Semoga Tertular

Jumat, Mei 17, 2013 0 Comments A+ a-

Gia dan Vania

2 Mei 2013
Semoga setelah gue berjabat tangan dengan perempuan berkerudung putih itu, gue akan menjadi the Next nya.. Amiin

Perempuan berdarah Padang ini, sedang menjadi bahan perbincangan Mahasiswa FMIPA UNJ loh atas prestasinya yang menakjubkan beberapa hari yang lalu. Mahasiswa Berprestasi I FMIPA ini terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi II Universitas Negeri Jakarta, itu sangat sangat sangat KEREN ya!!!!

Yap, 2 Mei 2013 lalu, gue bersama Tim Jurnalistik BEMJ Fisika, mewawancarai Vania untuk menjadi narasumber Majalah perdana jurusan Fisika.

Namanya Vania Zulfa. Perempuan manis yang baru saja genap berusia 20 tahun ini sangat enjoy sekali menjawab berbagai pertanyaan dari Tim Jurnalistik BEMJ Fisika. Saat itu, Tiara dan gue (Reporter) dan Ayu (Fotografer) mewawancarai Vania atas prestasinya beberapa hari  yang lalu sebagai Mahasiswa Berprestasi II Tingkat Universitas Negeri Jakarta. Congratulations Vanvan!

Perempuan yang lahir pada 14 Mei 1993 ini, baru saja merayakan ulang tahunnya loh. Diumur yang ke-20 ini, Vania mampu menjadi sosok inspiratif bagi teman-temannya. Mahasiswi Jurusan Biologi 2011-FMIPA ini mempunyai hobby menulis dan jalan-jalan. Karena hobby nya itulah, Vania dapat memenangkan ajang kompetisi Mahasiswa yang bergengsi yaitu, MAPRES UNJ 2013.

Vania Ulang Tahun (14 Mei)
"Kita tidak mesti menjadi orang Hebat, Jadi lah orang biasa saja, yang terpenting adalah kita mampu bermafaat untuk orang lain"
 Jadi MAPRES UNJ 2013 loh, Van.. Gimana menurutmu?
"Vania sama sekali gak pernah memimpikan untuk bisa jadi MAPRES UNJ 2013. Inilah jalannya Allah.. Berawal dari dorongan kakak tingkat, dan aku juga punya hobby menulis, yasudah aku kirim aja hasil karya ilmiahku hasil dari penelitian di Gunung Papandayan, aku gak nyangka aja, aku terpilih MAPRES dari Jurusan Biologi, lalu aku lolos menjadi perwakilan dari FMIPA untuk maju mencalonkan MAPRES UNJ 2013, aku sama sekali gak nyangka dan gak pernah memimpikan sebelumnya. Aku bersyukur sekali" 

Mahasiswi lulusan SMA 32 Jakarta yang pernah memenangkan HONDA Best Student 2009 (Juara III) ini, ternyata gemar sekali jalan-jalan. Lewat hobby nya itu, Vania melakukan penelitian ke Gunung Papandayan bersama dosen pembimbingnya dan teman-teman se-timnya. Vania dan tim melakukan riset langsung ke Gunung Papandayan untuk meneliti tumbuhan perintis hasil suksesi di Gunung Papandayan.

"Peran Suksesif Selligueafeei Sebagai Tumbuhan Perintis di Gunung Papandayan, Jawa Barat" adalah judul dari PKM-P nya Vania dan Tim. PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) adalah sebuah ajang tingkat nasional yang diadakan setiap tahunnya, untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam PKM, Mahasiswa dapat mengajukan proposal ide-ide kreatifnya bisa dalam bidang penelitian, pegabdian masyarakat, karya cipta, teknologi, dll.

Vania dan Tim mengikuti PKM bidang penelitian. Saat liburan semester lalu, Vania dan Tim yang ditemani oleh dosen pembimbingnya malakukan riset langsung ke Gunung Papandayan. Tujuan awalnya adalah untuk melakuakn penelitian dan membuat proposal untuk bisa didanai dan masuk ke PIMNAS. Tujuan lainnya yaitu jalan-jalan dan refreshing bersama teman-teman se-tim.

Vania membuat sebuah karya ilmiah hasil penelitiannya di Gunung Papandayan, dan karya ilmiah itulah yang juga mengantarkan Vania terpilih menjadi MAPRES II UNJ 2013. Mahasiswi yang juga tergabung dalam Kelompok Primata Bidang Pengembangan dan Penelitian ini, juga pernah lolos peringkat 9 dalam Olimpiade Pertamina 2012 lalu loh, luar biasa!

Semoga Vania bisa menulari teman-teman sekitarnya. Semoga Vania dapat terus berprestasi dan bermanfaat untuk orang banyak :D. Amiin..

Tim Jurnalistik BEMJ Fisika mengucapkan terima kasih kepada Vania Zulfa untuk dapat memberika kisah inspiratif dalam PIE! Magazine (Majalahnya Fisika #Physics of Information and Edutaiment)

Saat Vania terpilih mewakili FMIPA menuju MAPRES UNJ 2013.. 

Twitter Vania: @Vhavanya

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!