Menjadi Manusia Sejati yang Berkompetisi untuk Berkontribusi

Sabtu, Februari 25, 2012 2 Comments A+ a-


Siaaaannggggg 11:47

gue baru aja selesai nulis essay dengan tema "Kontribusi".
Essay ini untuk tugas Interview BEMJ FISIKA :D
Doakan gue yaa, supaya bisa berkontribusi di Bemj maunya MC (Media Center).
 Amin Amin Amin.

MC membutuhkan mahasiswa Kreatif. Mungkinkah gue salah satunya?? hehehe pliss pliss plisss kaka kaka bemj fisika, yang namanya Sitti Ghaliyah mau masuk BEMJ FISIKA donggg
^_^
Aseli saingannya banyak buat masuk bemj, lawannya PFR dan FisMur. 

#Maaf ya readers agak kepanjangan nih. hehehe
Harap dimaklumkan jika aneh tulisannya. Saya Newbie di dunia Ke-essay-an :D




Menjadi Manusia Sejati yang berkompetisi untuk berkontribusi

Oleh : Sitti Ghaliyah
Physics Education Non Reguler 2011
State University Of Jakarta

“Segala bentuk tindakan dan pemikiran yang bertujuan untuk mewujudkan sebuah cita-cita bersama, Itulah arti kontribusi.”
~Pemilik Blog Trisula Catur Wiwara Jagat~

Kontribusi, kata yang terdiri dari 9 huruf ini memiliki makna yang sangat mendalam dan mempunyai arti kata yang sangat berarti untuk semua manusia dari berbagai kalangan status, pekerjaan dan lain-lain. Kontribusi, sebuah kata sederhana yang sering kita lupakan dewasa ini. Apa itu Kontribusi? Pernahkah anda berkontribusi? Kontribusi nyata apakah yang telah anda lakukan selama ini? Bermanfaatkah kontribusi yang telah anda lakukan? Semua pertanyaan tersebut, sangatlah erat kaitannya dengan tindakan nyata untuk mewujudkan cita-cita bersama sebagai manusia sejati.


Selepas saya lulus SMA, salah seorang temanku bertanya mengenai kontribusi kepada saya. Sebuah pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab, bahkan lebih sulit daripada mengerjakan soal Hyperbolic Function Kalkulus 2 sekarang ini yang menjadi PR dari Dosen. Otak, pikiran dan benak saya, langsung memutar kembali ke masa lalu dan memikirkan kembali perjalanan hidup saya yang selama ini telah saya lewati sia-sia, tanpa makna, tanpa kontribusi nyata.

Kontribusi adalah sebuah tindakan yang penting untuk dilakukan agar kita dapat menjadi Manusia Sejati, manusia yang dapat keluar dari ide-ide sempit lalu membuka selebar-lebarnya pintu pikiran untuk ide-ide cemerlang, manusia yang dapat menemuakan cakrawala indahnya sebuah pengabdian, manusia yang dapat menunjukkan bahwa tidak semua hal yang dilakukan adalah sia-sia, manusia yang dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, dan manusia yang selalu tersenyum dan bahagia jika dapat berbagi keringat untuk membantu orang lain. Yaa, itulah definisi manusia sejati menurut saya yang sangat erat kaitannya dengan Kontribusi.

Melakukan Kontribusi berarti harus mampu merubah diri menjadi Manusia Sejati terlebih dahulu. Harus mampu mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Hal itu sangatlah perlu untuk melihat sejauh mana kapasitas kita dalam bertindak. Selain itu juga, dengan mengenali diri sendiri, sangatlah perlu untuk menyadari bahwa masing-masing individu memiliki Peranan. Dan siapapun kita, sangatlah perlu untuk menyadari bahwa sesungguhnya kita tidak tahu apa-apa.

Saya telah berfikir dan menyadari semenjak teman saya bertanya tentang kontribusi kepada saya. Sungguh payah, saya telah melewatkan waktu dengan sia-sia tanpa menjadi manusia sejati sesungguhnya. 

Semenjak menjadi Mahasiswa, otak saya harus mampu berputar dan bergerak dengan cepat, secepat Neutrino (Partikel jenis Lepton)  kalau bisa. Pintu pikiran pun harus saya buka seluas-luasnya, seluas ruang Angkasa buatan Tuhan kalau bisa, agar ide-ide super tentang kontribusi dapat masuk kedalam pintu pikiran saya. Apapun akan saya lakukan agar saya mampu menjadi Mahasiswa yang mampu berkontribusi untuk diri sendiri, orang lain dan Bangsa. Saya yakin, saya bisa! Saya mampu! Harus Optimis berkompetisi untuk berkontribusi.

Bagaimanakah dengan anda wahai Mahasiswa di Indonesia? Masihkan mampu menjawab beberapa pertanyaan saya pada Paragraf 1 tersebut?

“Mahasiswa adalah cerminan intelektualitas muda suatu bangsa”.
~Pemilik Blog Trisula Catur Wiwara Jagat~

Mahasiswa adalah golongan terpelajar yang merupakan jembatan kepentingan antara masyarakat, pemerintah dan industri. Mahasiswa merupakan pilar bangsa. Tapi sayangnya banyak mahasiswa yang masih menjadi Isolator. Isolator dalam fisika artinya adalah Semua Elektron terikat kuat pada atom-atomnya dan tidak dapat bergerak bebas. Yaah, itulah menurut saya arti Mahasiswa sekarang ini, yaitu Isolator.  Jangankan berkontribusi untuk bangsa, saya yakin untuk berkarya saja kita kurang memiliki effort dan passion.

Apakah yang menyebabkan hal itu? Karena mindset sebagian besar kita yang pergi ke kampus adalah untuk mendapatkan IPK tinggi dan lulus dengan cepat. Padahal jika kita benar-benar belajar kearah mana keilmuan didisain di Indonesia ini bermuara ternyata masih perlu dikoreksi. Ditambah dengan kemajuan teknologi di era globalisasi ini yang masih perlu diperhatikan karena  telah membuat kreativitas berputar di situ-situ saja.

            Masihkan layak disebut Mahasiswa? Mulailahlah berfikir untuk menjadi Manusia Sejati dari sekarang, agar mampu berkompetisi dengan mahasiswa lain  mindsetnya telah berubah untuk Berkontribusi.  Bagaimanakah caranya?

Kita harus membuka cakrawala kontribusi kita, mengeluarkan sebagian  otak-otak kita dalam ruang kampus menuju kehidupan masyarakat yang sederhana namun penuh dengan kompetisi. Mengeluarkan stigma kita dari arti kontribusi kita yang mungkin terlalu sempit untuk ide-ide kreatif kita. Membuat diri kita menjadi manusia sejati, (bukan berarti menjadi Mahasiswa Sejati yaaa). Tahukah kamu?  Jalan menuju Roma saja ada seribu, apalagi hanya untuk keluar dari dunia kita yang sempit ini untuk lebih berkontribusi untuk diri sendiri, orang lain dan bangsa.

Peranan sebuah organisasi kemahasiswaan memang tidak bisa dipandang sebelah mata karena dengan terbentuknya organisasi mahasiswa akan dapat mempersatukan serta menambah solid hubungan mahasiswa. Banyak sekali tujuan serta gagasan yang muncul  dari organisasi mahasiswa yang merupakan sebuah gerakan inovatif hasil kreasi anak bangsa.

Kontribusi sama dengan 3PAS. Yaitu :
PERAN SERTA
PARTISIPASI
PEMBERIAN
ANDIL
SUMBANGAN  (ide-ide, materi, keringat dll)

“Wujudkan 3PAS dalam keorganisasian kemahasiswaan, mulailah dalam dunia kampus untuk berkontribusi agar pikiranmu mampu berkompetisi untuk berkontribusi juga lebih luas lagi di dunia masyarakat.”
~Sitti Ghaliyah Pemilik Blog Gia’s Word~

2 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Sabtu, Februari 25, 2012 delete

Visya said by comments FB: "Aku udh baca essai ny Gia lho, cie yg pertama nih :3. hhe . Bagus kok :3 sukses y, smg lolos BEMJ ny, aamiin :D"

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Minggu, Februari 26, 2012 delete

Kiar Vansa said by sms: "Tambahin di essay lu ttg kompetisinya soalnya kurang ngena dari judul. Banyak Ibaratnya gii."

"Semoga lulus yak Sitti essay yg bagus, poles sedikit lg bakal bagus banget tambahin tentang kompetisinya. MC mah jebol lag Gii. Kan ada usaha keras --> kata pak razali wkwk"

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!