Produknya Keren! #CatatanPENGOLEKSI

Rabu, Maret 25, 2015 1 Comments A+ a-

Bismillah...
Sebelumnya tentang #CatatanPENGOLEKSI
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Hariii ini gueee seneng banget! Karena gue bersama tim gue berhasil melewati Monitoring Evaluasi Internal Tahap 1 PKM 2015 dengan selamat tanpa darah-darah ataupun luka sedikitpun.

Hari ini, Rabu, 25 Maret 2015, merupakan Tahap 1 dari Monitoring Evaluasi (Monev). PKM yang gue dan tim laksanakan harus dipantau terus oleh dosen-dosen internal kampus, dan hari ini adalah pantauan Tahap 1 nya. Sebenarnya masih ada Tahap 2 dan Tahap Akhir lagi yang harus gue dan tim lewati. Pasti Bisa!

Menuju Monev Tahap 1, Tim PENGOLEKSI harus sudah menjalankan kegiatan PKMnya sebanyak 30%. Gue dan tim sudah mempersiapkan macem-macem, mulai dari bikin Log Book (print out dan konvensional, bikin IKJP (Indikator Kemajuan Jangka Pendek), bikin lampiran-lampiran, bikin PPT untuk presentasi, menganalisis angket kebutuhan siswa dan guru, sampai proses pengembangan produk PENGOLEKSI itu sendiri.

Pukul 08.30 gue sudah sampai di kampus dengan memakai batik yang kecenya kelewatan. Sahabat gue, Fitri sudah stand by dari satu jam sebelumnya, dan dia pun gak kalah cantik dari gue. Kita memang selalu prepare kalau urusan presentasi atau tampil-tampil apa kek gituuu~

Dua adik tingkat gue (yang juga termasuk dalam Tim PENGOLEKSI), namanya Anisa dan Ida, mereka pagi-pagi sudah bikin gue keponya kelewatan alias k.e.s.e.l. Seharusnya sih kita sudah kumpul pukul 08.30, karena kita akan maju presentasi monev pukul 09.30. Anisa dan Ida ternyata gak keliatan batang idungnya sampai pukul 09.15. Pokoknya mereka ternyata kuliah dulu... hahaha pantes gue telponin gak diangkat. Niatnya gue mau ngomelin, tapi ujung-ujungnya malah gue yang minta maaf ke mereka *koplak lu gii, sebagai senior harus merasa benar dong!*

Pukul 09.17 Tim PENGOLEKSI majuuu presentasi Monev looooh.... Kita maju urutan kedua. Pengujinya ada dua bapak dosen ganteng dan masih muda. Duuuuh~



*Presentasi dimulai*

bla...
bla...
bla...

Monev Tahap 1 ini menilai beberapa aspek, yaitu aspek presentasi, aspek Log Book dan IKJP, dan satu aspek lagi gue lupa.

Saat presnetasi, gue itu PD nya kelewatan. Optimisnya terlalu menggebu-gebu. Entahlah, gue memang gituuuu... Alhamdulilah presentasi gue dan tim berjalan lancar. Bapak dosen yang ganteng bilang gini, "Wah produknya keren! Ini kalau kalian bikin sampai selesai dan hasilnya bagus, ini bisa diajuin ke DIKTI untuk produksi massal loh," puji bapak dosen, Aaaahhh disitu hati gue berbunga-bunga banget.

Gue kasih lihat hasil pengembangan PENGOLEKSI yaaa.. tapi ini masih 30%. Oia, buat yang belum tahu, PENGOLEKSI itu singkatan dari Paket Lengkap Modul Elektronik Fisika. Modul Fisika ini lengkap banget, gak cuma ada konsep materi, tapi juga ada animasi, audio, teks, gambar, video, sampai evaluasinya pun juga ada. Goals-nya, yaitu PENGOLEKSI mampu menjadi media pembelajaran mandiri untuk siswa SMA kelas XI dengan memanfaatkan kamajuan Teknologi saat ini.

Ini diaa produknya!

 Cover Depan PENGOLEKSI

Software yang kami gunakan, adalah software 3D PageFlip Professional Version 1.7.7 dan ISpring Quiz Suite 7. Softwarenya masih Trial 30 Hari, makanya ada tulisan "3D PageFlip Demo". Karena kita bakalan dapet Hibah dari DIKTI, makanya nanti software-nya mau beli yang pro, harganya sekitar berapaaa dollar gituuu... *gak tahu*

Halaman Pertama PENGOLEKSI

Ketika halaman pertama PENGOLEKSI gue buka, dua bapak dosen penguji langsung terpanah gituuu deh... Kayaknya beliau jatuh cinta sama produk yang gue dan tim sedang kembangkan deh. Terbukti setelah gue selesai presentasi, salah satu dosen penguji masih ajaaa nanya-nanya soal kecanggihan produk gue ini, katanya benar-benar lengkap dan memudahkan guru untuk mengajar. "Saya nanti mau pakai produk kamu untuk mengajar mahasiswa saya ya," kata bapak dosen penguji. Duuuh gue makin berbunga-bungaaa deh.

Sebenarnya gak cuma pujian saja yang datang bertubi-tubi ke gue dan tim PENGOLEKSI. Ada juga beberapa kritik dan saran yang membangun untuk kita, diantaranya:
  1. Kejelasan teori tentang 112 responden untuk mengisi angket Analisis Kebutuhan Peserta Didik. Kata bapak dosen penguji, "Kenapa harus 112 responden? ini teori dari mana?"
  2. Pertanyaan pada angket Analisis Kebutuhan yang kurang spesifik ke pokok pembahasan, yaitu Fulida Dinamik. Harusnya lebih dilihat lagi, benarkah materi Fluida Dinamik ini membutuhkan media pembelajaran mandiri untuk peserta didik.
  3. "Coba yang menjawab pertanyaan jangan cuma kalian berdua saja (gue dan Fitri), yang dua lagi (Anisa dan Ida) ikut jawab dong," kata salah satu dosen penguji.
  4. "Berapa harga software yang Pro?" tanya salah satu dosen. Sebenarnya gue gak bisa jawab pertanyaan yang ini. Help me!
Udaaah saran dan kritiknya itu sajaaaa... Alhamdulilah yaaa..


 Tim PENGOLEKSI

Gak cuma presentasinya saja, tapi Log Book kita juga dinilai. Dua bapak dosen yang ganteng-ganteng itu membuka Log Book kita dan memperhatikan dengan seksama. Kalau urusan Log Book siih beres, InsyaAllah.

Udah deh gitu ajaa cerita tentang Monev Tahap 1. Doakan kami agar lancar dalam mengembangkan produk PENGOLEKSI yaaa... InsyaAllah, targetnya akhir April 2015 bisa selesai produknya, Aamiin...

Raut Kebahagiaan Selesai Presentasi Monev Tahap 1

Sitti Ghaliyah
Ketua Tim PENGOLEKSI

1 Cuap Cuap:

Write Cuap Cuap
Selvia Sari
AUTHOR
Kamis, Maret 26, 2015 delete

Wahhh ditunggu cerita selanjutnyaaa :D
Kepo nih soal perjalanan mengenai PKM -nya, mbak.

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!