Keik Batik Malaysia, Bikin Nagih!

Senin, Januari 19, 2015 4 Comments A+ a-

Waktu ke Malaysia Januari 2014 lalu, gue dibikinin Kue Batik sama tante gue yang ada disana. Pokoknya pas gue dateng, tante gue ini langsung semangat banget buat bikinin gue kue batik. Gue ditanya, "Gia sudah pernah makan Kue Batik belum? Tante bikin ya...", kata Tante gue. Yaaa tanpa pikir panjang langsung gue iyakan, soalnya penasaran banget karena ya emang belum pernah makan. Kata tante gue, doi sering banget bikin kue batik karena sepupu sepupu gue doyan banget sama kue ini. Ini kue apaan sih sebenernya? bikin penasaran... apa iyaa bentuk/motif kuenya bisa mirip motif batik? Emm..

Pas gue bangun intirahat sebentar, tiba-tiba di meja makan sudah tersedia bahan-bahannya.


Bahan-bahan untuk membuat Kue Batik ada Susu bubuk milo 1,1 kg, ada biskuit sekantong, ada susu krimer manis 1 kaleng, ada tepung, sama semacam selai serikaya. Duh sebenernya gue gak tahu bahan-bahannya apa saja. Gue pun gak ngikut bantuin bikin Kue Batik ini. Aku mah apa atuh cuma pelancong dari Jakarta yang lagi mampir di Malaysia. Hahaha gue cuma bisa memfoto saja bahan-bahannya. Yang jelas masih butuh gula pasir, mentega, telur,

Gue mencoba menerka-nerka. Loh kok bahan-bahannya hampir mirip sama kue yang namanya BACOK (Bola Bola Coklat), bedanya kalau BACOK ini pakai mesis. Dulu waktu pas awal masuk kuliah ada acara di kampus semacam acara Pelatihan Kepemimpinan mahasiswa gitu. Disana ada acara khusus pengabdian masyarkat. Dimana kita harus membuat "sesuatu" untuk masyarakat. Aha! gue punya ide. Bikin aja BACOK. Sumpah! yang namain BACOK ituh gue loh.

BACOK itu kue dari biskuit yang dihancurkan (cukup hancurin pakai tangan, gak usah sampai pakai palu ya apalagi ngebacok pakai cerulit hihihi), terus di rendem sama susu coklat. Aduk-aduk deh. Terus adonan biskuit dan susu coklat dibentuk bulat-bulat, lalu dibaluri mesis seres. Nah uniknya waktu itu, BACOK ini didinginkan pakai es batu dan ditaburi butiran garam kasar, you know rasanya jadi agak agak asin gitu, ampun deh. Tapi kalau kamu punya kulkas, ya pakai kulkas ajaa yaa buat mendinginkan BACOK ini.

Dan gak nyangka BACOK ini tuh bikinnya simple dan enak banget loh, cocok buat mempraktekkan untuk anak-anak yang masih belum bisa ngelap ingusnya sendiri. Duh gue saat itu seneng banget, bisa berbagi ke masyarakat tentang membuat BACOK ini.

Nih mereka lagi asik banget bikin BACOK nya. Duh adek ingusnya awas netes hihihi

Oia, balik lagi ke Kue Batik. Gue penasaran banget. Ini kue macam apa sih. Gue ngeliat tante gue kayaknya berusaha keras banget buat ngaduk-ngaduk di penggorengan besar (pakai api kecil katanya). Oia pas gue cari di google ternyata namanya Keik Batik ala Malaysia book! haha.. oh gitu toh.. Kok bawa-bawa batik segala yaa~

Keik Batik ini juga bisa dikategorikan snack atau cemilan karena tekstur biskuitnya yang masih renyah sementara coklatnya semi padat, legit, smooth dan menyisakan sensasi lengket-lengket di lidah, gigi dan langit-langit mulut. Gigi gue kan berpager yaa.. pas pertama nyobain, eh buset lengket-lengket gituuu.. Tapi enak sumpah. Tarnyata Keik Batik ini bisa dikasih seres haha! Tapi pas tante gue bikin gak ada seresnya tuh, malah dikasih wijen (?).

Hasil pencarian gue di blog orang yang nyeritain Keik Batik ini, cara membuatnya katanya sih simpel dan mudah, tidak perlu mengeluarkan mixer dan oven segala. Jika ingin lebih cepat dan menghemat waktu kita tinggal meremukkan biskuitnya dan mencampurkan ke dalam adonan coklat. Ih sumpah sama kayak bikinan BACOK gue nih.

Ini referensi membuat Keik Batik alias Kue Batik.

Bahan:
200 gr millo bubuk
250 gr butter atau margarin
3 sdm coklat bubuk
1 kaleng kecil susu kental manis (karena di negara kita umumnya saat ini ukuran susu kental manis kaleng hanya tersedia satu ukuran maka saya pakai setengah kaleng atau sekitar 190 gr)
1 bks biskuit marie

Cara membuat:
1. Lelehkan butter atau margarin dalam kuali, gunakan api kecil.
2. Setelah meleleh sempurna masukkan susu, milo bubuk sedikit demi sedikit, aduk dengan menggunakan hand whisk sampai milo larut.
3. Masukkan coklat bubuk, aduk terus sampai adonan halus, tidak menggumpal dan kental. Matikan api.
4. Siapkan loyang ukuran 18x18 cm, alas dengan kertas roti atau plastik kaca, sisakan sedikit hingga keluar dari pinggir loyang agar nanti mudah dikeluarkan. Susun biskuit di dalam loyang. Tuang selapis adonan coklat ke dalamnya, ratakan. Lapisi lagi dengan adonan coklat kemudian susun kembali biskuit diatasnya. Lakukan terus berulang kali hingga adonan habis.
5. Masukkan ke dalam lemari es kurang lebih 6 jam. Keluarkan. Potong-potong dan sajikan.

Daaan inilah hasil Keik Batik bikinan tante gue.


Oia, Keik batik ini sampe dibungkusin 3 loyang dan dibawa pulang sampai ke Indonesia loh. Bahkan sisa bubuk Milonya juga. Sepertinya tante gue ini pengen banget supaya gue mempraktekkan bikin Keik Batik pas sudah sampai Jakarta. Dan istimewanya Keik Batik ini tahan lama sampai berminggu-minggu di kulkas loh. Ada yang mau mencoba membuatnya? Enak kok enak, bikin nagih deh! Tapi gue penasaran ajaa kok nama kuenya bawa-bawa Batik sih? 

Tulisan ini dipersembahkan untuk KOMBUN dalam menjawab #HolidayChallenge tentang Cerita Kuliner

4 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
Anonim
AUTHOR
Rabu, Januari 21, 2015 delete

Wah, bagus sekali batiknya. Motif pinggir/irisannya pun boleh juga. :D

Reply
avatar
Putri
AUTHOR
Kamis, Januari 22, 2015 delete

oh kue batik itu bentuknya kaya gitu ya.... iya sih bermotif kaya batik, jadi pengen nyobain :), salam sehat sellau ya

Reply
avatar
Jumat, Januari 23, 2015 delete

iiihhhhhhh, bsk kan sabtu..aku mau coba ah ^o^!!! utk yg ga bisa masak kayak aku, ini kue sepertinya bgs utk percobaan :D

Reply
avatar
Resketsa
AUTHOR
Sabtu, Januari 24, 2015 delete

gi :D enak sekali dari deskripsi kamu itu
haha, jadi mau.

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!