Maksimalkanlah Segala Sesuatu #PM Materi 2

Rabu, Mei 22, 2013 4 Comments A+ a-

Mahasiswa Organisator
Resume Materi ke 2
Oleh: Sitti Ghaliyah 

Jumm'at, 17 Mei 2013, para peserta Pembinaan MAYAPRES FMIPA 2013, siap menghadiri materi selanjutnya, yang tentunya merupakan rangkaian dari program PM (Pembinaan MAYAPRES). Pukul 16.30 kami semua berkumpul di saung ungu, Kampus B UNJ, untuk mendapatkan ilmu-ilmu baru, diskusi tanya jawab, dan sharing pengalaman. Kali ini kami disajikan materi tentang Organisasi oleh Ka Fajar Tri Nugroho (Jurusan Fisika 2009).

Beberapa hari yang lalu, Materi pertama dibawakan oleh Ka Endang dari Jurusan Fisika, dan materi kali ini dibawakan oleh Ka Fajar yang juga dari Jurusan Fisika. Ka Fajar adalah Ketua BEMJ Fisika periode 2011-2012, dan sekarang ka Fajar menjabat sebagai Kepala Departement Sosial Politik BEM UNJ 2013-2014, Wow Keren sekali pengalaman organisasianya.

Wah entah kenapa, saya sebagai Mahasiswa dari Jurusan yang sama dengan kakak-kakak hebat ini, jadi ingin sekali suatu hari nanti, saya juga ingin menjadi pemateri/narasumber seperti kakak-kakak tingkat saya. 
Semester lalu, saya pernah membuat status di FB, "Hari ini saya bisa menjadi MC, Hari selanjutnya saya harus bisa menjadi seorang Moderator, dan Suatu hari nanti saya ingin bisa menjadi Pemateri/Nasasumber", saya berharap kata-kata itu tidak hanya menjadi sebuah status di FB saya saja, tetapi saya ingin sekali dapat mewujudkannya, Amiin…

Oke, kali ini saya akan meresume apa saja yang saya dapatkan pada Materi ke-2 ini.

Mesti FULL ACTION

Organisasi, Akademik ataupun Kegiatan-kegiatan lain harus FULL ACTION. Kita sebagai mahasiswa harus melakukan segala sesuatunya dengan baik dan dengan perencanaan yang matang. Full Action yang dimaksud adalah bersungguh-sungguh. Setiap kegiatan-kegiatan kita harus dijalani dengan sungguh-sungguh, ikhlas, dan penuh keyakinan dan janganlah nanggung atau setengah-setengah, sesungguhnya kita akan merugi, jika kita tidak full action dalam melewati setiap kegiatan-kegiatan kita, setiap harinya. Berlomba-lomba dalam keabaikan sungguh membuat kita terus berfikir untuk dapat berprestasi dan bermanfaat untuk orang lain. Dalam mencari ilmu pun, tentu kita harus cepet-cepetan, agar kita mengetahui sejauh mana kita dapat fight dan mempunyai soft skills yang baik.


Akademik dan Organisasi diibaratkan seperti Rel Kereta dan Kereta Api. Kereta Api tidak akan bisa berjalan dengan baik, jika rel keretanya bengkok. Nah, sama halnya dengan Organisasi. Organisasi juga tidak akan berjalan dengan lancar, jika akademik kita tidak ditunjang dengan baik, dan begitupun sebaliknya. Maka, Seimbangkanlah, Akademik dan Organisasi kita. Lalu buatlah perubahan untuk diri kita menjadi lebih baik lagi dan harus dapat berprestasi.

BERPRESTASI??
Berprestasi! Jika kita ditanya, seperti apa gambaranmu tentang berprestasi? Biasanya banyak yang akan menjawab, berprestasi adalah dengan mempunyai IPK 4 atau berprestasi dengan mempunyai banyak sertifikat lomba-lomba dan piala, dll. Paragdima berprestasi seperti itulah yang harus dirubah. Dapat dikatakan berprestasi, jika kita dapat bermanfaat untuk orang lain. Dapat dikatakan berprestasi, jika kita mempu membuat bangga diri kita sendiri dan orang lain. Dapat dikatakan berprestasi, jika kita seimbang dalam menjalankan dengan baik dan bersungguh-sungguh semua kegiatan kita setiap harinya.

Melihat Sisi Lain dari Organisasi

"Yang membuat kita sukses, bukanlah diri kita sendiri. Melainkan orang lain yang dapat menilai sukses atau tidaknya diri kita"
Katanya dengan berorganisasi, Waktu 24 jam tidak maksimal?

Kata Siapa? Dapat dikatakan tidak maksimal, jika kita menjalankan kegiatan-kegiatan kita hanya semata untuk kepentingan diri kita sendiri. Waktu tidur menjadi berkurang, karena memikirkan event-event yang akan dilaksanakan esok lusa, Waktu tidur menjadi berkurang, karena harus mengerjakan tugas-tugas kuliah yang tidak sempat dikerjakan lebih awal, Tubuh ini terasa cepat lelah, karena seringnya kita rapat, dan masih banyak hal lain yang dapat kita keluhkan, karena kita sebagai Mahasiswa Organisator.

Mahasiswa Organisator adalah Mahasiswa yang mampu memaksimalkan waktunya dalam sehari yaitu 24 Jam. Biarkan banyak waktu kita yang terbuang,  karena kita menjadikan waktu kita sedikit lebih bermanfaat untuk orang lain.

Dan akan menjadi lebih maksimal lagi, jika kita dapat menjadikan diri kita sebagai Mahasiswa Organisator yang Ideal. Mahasiswa Ideal adalah mahasiswa yang mempunyai Indeks Prestasi yang baik dan dapat Lulus pada waktu yang tepat. Tetapi Mahasiswa Organisator yang Ideal, adalah Mahasiswa yang tahu mana prioritasnya, lalu menjalankan semua kegiatan-kegiatannya dengan semaksimal mungkin, bersungguh-sungguh alias full action dan Ikhlas, tanpa harus menggoyahkan ke-ideal-an akademiknya.

Mampukah kita? Jawab saja Iya!

Manusia terlahir dengan dianugrahi otak yang luar biasa. Albert Einstein saja, hanya menggunakan 5% dari otaknya. Bagaimana dengan kita? Saya yakin, jika kita menggunakan 10-15% dari otak kita, maka kita mampu untuk menjawab tantangan kita. Kita ini mampu loh, untuk dapat menghapal 500 buku eksiklopedia yang tebal-tebal itu.

Maka dari itu, Maksimalkanlah segala sesuatunya. Jawab saja iya, kalau kita mampu melakukannya. Percaya diri dan memaksimalkan semua potensi dalam diri kita, lalu kita memantaskan diri kita. Tapi ingat, kita juga harus tahu diri. Hal-hal itulah yang dapat membuat kita menjadi manusia yang berprestasi, dan mampu membangun sinergitas.

Excellent
Personal Excellent à Organization Excellent à Service Excellent
7 Habits of Highly Effective Teens
-          Produktif
-          Merujuk pada tujuan akhir
-          Dahulukan yang utama
-          Berfikir menang
-          Berusahalah untuk memenuhi terlebih dahulu, baru dipahami
-          Wujudkan sinergi
-          Asahlah Gergajimu (Bakat dan Pikiran)
"Warnai dunia dengan Kreasimu untuk sebuah Senyuman diakhir hayatmu"
(Ka Fajar Tri Nugrogo, Fisika 2009)
Postingan ini dibuat sebagai pemenuhan tugas Resume materi pertama oleh Ka Endang dalam Program  Pembinaan Mayapres 2013

4 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
Rabu, Mei 22, 2013 delete

Full Action ya Mbak...
Salam hormat buat anak Fisika UNJ :)

Reply
avatar
pnet
AUTHOR
Minggu, Mei 26, 2013 delete

smangat ya...
ditunggu postingan berikutnya... :)

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!