkan sebagian materi ke Bumi saat bertabrakkan, yaitu inti logam. Maka, medan magnet bumi dihasilkan karena Bumi memutar logam-logam yang dikandungnya. Medan Magnet Bumi dapat mengangkis angin dari matahari.


     Oiaa, sebagian Theia setelah tertabrak dengan Bumi, masuk ke dalam Bumi dan membuat Bumi yang tadinya lembek, sekarang menjadi keras permukaannya. Lalu bagaimana sebagian Theia nya lagi setelah tertabrak dengan Bumi? Sebagian Theia itu menjadi pecahan-pecahan yang berantakan di sekeliling Bumi. Lalu seiring dengan berputarnya Bumi, pecahan-pecahan Theia yang berantakan itu saling bertumbukan dan menyatu membentuk seperti yang kita kenal sekarang, yaitu Bulan.

     Sebuah penelitian mengatakan bahwa Bulan bergerak menjauh 3,8 cm per tahun dan juga bulan mengalami penyusutan ternyata. Tapi jangan khawatir, butuh waktu milyaran tahun untuk bulan pergi menjahui Bumi.

      Keistimewaan bumi yang lain adalah posisinya yang sangat strategis. Terletak pada posisi ke tiga dari matahari, dan satu-satunya planet yang berada pada zona hijau. Bayangkan jika Bumi posisinya dekat dengan Matahari? Ehmm, Bumi akan sangat panas, dan air yang ada di Bumi akan menguap. Lalu bayangkan juga jika posisi Bumi berada Jauh dari Matahari (lebih jauh dari posisi ke-3) ? Ehmm, Bumi akan dingin bahkan membeku, dan tentunya tidak dapat ditinggali manusia.

      Dan satu hal lagi, yaitu Tetangga Bumi, Planet Jupiter. The Biggest of All Planets in Bima Sakti Galaxy, Jupiter Planet can help  the Earth. Ukuran Jupiter yang sangat besar ini dapat menarik benda-benda asing yang tadinya ingin menabrak Bumi. Ditambah lagi di Bumi mempunyai pelindung yaitu Atsmofer. Jika ada benda-benda asing yang tidak tertarik oleh Jupiter, itupun akan menabrak bumi namun dengan benda-benda asing yang ukurannya kecil. Lalu, Bumi dilindungi lagi oleh atsmofer, benda asing yang jatuh itu akan diperkecil lagi ukurannya sebelum jatuh ke permukaan Bumi saat melewati Atsmofer.

      Bumi sangalah Tangguh. Hal apapun itu yang dapat merusak Bumi baik dari dalam Bumi itu sendiri maupun dari luar Bumi, Bumi mampu memulihkan dan menyembuhkan dirinya. Namun Bumi, membutuhkan Evolusi, sesekali Bumi membutuhkan bencana yang dapat mendorong terjadinya evolusi.

      Namun Manusia yang telah diberi Istana Istimewa ini oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, kurang sadar betapa Spesialnya Bumi kita ini. Banyak Manusia yang hanya mampu merusak, mengotori, mencaci maki, memarah-marahi bencana yang dihasilkan Bumi dan masih banyak lagi. Manusia seharusnya bersyukur telah diberikan kesempatan untuk menjalani kehidupan yang sangat kompleks ini di Istana Istimewa buatan Tuhan Sang Pencipta. 

     Biarkan Bumi dan segala keistimewaan dan kerahasiaan jejak-jekak terbentuknya menjadi rahasia Sang Tuhan. Manusia boleh saja menduga-duga atau menerka-nerka dengan berbagai teori untuk mencari jejak-jejak terbentuknya Bumi tercinta. Namun yang terpenting, rasa penasaran dan keingintahuan tinggi yang ada pada Manusia, harus mampu membuat manusia lebih Bersyukur lagi atas segala nikmat yang sungguh tidak kebetulan ini


~Bumi, Bumi, Bumi, Istana Istimewa tempat semua mahluk hidup menjalani kehidupan yang luar biasa ini~

Rangkuman ini didapat dari Diskusi hasil Watching Science Film, 12 Maret 2012 oleh Dosen Pembimbing Pak Hadi Nasbey :D

~Mata hati Bumi tidak akan pernah sanggup meminta apa yang telah diberikannya kepada kita dari sejak dulu kala karena mata hati Bumi tercipta dari kelembutan butiran-butiran embun salju surgawi yang setiap butirannya mengandung beribu-ribu juta makna CINTA dan KASIH SAYANG antar sesama ciptaan dalam satu cakrawala jiwa ~

5 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
Hadi Nasbey
AUTHOR
Rabu, Maret 14, 2012 delete

Hebat.. rangkumannya super keren..
kamu ada bakat jd penulis... 4 jempol...
^_^

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Rabu, Maret 14, 2012 delete

hehehe. Makasih ya Pak. ^_^

Reply
avatar
YouKnowWho
AUTHOR
Kamis, Maret 15, 2012 delete

mana yang lain nya sitti ?

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Sabtu, Maret 17, 2012 delete

yang laen apenye koh?

Reply
avatar
Radyan
AUTHOR
Minggu, Maret 18, 2012 delete

Bagus de!
kaka tunggu resume diskusinya tiap pekan ya.. :D

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!