Nuklir dan Generasi Muda

Rabu, Maret 27, 2013 52 Comments A+ a-


Nuklir!
Wah semester 6 nanti, akan ada mata kuliah Pendahuluan Nuklir loh.
Ehmmmm... Mahasiswi unyu jurusan Fisika macam saya ini, cukup awam dalam mendengar kata Nuklir. Sewaktu saya SD-SMP-SMA, mendengar kata Nuklir, pasti mikirnya udah aneh-aneh deh. Yang saya tahu, Nuklir itu digunakan untuk persenjataan, nge-bom sana nge-bom sini, pokoknya serem-serem deh. Masih teringat sekali pelajaran Sejarah sewaktu SD, tentang dijatuhkannya bom atom di Nagasaki dan Hiroshima yang mengakhiri perang dunia ke dua, cerita sejarah itulah yang masih membuat saya berfikir negatif tentang Nuklir.

Setelah saya menginjak bangku kuliah, dan mengetahui bahwa ada salah satu mata kuliah yang akan saya ambil adalah Nuklir, wah semakin membuat saya menjadi penasaran nih, sebenarnya Nuklir itu apa sih??? Nuklir itu untuk apa saja sih??? Sayang banget, jika generasi muda seperti saya ini cukup awam terhadap Teknologi Nuklir. Waaahh... apalagi, semester 6 nanti, akan mengambil Mata Kuliah Nuklir.. hohoho gawat banget nih, kalau saya masih saja beranggapan Nuklir sebagai buat nge-bom, militer dan persenjataan.

Eitss.. jangan salah loh, mayoritas masyarakat Indonesia termasuk para generasi muda masih memiliki pengetahuan yang minim terhadap Teknologi Nuklir. Terbukti dari hasil survey PT Andira Karya Persada, 28.54 % masyarakat Indonesia mengetahui nuklir sebagai persenjataan atau militer.

Inilah yang melatarbelakangi, mengapa nuklir cukup terdengar negatif di kalangan masyarakat Indonesia (termasuk saya), karena kurangnya sosialisai tentang manfaat Teknologi Nuklir yang sebenarnya, terutama di Indonesia. Padahal yang perlu diingat penggunaan nuklir di Indonesia tidak sebagai persenjataan dan sebenarnya nuklir di Indonesia digunakan untuk kepentingan damai, seperti kesehatan, pertanian, perternakan, dan sebagainya.

Masa iya, udah jadi Mahasiswi unyu seperti ini, tapi masih negative thingking terhadap Teknologi Nuklir dan Pemanfaatannya. Gak ada kata terlambat untuk cari tahu banyak tentang Teknologi Nuklir dan segala Pemanfaatannya!! *ceileeehh..

Beberapa minggu yang lalu (13 Maret 2013), ada Seminar Nuklir di Hotel Grand Sahid Jakarta loh. Seminar Nuklir yang bekerja sama dengan Negara Rusia ini, mengangkat tema Pengalaman Rusia di Bidang Penggunaan Energi Nuklir Damai.

Sekitar jam 10.00 saya baru sampai ke tempat Seminar Nuklir.
Dan Bapak Gusti Muhammad Hatta sedang berpidato membuka Acara Seminar Nuklir.

Sebagai generasi muda yang bertanggung jawab untuk masa depan bangsanya, saya pun juga tidak tinggal diam, menenggelamkan pengetahuan kenegatifan saya terhadap Teknologi Nuklir. Saya pun juga ingin mengetahui lebih banyak tentang Nuklir dan semua pemanfaatannya.

Inilah waktu yang tepat!!!
Cihuuuyy.. saya dan 8 orang teman saya yang lain, mendapat kesempatan untuk menghadiri undangan Seminar Nuklir di Hotel Grand Sahid *serius diundang loh*. Gak cuma satu Universitas saya saja (UNJ) tapi juga ada teman-teman Mahasiswa lain dari UIN, ITB dan UI.

ROSATOM (Perusahaan pengelola reaktor Nuklir di Russia) mengadakan seminar Nuklir yang terbagi 3 sesi. Sesi pertama tentang Energi Nuklir dan Prespektif Global, Sesi kedua tentang Pendekatan Terhadap Regulasi, Keamanan dan Suplai Bahan Bakar dan sesi yangh ketiga tentang Pendidikan, Tenaga Manusia dan Ekologi. Namun sayang sekali, Mahasiswa-mahasiswa tidak mengikuti seminar yang 3 sesi itu.

Ternyata, kami mempunyai waktu khusus dalam Seminar Nuklir tersebut untuk Para Mahasiswa loh. Seminar pararel yang diadakan di ruangan berbeda ini, membahas tentang Generasi Muda yang menjadi Spesialis Nuklir di Russia. Wow kan!! :D

Saat seminar berlangsung, pembicaranya orang Bule Russia asli. Nah, agar kami tetap mengerti apa yang dibicarakan, untung saja, ada penerjemahnya hehehe :)
Generasi Muda harus mendukung pemanfaatan dan penggunaan Teknologi Nuklir untuk perdamaian dan untuk hal-hal positif  seperti dalam pemanfaatn Nuklir dalam sektor kedokteran, pertanian, industri, peternakan, pembakit listrik tenaga nuklir dll.

Masa Depan Indonesia ada di tangan kami, para Generasi Muda. Jika generasi mudanya saja, tidak tahu apa-apa tentang Teknologi Nuklir dan hanya mengetahui hal-hal negatifnya saja, lalu bagaimana nasib masa depan Indonesia?? Padahal Teknologi Nuklir akan dimanfaatkan sebagai alternatif pemenuhan energi di masa depan.

Beruntunglah saya yang ikut hadir dalam Seminar Nuklir di Hotel Grand Sahid beberapa waktu silam. Dan sekarang saya menjadi semakin tertarik untuk mengetahui Apa itu Nuklir dan Apa saja pemanfaatan Nuklir. Dan saya jadi merasa bertanggung jawab, untuk masa depan bangsa Indonesia. 

Saya semangat sekali untuk menambah ilmu-ilmu dan pengetahuan tentang Nuklir dengan mengikuti Kontes Blogging yang diadakan oleh KOMMUN (Komunitas Muda Nuklir Nasional) :D
Dengan saya menulis dan menceritakan tentang Teknologi Nuklir dan segala Pemanfaatannya, saya berharap Generasi Muda yang awalnya awam tentang Nuklir seperti saya ini, jadi semakin tertarik atau setidaknya mulailah tertarik dengan membaca dan mengetahui tentang Nuklir terlebih dahulu.

Semangat mencerdasakan sesama dan saling berbagi pengetahuan =D
nb: Cooming Soon --> postingan-postingan saya selanjutnya tentang Teknologi Nuklir yaaa...

~Salam kece dari sesama generasi muda~


Postingan ini diikutsertakan dalam Blogging Competition oleh Nuclear Youth Summit 2013

Ohiya, saya mendapatkan banyak oleh-oleh setelah pulang dari Seminar Nuklir di Hotel Grand Sahid loh. Terutama perut kenyang, makan makanan Russia enak-enak dan gratissss... Mahasiswa-mahasiswa ganas-ganas semua ya ternyata kalau soal makanan hihihi ^_^V
Selain itu dapat buku catatan yang gede banget, dapet pensil raksasa dan dapet foto-foto sama bule-bule Russia hahaha.. lumayaaann... Dapat pengetahuan tentang nuklir dan dapat oleh-oleh juga. WOW!! Terima Kasih banyak :D

Kamu tahu Nuklir dan Pemanfaatannya juga kah??
Hayooo... saling share yuk..


52 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
eksak
AUTHOR
Rabu, Maret 27, 2013 delete

wah GIA bisa jadi ahli nuklir donk? tapi tetep ilmu dipake yang bijaksana ya Gi... jangan ikut2an pengen bikin BOM... ^_^

Reply
avatar
Rabu, Maret 27, 2013 delete

ternyata kalau mahasiswa menyantap makanannya sifat keganasannya sama dengan nuklir ya,,,,menghabis leburkan semua tanpa tersisa
selamat berlomba ya...salam sukses selalu :-)

Reply
avatar
Rabu, Maret 27, 2013 delete

luaar biasaaa ilmunya mahasiswi kece yg 1 ini ^^

saya dulu waktu ikut lomba debate, keteteran banget gia kalo dapat materi tentang nuklir2 gini hehehe

Reply
avatar
Niar Ningrum
AUTHOR
Rabu, Maret 27, 2013 delete

giaaaa lama gag bersua ternyata lagi sibuk yaa ikutan seminar2 gini, ciyee makin eksis :D

eeh itu niar juga mikir napa gia kok nuklir2 yaa emang mau ngebom mana, hehehehhe ternyata banyak yaa gag cuma buat bom ajah :d

eeh itu makanan rusianya macem apah? pengen liatttt :D

Reply
avatar
Ima Nurani
AUTHOR
Rabu, Maret 27, 2013 delete

Salam Kece buat GIA :)) KEREN banget sih nuklir ini yaa. Aku juga sih, taunya nuklir itu yaa sebagai senjata doang. heheh

Reply
avatar
Rawins
AUTHOR
Rabu, Maret 27, 2013 delete

betul betul itu
aku taunya juga gitu. kalo nuklir itu bom

Reply
avatar
Rabu, Maret 27, 2013 delete

kalau aku, nuklir adalah sesuatu yang kalau meledak itu bunyinya kenceng banget....

#SangkingPolosnya :D

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
Rabu, Maret 27, 2013 delete

nuklir itu yang bikin chernobyl menjadi kota mati, lamaa.
nuklir juga yang bikin korea utara dibenci dunia.
nuklir juga temennya pakis (ehh itu suplir ding)

Reply
avatar
Rabu, Maret 27, 2013 delete

Ehhm, Nuklir itu energi yang dihasilkan dengan mengendalikan reaksi nuklir, ya kan ka??
Kalau, Energi nuklir itu adalah salah satu sumber energi di alam ini yang diketahui manusia bagaimana mengubahnya menjadi energi panas dan listrik.

Yang aku tahu, pemanfaatannya Teknologi Nuklir yang bidang kedokteran. Iya gk ka?

Reply
avatar
Arum.W
AUTHOR
Rabu, Maret 27, 2013 delete

Keunggulan nuklir dibandingkan pembangkit listrik yang lain apa yaa???? aku mau tahu donggsss :)

Reply
avatar
Ackbar.Perdana
AUTHOR
Rabu, Maret 27, 2013 delete

ditunggu ya kak artikelnya tentang pemanfaatan nuklir bidang kedokteran,,,, penasaran soalnya. hehehe

Reply
avatar
Hanna Ester
AUTHOR
Kamis, Maret 28, 2013 delete

Woowww mana foto bule rusianya??
Blushing*

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Maret 28, 2013 delete

wiww ahli Nuklir yaaa..??? Mantep juga nih, bang! ;D
Oh tentunya dong, Ilmu harus dipakai dengan bijaksana..
Iyaa nggak lah. Masa Nulir hanya untuk bikin BOM doang sih, kan pemanfaatan teknologi Nuklir banyak. Bisa bidang kesehatan, pangan, industri dll.. :)
Dan lagian juga, Teknologi Nuklir ituh akan dimanfaatkan sebagai alternatif pemenuhan energi di masa depan loh (n_n)b

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Maret 28, 2013 delete

wahahaha... iya juga yaa..namanya juga Mahasiswa.. apalagi Mahasiswa yang nge-kost wehehe ^_^v
Sifat keganasannya sama seperti Nuklir? ooohh.. mungkin maksudnya, Nuklir yang untuk militer dan persenjataan yaa.. Wah jangan deh, pak! Atuuuttt >,<

Lebih baik, manfaatkan Ilmu dan Teknologi Nuklir untuk meningkatkan kehidupan bangsa kita :D
Contohnya saja dalam bidang kesehatan, Aplikasi teknik nuklir dalam bidang kesehatan telah memberikan sumbangan yang sangaaaaaaaaat berharga dalam menegakkan diagnosis maupun terapi berbagai jenis penyakit :D

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Maret 28, 2013 delete

Asssiik dibilang kece sama mba Dini ;)

Ohh.. Debate Competition yah mba?? wah emang nih mba, kalau motion Debate Competition, tema Nuklir emang favorite banget di setiap DC pastiii ada ajaa motion tentang Nuklir.

Wah DC dari jaman kuliah yaa..? wah udah lama banget dong hihihi
Berarti DC dari jaman dulu (*eh) samapai sekarang motion Debate tentang Nuklir favorite banget yaa.. dan suka bikin para Debaters keteteran. Apalagi kalau yang background ilmunya social.

Mahasiswa (Debaters) yang backgroud ilmunya sosial pun, juga mesti tahu banyak tentang Nuklir dan segala pemanfaatannya nih (n_n)b

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Maret 28, 2013 delete

Mba Niiiaaarr.. Halooooww! :D

Wah, dulu waktu zamannya Peran Dunia, Nuklir memang dimanfaatkan untuk militer dan persenjataan, demi mempertahankan wilayah negara.

Gini mba Niar, Masyarakat pasti mengetahui sisi historis bom nuklir yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki pada masa akhir Perang Dunia II, ya kan? inget kan pelajaran Sejarah waktu SD hehehe.
Selepas itupun, nuklir lebih dikenal sebagai hulu ledak rudal yang dimiliki negara-negara Blok Barat (NATO), maupun Blok Timur (Pakta Warsawa).

Iyaaa dulu, Senjata nuklir menjadi hal yang sangaaaaaat mengerikan jika perang dingin antar kedua blok tersebut benar-benar pecah menjadi perang terbuka. Nah akhirnya, Runtuhnya Uni Soviet telah mengakhiri perang dingin, dan produksi hulu ledak nuklir dihentikan deh.

Nah, sekarang itu, Pemanfaatan tenaga nuklir lebih dominan untuk pemanfaatan dengan tujuan damai, seperti untuk pembangkitan listrik. :D :D

APah??? mau liat makanan Russia nya yaa.. Ah jangan ah, nanti ngiler lagi :p

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, Maret 29, 2013 delete

Salam kece juga Ima :)
Wah sama dong, kaya Gia waktu dulu, tahu tentang Nuklir sebagai persenjataan dan militer saja.. ckckkc

Kalau begitu, semangat mengetahui tentang Tenologi Nuklir dan segala pemanfaatannya (yang positif)! :D

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, Maret 29, 2013 delete

Wah idem nih Mas Rawins :D hohoho

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, Maret 29, 2013 delete

wkwkwkwk..

Wah secara gak langsung, Mas Indra juga tahunya Nuklir buat bom-boman juga yaaaa...
Generasi Muda macam kita, mesti banyak bebenah juga nih :D Mind set dan paragdima generasi muda mesti dirubah tentang pemanfaatan Ilmu dan Teknologi Nuklir yang sebenarnya..

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, Maret 29, 2013 delete

Di dalam perjalanan industri PLTN tercatat 3 peristiwa kecelakaan besar nioh om Zach. Diantaranya adalah insiden Three Mile Island (1979), tragedi reaktor Chernobyl (26 April 1986), dan yang terakhir adalah kecelakaan reaktor Fukushima Daiichi akibat hantaman gelombang tsunami (11 Maret 2011). Pada setiap rentang waktu pasca kejadian kecelakaan nuklir, popularitas nuklir senantiasa menurun, demikian halnya pasca kejadian Fukushima Daiichi.
Sediiih memang :( :(

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, Maret 29, 2013 delete

Kecenderungan teknologi pembangkitan listrik ke depan akan semakin meninggalkan sumber energi konvensional, menuju energi baru dan terbarukan, salah satunya yaa Nuklir :D

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, Maret 29, 2013 delete

Wah bagus banget dek! :D

iyaaa IPTEK Nuklir juga ada pada bidang kedokteran/kesehatan.
Insya Allah, akan ada juga postingannya kok :D

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, Maret 29, 2013 delete

Ciyeeee Arum, mau tau banget yah? :p hihi
Keunggulan nuklir dibandingkan pembangkit listrik yang lain adalah bahan bakar yang hemat dengan harga yang cukup stabil, serta zero greenhouse gases emission sehingga sangat ramah lingkungan.
Nah, Teknologi Nuklir dikenal memiliki tingkat kehandalan sistem keselamatan yang sangat tinggi. :)

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, Maret 29, 2013 delete

Wiisssh ada yang penasaran nih hihihi :p

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, Maret 29, 2013 delete

hahahahha
Fotonya ada di kameranya temen gia ka :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Jumat, Maret 29, 2013 delete

wah seru tuh kak, ditunggu postingan tentang nuklir yg lain ya kak jangan laskar kominfo mulu kan eike jadi eksis haha :p

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, Maret 29, 2013 delete

Waah assiik ada yang nungguin ekye.. hihihi

Reply
avatar
Sabtu, Maret 30, 2013 delete

Asik ya kak ikut seminar nuklir gitu. Aku aja kepengin tapi mager mulu hehehehe
Dilanjutin ya kak posting tentang nuklirnya aku penasaran :D

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Sabtu, Maret 30, 2013 delete

Iyaa dongs asiikk :D
Kenyang nya itu loh yang bikin asik hihihi
Yaaaahh jangan mager dong may..

Pasti dongss... doain menang BC yaaa :D

Reply
avatar
Firdaus Ibnu
AUTHOR
Minggu, Maret 31, 2013 delete

Salam kece juga dari sesama generasi muda :)

Saya masih bingung sama rencana negara kita, Indonesia, terhadap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir. Menurut GIA, itu gimana yaaa...?
Jadi kah Indonesia memiliki PLTN? kira-kita Indonesia sudah siap belum yaaa?

Reply
avatar
Samaranji
AUTHOR
Minggu, Maret 31, 2013 delete

Kereeeen banget's...
Ini gantinya postingan yang "Nyok, Manfaatkan Nuklir Demi Masa Depan Bangsa!" itu ya GIA? koq halamannya gak ketemu yang judul itu.

JAdi pingin tahu lebih banyak, padahal tadinya ketika denger istilah nuklir tuh asosianya ke bom... ddhuaaarrrrr!! :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Rabu, April 03, 2013 delete

wah gia lumayan nih tulisan lu buat menginspirasi anak muda ngembangin nuklir di negara kita. Dari lu sendiri ada gak niatan buat bikin tim untuk ngembangin teknologi nuklir di indonesia? secara kan lu anak fisika dan ngerti tentang reaksi2 nuklir. Good Luck ya gi buat blogging competition nya :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Rabu, April 03, 2013 delete

Wah mau ikut dong Gia kalo bikin tim pengembangan teknologi nuklir!!! :D *nyambung komentar Fitri*
Apalagi udah terbukti kan pegembangan teknologi nuklir di bidang pangan berhasil menciptakan bibit2 unggul untuk pertanian di Indonesia, potensinya besar banget. Semangaaat buat Blogging Competition nyaa, semoga menang dan bawain gue oleh-oleh dari Jogja yaaa :D

Reply
avatar
Rabu, April 03, 2013 delete

hahaha tumben gi lu bikin postingan tentang nuklir. ooooh ternyata lagi ikutan NYS 2013 yaaaaa...by the way gue mau nanya deh nanti lu S2 au ngamil nuklir juga gaaaak?
oh iya gue tau looh pemanfaatan nuklir di bidang kesehatan..bikin postingan nuklir bidang kesehatan doong. thankyouuuu ya gii. salam kece generasi muda ^_^

Reply
avatar
Kamis, April 04, 2013 delete

Keceee kaleee, hahaha.

Kayaknya komen-komen sebelumnya udah variatif, gue cuma mau bilang "Ayuklah, kembangkan teknologi Nuklir". Kalaupun mungkin nanti ternyata Indonesia tidak terlihat adanya progres menuju kesana, yaa kan masih bisa dipakai di luar negeri nanti ilmunya :D

Semangats!

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Kamis, April 04, 2013 delete

waahhh...
roman romannya gia mau ngembangin nuklir di Indonesia nihh..
klo gituuuuu baca ini dulu dongs;

PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 48 TAHUN 2005
TENTANG
TUNJANGAN BAHAYA RADIASI BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL
DI LINGKUNGAN BADAN PENGAWAS TENAGA NUKLIR

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

cariiii yaa! :D

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, April 05, 2013 delete

Wah salam kece juga wehehe :D

Wah tentang PLTN di Indonesia yaa?
Nih yaa, cukup banyak tanggapan atau argumentasi yang menjamur tanpa dasar ilmiah dan kenyataan tentang PLTN, dan kadang-kadang yang nampak hanya sudut negatifnya atau kerugiannya aja, sehingga timbul kontra besar-besaran dari masyarakat untuk menolak rencana berdirinya PLTN, terutama di Indonesia.

Ehmmm.. Diperlukan perencanaan yang jelas dan matang apabila kita ingin mendirikan PLTN di Indonesia. Studi kelayakan dan sumberdaya manusia harus benar-benar dipersiapkan sampai tahap penanggulangan apabila terjadi kelalaian, dan menurut saya untuk saat ini, negeri kita belum siap untuk itu.

Tapi, saya sangat OPTIMIS untuk masa depan Indonesia, jika para generasi mudanya dapat dengan sungguh-sungguh mempersiapkan dengan matang adanya PLTN di Indonesia :D

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, April 05, 2013 delete

Ooohh... yang judul "Nyok, Manfaatkan Nuklir Demi Masa Depan Bangsa!" itu, sebenernya buat postingan nuklir yang selanjutnya kok mas :)

Dhuuuuuaaaarrrrrr.. *loh
Wah nuklir ternyata banyak pemanfaatanya loh mas, untuk masa depan.
Yoweessss pantengin terus postingan nuklir di blog gia :D wohoho

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, April 05, 2013 delete

Waaah thanks fitri :D
What??? bikin tim untuk ngembangin teknologi nuklir di indonesia? Waaahh boleh juga nih idenya (n_n)b

Iyaa makasih, doain menang BC yaaa...

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, April 05, 2013 delete

Apa?? mau ikutan juga nih hihihi
Salut buat semangatnya, Diah (n_n)b

YUP!! BATAN telah menghasilkan benih padi varietas unggul dengan teknologi mutasi radiasi yang lebih murah, cepat dipanen, tahan lama dan enak rasanya :D
Rencananya Gia juga mau buat postingan yang tentang Nuklir dan Kebutuhan Pangan juga loh.

Waah Amiin >,< semoga menang BC nyaa :D

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, April 05, 2013 delete

Hahaha iya yaa Puji. Tumben banget yaaa gue mosting tentang Nuklir. Wong gue, lagi ikutan Blogging Competition NYS 2013 :D Doain menang yaaa :*

S2 ngambil nuklir?? Wah boleh juga nih (n_n)b
Iyaa.. Cooming Soon yaaa

~Salam Kece jugaaa~

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, April 05, 2013 delete

Optimis bisa dongs! :D
Gak ada yang gak mungkin siihh..
Tapi, catatan pentingnya Indonesia juga mesti mempersiapan segala-galanya buat pengembangan pemanfaatan Nuklir di Indonesia, terutama PLTN. Nah, ini dia nih PR nya kita, para generasi muda.

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, April 05, 2013 delete

Wew dapet tunjangan bahaya radiasi nih...
Okeeyy thanks Winda, share nya :D

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, April 05, 2013 delete

Oh iya fit, Gue kan jurusannya Pendidikan Fisika.
Insya Allah, outpunya yaa Guru Fisika dongs :D
Ehmm.. atau jadi guru Nuklir aja kali yaaa wkwkwk

Reply
avatar
Sabtu, April 06, 2013 delete

Nah kalo gitu Ghia bersama teman-teman bikin program dong untuk mensosialisasikan nuklir ke orang" awam, tentang bahayanya tapi manfaat dan sisi positifnya selain buat bom" itu.. Karena kan Indonesia juga lg mngembangkan PLTN, tapi denger" sih masi dalam skala kecil, salah satu faktornya juga karena penerimaan masyarakat terhadap nuklir itu sendiri yang masih kurang.. ya, tapi kembali lagi sih, masyarakat bs yakin kalo pemerintahnya juga memberi jaminan,, mungkin takut juga kali yaa.. liat Jepang (-yang negara maju) aja PLTN nya bs bocor karna tsunami waktu itu hehehe
Semangaat ghiaaa !! :)

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Minggu, April 07, 2013 delete

Wah, thanks banget idenya Anita :)
Kebetulan Gia juga udah punya ide, Insya Allah ingin mengangkat tema mading bulan depan, tentang Nuklir loh :D

Yap! bener banget nih, penerimaan masyarakat terhadap nuklir itu sendiri yang masih kurang. Baner banget.
Nah, itulah PR nya kita, sebagai generasi muda untuk menggiatkan sosialisasi tentang pemanfaatan Nuklir yang sebenarnya.

Semangat (n_n)b

Reply
avatar
Kommun Member
AUTHOR
Senin, April 08, 2013 delete

Nice Share.
bagus banget artikelnya GIA. tetap smangat buat memperjuangkan Nuklir d Indonesia ya..

smoga bs ketemu d jogja...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Senin, April 08, 2013 delete

yuk kita melek terhadap perkembangan jaman, jangan melek ama perkembangan gadget aja.. yg beginian juga penting untuk diupdate...

mantapss buu..!!

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, April 12, 2013 delete

Amiin.. ketemu di Jogjaa :D
Memberikan yang terbaik untuk Indonesia kenapa nggak? hehehe

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Minggu, April 21, 2013 delete

bagus nih ^^ saling share ya gia. hehe maaf
http://nurshiyaam.blogspot.com/2013/04/nuklir-di-bidang-industri-why-not.html

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Rabu, April 24, 2013 delete

Okeee.. good luck jugaaa yaaaa.. :D

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!