Ask & Answer #1: Skripsi Modul Elektronik

Jumat, April 08, 2016 8 Comments A+ a-

Sumber Gambar

Kayaknya seru juga kalau aku membuat konten "Ask & Answer" gini. Tujuannya agar memudahkanku untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan orang lain tentang suatu topik. Jadi sebelum mereka bertanya-tanya, dengan mudah aku akan memberikan link tulisan di blogku terlebih dahulu. Setelah mereka membaca, baru deh tanya-tanya hal yang masih mengganjal di hati. Setuju semua? Baiklah kita mulai Ask & Answer #1.

***


Salah satu topik yang paling sering ditanyakan adalah tentang skripsiku. Pasca lulus S1, pertanyaan-pertanyaan tentang skripsiku mulai berdatangan. Mulai dari adik tingkat sendiri sampai mahasiswa dari universitas lain. Cara nanyanya juga beragam, ada yang via email, via Line, Whatsapp, sampai ada yang nanya di Instagram. Beeeeeeehhh... Yasudah langsung saja kita mulai Ask & Answer-nya ya!

Ask: Kak Gia katanya skripsinya membuat modul elektronik ya? Judul lengkapnya apa sih kak?

Answer: Iya benar! Judulnya "Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Model Learning Cycle 7E pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik untuk Siswa SMA Kelas IX"

Ask: Kalau di prodi Pendidikan Fisika kan ada beberapa jenis penelitian skripsi ya kak. Berdasarkan judul skripsi Kak Gia, berarti jenis penelitiannya adalah RnD. Memang kerennya RnD (Reasearch and Development) apa sih kak?

Answer: Ya benar ada beberapa pilihan jenis penelitian skripsi, diantaranya eksperimen, RnD, deskriptif, dan PTK. Tapi kalau PTK, S1 gak boleh lagi. Kalau skripsi aku ini jenisnya RnD, jadi penelitian dan pengembangan. Kenapa RnD? Karena aku suka bikin atau mengembangkan sesuatu, yang nantinya akan menjadi sebuah produk. Rencananya produk itu mau aku ikut sertakan ke exhibition dan insyaAllah mau digunakan juga untuk murid-muridku nanti. Kalau eksperimen dan deskriptif bagus juga kok. Penelitianya lebih cepat dibandingkan RnD. Cuma yaa passion aku di pengembangan sih, hehehe. BTW, saat semester 6 ketika mengambil mata kuliah Metodologi Penelitian, kamu harus sudah tahu ya, passion penelitian skripsi kamu ada dimana, apakah RnD, eksperimen, atau deskriptif. Karena passion menentukan semangat atau tidaknya ketika mengerjakan skripsi kamu sendiri.

Ask: Apa sih latar belakang pengembangan modul elektronik fisika yang dibuat oleh Kak Gia? Kalau bisa, kasih tahu tujuannya juga ya kak!

Answer: Wah ini sih nanya isi Bab 1 ya, hahaha. Biar enak pahamnya, silakan cari skripsiku di perpustakaan MIPA atau di perpustakaan pusat UNJ. Minta skripsi tahun 2015, cari yang tentang modul elektronik atas nama Sitti Ghaliyah dengan nomor registrasi 3215115728.

Tapi, baiklah aku kasih tahu sedikit ya. Intinya latar belakang membuat modul elektronik fisika, karena ketersediaan bahan belajar khususnya untuk mata pelajaran fisika SMA dengan pendekatan saintifik masih berbentuk bahan belajar cetak dan jumlahnya masih terbatas. Nah, berdasarkan analisis kebutuhan di dua sekolah di Jakarta, ternyata hampir semua peserta didik (85,71%) mengalami kesulitan dalam memahami materi fisika dalam pembelajaran di kelas. Kesulitan tersebut timbul karena peserta didik (80,35%) tidak mempunyai bahan belajar mandiri, sehingga mereka (83,03%) tidak mempelajari materi fisika yang akan dipelajarinya di kelas.

Maka dari itu, peserta didik perlu melakukan kegiatan belajar mandiri di luar pembelajaran kelas yang ditunjang dengan bahan pembelajaran yang berkualitas untuk pembelajaran mandiri. Bahan pembelajaran berkualitas untuk pembelajaran mandiri adalah modul elektronik punyaku! Soalnya paket kompliiiiittt banget, cucok untuk peserta didik belajar mandiri dimana saja dan kapan saja.

Nah, kalau peserta didik belajar mandirinya menggunakan modul elektronik, berarti mereka juga dapat menghemat pemakaian kertas yang terus diproduksi untuk mencetak buku-buku pembelajaran. Hal ini juga merupakan salah satu gerakan Go Green untuk menyelamatkan pohon sebagai bahan baku pembuatan kertas lho!

Tujuannya? Aku copy-paste dari Bab 1 saja ya.
  • Mengembangkan bahan ajar mandiri yang dapat digunakan untuk pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik. 
  • Mengembangkan paket modul pembelajaran fisika untuk satu kompetensi dasar pada Kurikulum 2013. 
  • Menerapkan konsep fisika yang dipelajari untuk mengembangkan bahan pembelajaran mandiri berupa modul elektronik fisika untuk peserta didik. 
  • Melakukan penelitian pengembangan bahan pembelajaran mandiri untuk bahan tugas akhir (skripsi) sebagai syarat meraih gelar sarjana pada program studi Pendidikan Fisika di Universitas Negeri Jakarta.

Ask:  Aplikasi yang digunakan itu apa ya kak? Dan istimewanya apa?

Answer: Aplikasi utama yang aku gunakan untuk membuat modul elektronik adalah 3D PageFlip Professional version 1.7.6. Dan aku juga menggunakan aplikasi pendukungnya, yaitu ISpring, Camtasia, dan Vegas Pro. Istimewanya aplikasi ini, "Soft cover, thin pages, realistic page flipping effect. Perfect for publishing periodical literature Online and soft cover books." Gitu sih... Pokoknya cobain deh. Otak-atik sendiri, dijamin bakal terkesima sama aplikasi ini. Harganya? Muahal...

Ask: Kakak bikin modul elektronik pakai aplikasi itu buat sendiri atau sebelumnya belajar dari orang lain dulu?

Answer: Aku buat sendiri. Gak diajarin sama orang. Langsung otak-atik sendiri. InsyaAllath aplikasinya mudah dan emang bersahabat sama orang-orang yang mau berjuang buat bisa! Oia, paling kalau pas ngotak-ngatik ada yang gak bisa, aku sama-sama memecahkan masalahnya bersama teman setim skripsi lainnya. Aku buat sendiri mulai dari desain cover, desain halaman, ngedit-ngedit video, sampai dijadikan satu ke dalam aplikasi 3D PageFlip Book itu.

Ask: Bagaimana cara pengembangan komponen-komponen modul elektroniknya?

Answer:  Pertama, untuk cover depan, teks, gambar (.jpeg dan .png), dan cover belakang dikembangkan menggunakan Microsoft Office PowerPoint 2013 dengan ukuran kertas A4 (210 x 297 mm) dan disimpan dalam format PDF. Ingat, aku pakai ms. power point lho ya, bukan pakai ms. word!

Nah, untuk contoh-contoh soal, dikembangkan menggunakan Microsoft PowerPoint 2013, lalu direkam menggunakan software Camtasia dan disimpan dengan format MP4. Sedangkan, video pendukung materi diedit menggunakan software Camtasia dan Vegas Pro 13.00, lalu disimpan dalam format MP4 dan format FLV.

Untuk animasi pendukung materi menggunakan software Macromedia Flash Professional 8 dan disimpan dalam format SWF. Lalu, untuk kuis interaktif (tes pengetahuan awal, soal-soal tahapan pembelajaran siklus 7E, tes formatif, dan evaluasi sumatif) dikembangkan menggunakan software Ispring Quiz Makker Suite 7 dan disimpan dalam format SWF.

Ask: Terus bagaimana cara menyatukannya kak?

Answer: Gampang! Semua komponen yang telah aku buat disatukan ke dalam software 3D PageFlip Professional version 1.7.6. Agar sesuai dengan format yang dibutuhkan, file dengan format yang tidak sesuai dapat dirubah menggunakan software Format Factory. Kelengkapan modul elektronik fisika lainnya, seperti navigasi, background, dan lainnya juga dikembangkan dengan 3D PageFlip Professional. Pokoknya disitu mah lengkap. Bisa sesuai selera kita juga. Tinggal pilih, mau background kayak apa, navigasinya kayak model apa, bebas.

Selanjutnya, softfile modul elektronik dapat dipublikasikan dalam bentuk aplikasi format HTML agar memudahkan untuk dibaca dan dioperasikan di komputer, laptop, notebook, ataupun netbook dengan sistem operasi minimal Windows 7 tanpa perlu menginstal software tambahan lainnya. 

Ask: BTW, apakah kompatibel untuk digunakan di laptop ataupun komputer?

Answer: Nah, kalau aku kan dipublikasikannya dalam format HTML. Alasannya ya, karena format HTML lebih kompatibel digunakan pada komputer, laptop, notebook, ataupun netbook. Penyimpanan modul elektronik dengan format HTML akan menghasilkan softfile utama modul dan softfile pendukung pengoperasian, sehingga modul elektronik dapat dioperasikan tanpa dikoneksikan ke internet. Beh, mantep kan? Alhamdulilah.

Ask: Nah, setelah produknya sudah jadi, perlu uji validasi gak?

Answer: Ya perlu lah! Kalau gak uji validasi nanti Bab 4 nya mau ditulis apa? hahaha. Aku tahap uji validasi dilakukan kepada para ahli dan guru fisika SMA. Uji validasi dilakukan oleh para ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran serta guru fisika SMA untuk meninjau kembali perancangan dan pengembangan modul elektronik fisika yang telah dikembangkan serta untuk mengetahui kelayakan modul elektronik fisika yang dikembangkan sebagai salah satu bahan pembelajaran mandiri. Validator memberikan penilaian masukan positif untuk modul elektronik fisika agar dapat diperbaiki sehingga layak untuk diuji cobakan ke peserta didik.

Ask: Kalau uji kelayakan ke siswa, bagaimana?

Answer: Tunggu.. tunggu.. jangan langsung ke siswa ya. Hasil uji validasi itu artinya hasil uji kelayakan agar diperoleh modul yang siap diterapkan, baik dari sisi substansi maupun metodologi. 

Jadi, kita akan mengetahui penilaian tentang kelebihan dan kelemahan serta saran yang mendukung pada perbaikan produk kita. Kelemahan yang ada tersebut selanjutnya dicoba untuk dikurangi dengan cara memperbaiki dan lebih menyempurnakan rancangan awal modul yang sedang dikembangkan. Melakukan revisi produk yang telah dilakukan validasi sangatlah perlu untuk menciptakan lebih akuratnya produk yang sedang dikembangkan lho! Pada tahap ini sudah didapatkan suatu produk yang tinggi efektifitasnya dan dapat dipertanggungjawabkan. Lalu, siap-siap untuk diujicobakan ke siswa ya!

Ask: Terus kak? Data apa yang Kak Gia ambil saat diujicobakan ke siswa?

Answer: Selanjutnya adalah uji lapangan ke siswa. Kamu cari sekolah, minimal dua sekolah untuk mengujicobakan produk kamu nanti. Kalau aku memilih SMA 42 Jakarta dan SMA 75 Jakarta. Aku mengambil data berapa banyak siswa yang mengerjakan penugasan di modul dan nilai rata-rata masing-masing penugasan. Selain itu, aku juga mengambil data mengenai tanggapan siswa terhadap modul elektronik buatanku, dari segi format tampilan, isi materi, dan tata bahasa.

Ask: Kesimpulan dari skripsi Kak Gia apa?

Answer: Alhamdulilah, modul elektronik fisika berbasis model learning cycle 7E pada pokok bahasan Fluida Dinamik memenuhi persyaratan dengan kualitas sangat baik untuk digunakan sebagai bahan belajar mandiri peserta didik SMA kelas XI.

Ask: Oia kak, BTW soal daftar pustaka, emang ada jumlah minimalnya ya?

Answer: Nggak ada jumlah minimalnya kok! Tapi yaa jangan kedikitan banget ya. Dan, perbanyak jurnal luar negeri dan buku-buku di daftar pustaka skrpsi kamu nanti.

Ask: Kalau mengenai penelitian relevan, itu maksudnya apa sih kak?

Answer: Penelitian relevan itu penting banget ada lho! Itu kita tuangkan di Bab 2. Aku sih memuat tujuh penelitian relevan untuk skripsiku ini. Maksudnya, penelitian orang lain yang masih setipe sama penelitian kita, lalu tulis kesimpulan penelitian orang lain. Hal tersebut penting sekali untuk memperkuat penelitian skripsi kita.

Sekian Ask & Answer tentang skrispsiku. Pertanyaan masih bisa bertambah tergantung variasi adik-adik tingkat yang bertanya padaku.

Oia, biar paham maksimal, kamu boleh baca juga postinganku yang ini:
Baca juga: Gia Mejeng di Koran

8 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
Selasa, April 12, 2016 delete

Keren
Jadi nanti gak perlu ada LKS atau modul cetak yang dibundel-bundel itu lagi yaa

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Sabtu, April 16, 2016 delete

Assalamualaikum kak
aku aisah dari pendidikan matematika UNJ 2013
Rencananya aku juga mau milih RnD buat skripsi aku ka (Aamiin)
Nah tapi aku bener2 ga ngerti aplikasi kak.
cara kk belajar software secara otodidak gimana kak?
makasih kak :)
maafin malah curhat

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Jumat, April 29, 2016 delete

Wa'alaykumusalam. Hai Aisah!
Iyaa pilih RnD ajaaah. tapi ingat kalau sudah pilih RnD jangan putus asa di tengah jalan yaaa *ngingetin*

Aku juga gak ngerti aplikasi. Tapi bisa belajar otodidak, alhamdulilah...
Kebetulan aplikasi yang aku gunakan, simple dan pokoknya gak ngeribetin deh. Sekali ngutak ngatik, langsung mudah banget.

Kalau kamu mau RnD pilih app yang mudah sajaaaaa..

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
Jumat, Juni 03, 2016 delete

Selamat ya ka Gia atas kelulusannya. Dan untuk tulisan-tulisannya menginspirasi saya banget. Dan karena saya ga begitu pandai dalam menulis, jadi semangat buat belajar 'menulis'. Btw saya dari PF UNJ 2015 ka hehe

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Jumat, Desember 02, 2016 delete

Assalamualaikum kak gia.. aku irani mahasiswa semester 5 d UIN Lampung. Kak kakak kan dapetin aplikasinya yg full fersion beli ya kak? Kalo mau beli beli nya dimana ya kak? Mohon bantuannya kak.. ☺

Reply
avatar
R R
AUTHOR
Senin, Maret 06, 2017 delete

aku mau tanya kak, kakak ada recomendasi alamat web buat download aplikasi i springnya nggak?

Reply
avatar
Nurfitriisma
AUTHOR
Rabu, Maret 08, 2017 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
Nurfitriisma
AUTHOR
Rabu, Maret 08, 2017 delete

Assalamualaikum kak, mau nanya kira" kakak bikin produknya berapa lama ya kak?

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!