Sukses Itu Sederhana #PM Materi 1

Selasa, Mei 14, 2013 2 Comments A+ a-

Oleh: Sitti Ghaliyah
14 Mei 2013
Resume Materi I

Telah terpilihnya 31 Mahasiswa FMIPA-UNJ dari jurusan Fisika, Biologi, Kimia dan Matematika, dalam Pembinaan Mahasiswa Berkarya dan Berprestasi 2013, yang diadakan oleh BEM FMIPA UNJ 2013/2014. Alhamdulilah saya masih diberikan kesempatan untuk bisa mengeksplore diri saya, karena saya telah terpilih menjadi salah satu dari 31 Mahasiswa yang menjadi perwakilan Jurusan Fisika.

Jelas sekali, Pembinaan Mayapres yang disingkat PM ini sangat bermanfaat sekali untuk mahasiswa-mahasiswa yang mempunyai semangat untuk sukses dan terus mengeksplore dirinya agar dapat berkarya dan  berprestasi. PM adalah sebuah program untuk membina mahasiswa FMIPA-UNJ secara berkala agar dapat mencetak mahasiswa-mahasiswa yang mempunyai mental untuk sukses melalui karya-karyanya dan prestasi-prestasinya.

Luar Biasa! Dan saya adalah salah satu peserta Pembinaan Mayapres 2013 (PM).

Bismillahirrohmanirrohim…
Selasa, 14 Mei 2013 adalah pertemuan perdana antara Panitia PM dan Para peserta sekaligus memasuki materi pertama dengan tema Go Globaly With Achievement and Contribution.

Sore hari yang cerah, setelah kami usai menyelesaikan berbagai kegiatan kami, kuliah, rapat organisasi, mengerjakan tugas, dll, kami duduk manis di Ruang Diskusi, Lantai 3, Gd. FMIPA untuk mencari ilmu diluar kuliah-kuliah kami setiap harinya, untuk menyerap berbagai pengetahuan-pengetahuan yang akan diberikan, untuk segera memahami dan memotivasi diri sendiri dan orang lain, untuk segera mengerti arti sukses dan bermanfaat untuk orang lain, Pembukaan Pembinaan Mayapres 2013 telah dibuka dengan sekitar 25 Mahasiswa  yang hadir di tempat pelaksanaan PM berlangsung.

Materi pertama disampaikan oleh Ka Sri Endang Wahyuni (Fisika 2009) tentang Sukses Mencapai Goals dalam Kehidupan Kampus. Ka Endang adalah kakak tingkat yang telah lulus dengan menempuh waktu  3,5 tahun. Luar Biasa! Saya sebagai adik tingkatnya (sama-sama Jurusan Fisika) merasa sangat terpacu dan termotivasi atas prestasi Ka Endang yang dapat menyelesaikan Kuliah S1-nya hanya dalam waktu tempuh 3,5 tahun.

Pilot adalah cita-citanya dahulu. Sebelum memasuki kehidupan kampus di Jurusan Fisika-FMIPA-UNJ, ka Endang sempat menjajal STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia). Dulu, Ka Endang merasa passion-nya di bidang penerbangan. Dia sangat tertarik dengan Lalu Lintas Penerbangan, dan mempunyai mimpi untuk suatu hari bekerja di menara bandara untuk mengatur lalu lintas pesawat. Wow keren ya cita-citanya dulu. Tapi sayang, Allah berkehendak lain untuk Ka Endang. Ka Endang harus menerima kenyataan untuk menempuh pendidikan S1 nya di Jurusan Fisika-FMIPA-UNJ. Yang ada dalam benaknya saat itu, Apakah saya bisa?
"Jika ada kesempatan, jangan pernah melihat ke belakang. Jangan merasa pesimis karena dulu tidak bisa. Jadi, jangan pernah merasa takut untuk mencoba. Selagi ada kesempatan untuk kita, kita WAJIB untuk mencobanya"
SUKSES???

Sukses itu sederhana. Sukses dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Ukuran sukses itu berbeda-beda, tergantung dari sisi mana orang melihat kesuksesan diri kita. Misalnya menurut kita, kita ini telah mencapai kesuksesan, tapi belum tentu menurut orang lain. Orang dapat dikatakan sukses apabila dapat mencapai dan mewujudkan keinginannya.

Ada 3 point tentang arti sukses:

Sukses berawal dari MIMPI
Jangan pernah takut untuk bermimpi. Beranilah bermimpi. Mimpilah setinggi-tingginya. Beranikanlah kita untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita. Semua berawal dari Mimpi. Mimpi adalah sugesti keinginan kita untuk membuka pintu kesuksesan.

Cerita tentang impian seseorang adalah cerita tentang bagaimana seseorang mulai membangun masa depannya, karena banyak sekali hidup manusia dibangun mulai dari sebuah impian. Mimpi adalah cara kita untuk menggambarkan masa depan. Karena itu, jangan pernah berhenti bermimpi karena mimpilah yang akan membawa kita untuk terus hidup dan bersemangat dalam mencapainya. Impian akan menjadi pendorong lebih cepat saat kita terjaga dalam motivasi hidup yang kuat. Maka, jadikanlah Kesuksesanmu dengan langkah awal dari Mimpi-Mimpimu.

Sukses adalah SEDERHANA
Senyum adalah salah satu contoh sukses sederhana, yaitu sukses untuk dapat memberikan kebahagiaan untuk orang lain. Sukses tidaklah dipenuhi oleh ambisius, lakukanlan secara sederhana, maka kamu akan menemukan ritme kesuksesan.


Sukses dapat bermanfaat untuk orang lain
Ketika kita mampu mewujudkan mimpi-mimpi kita maka kita sudah dapat dikatakan sukses. Tapi, sukses secara sempurna adalah sukses yang dapat pula memberikan manfaat untuk orang lain. Ketika kita bisa bermanfaat untuk orang lain, maka juga akan berdampak untuk diri kita sendiri. Maka, latihlah diri kita, agar kita dapat melakukan dan menjalani kegiatan-kegiatan kita sehingga dapat bermanfaat untuk orang lain.

SEGERA, Tuliskan Goals mu!

Rencakan Hidup kita. Jika impian dan cita-cita sudah dicanangkan, dan kita sudah tahu apa yang harus dikerjakan, mulailah menjalankan apa yang harus kita kerjakan. Dan kejarlah target-targetmu!
Kuliah, Organisasi, Berkarya dan Berprestasi.
Kuliah, maka lakukan lah yang terbaik untuk kuliahmu. Jangan pernah menyia-nyiakan waktu, untuk bersantai-santai dalam perkuliahanmu. Rencakan sebaik-baiknya dalam tahapan menuju kelulusanmu. Organisasi adalah bumbu dari kehidupan kampus mu. Berkarya dan Berprestasi, maka segeralah melakukan bagaimana kita bisa menghasilkan sesuatu untuk orang lain.

Adab Menuntut Ilmu

Menyukai bidang yang dipilih. Menikmati proses untuk menjadi lebih baik kenapa tidak? Intinya kita harus dapat menikmati apapun yang telah menjadi pilihan kita. Jangan pernah menyesal, jika kita terjebak pada suatu bidang yang tidak kita sukai. Apa yang harus kita lakukan? Segeralah Menikmatinya. Nikmati ritmenya, berpaculah pada momentum yang tepat, Allah telah menentukan pilihan-pilihan yang terbaik untuk kita. Kita akan merugi, jika kita terus menerus menyesali keberadaan kita pada bidang yang tidak kita sukai.

Menghargai Waktu dan Jadilah Disiplin. Menagement waktu adalah yang terpenting untuk dapat menunjang semua aktivitas kita. Jika kita ingin sukses, maka rencanakanlah waktu.  Jangan Waktu yang merencanakan kita. Kita harus dapat berlari beriringan dengan Waktu. Jangan sampai kitalah yang mengejar-ngejar waktu. Maka dari itu, diperlukan kedisiplinan yang tinggi, untuk kita mencapai sebuah kesuksesan.


Bagaimana caranya? Mulailah meluangkan waktu. Luangkanlah waktu kita untuk berkarya dan berprestasi. Setiap ilmu dan keterampilan yang ingin kita pelajari membutuhkan proses dan waktu yang memadai. Belajar tidak bisa dilakukan secara instan. Perlu ada perencanaan waktu agar proses belajar yang kita lakukan berlangsung dengan baik.

Memotivasi Diri Sendiri

Ada kalanya kita jatuh dan berada dibawah. Bagaimana cara kita untuk dapat memotivasi diri sendiri? Balik lagi, dan Jelilah pada tujuan awal kita. Teruslah merasa termotivasi dengan orang-orang sukses disekitar kita. Lalu, pelajarilah apa kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan, sehingga kita telah berada di posisi terbawah yang sangat mengecewakan kita. Mulailai menyusun strategi kembali. Segeralah kembali, karena Waktu tidak akan menunggu kita berlama-lama, bersantai-santai ataupun bersenang-senang semata. Motivasikanlah diri kita sendiri, karena apa yang kita kerjakan hanya kitalah yang tahu bagaimana caranya bangkit kembali.
"Sukses adalah sederhana, maka lakukanlah sesederhana mungkin untuk mencapai kesuksesanmu dan bermanfaat untuk orang lain" (Sri Endang Wahyuni)
Postingan ini dibuat sebagai pemenuhan tugas Resume materi pertama oleh Ka Endang dalam Program  Pembinaan Mayapres 2013

2 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
diana bochiel
AUTHOR
Rabu, Mei 15, 2013 delete

huaaaa selamat terpilihnya dari 1 mahasiswa. pinter dong berati.. hhhehe.

fisika kan susah, ga pusing kuliah jurusan fisika?

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, Mei 17, 2013 delete

Yap :D aah biasa aja kok ekyee..

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!