Komunitas Blogger UNJ (KOMBUN)

Jumat, Agustus 08, 2014 13 Comments A+ a-

Assalammua'laikum.
Bismillah....

Waaah sudah lama kita tak berjumpa. Kali ini gue mau menreview sebuah komunitas yang kecenya kelewatan banget! hihi Level kekeceannya hampir mendekati level kekeceaan pendirinya. *plaaak!

Namanya, Komunitas Blogger UNJ atau panggilan akrabnya KOMBUN (*yey!)
KOMBUN ini resmi dibentuk pada tanggal 6 Juli 2014. Waaahh masih baru bangeeeet kan?
Mau tahu ga siapa pendirinya? Aku! *ngacung tangan* dan bersama sahabatku, Visya. Kita membuat komunitas blogger ini tujuannya untuk lebih mengaktifkan seorang penulis yang sudah lama vakum menulis di blognya sekaligus ingin sekali sama-sama belajar bagaimana caranya menjadi seorang blogger yang bermanfaat dan menginspirasi. Sesuai tag line nya KOMBUN,
"Itulah Kita, KOMBUN. Blogger bermanfaat dan menginspirasi"

Nah awalnya itu, sekitar tahun 2012 gue memang sudah berniat mau ngumpulin blogger-blogger temen se-kampus buat dibentuk sebuah komunitas blogger atau hanya sekadar kopi darat. Tapi sayang, niat itu harus tertunda dulu, karena gue masih sibuk berorganisasi dan ngurusin tugas-tugas kuliah *jadi sekarang sudah ga sibuk gi?. Sekitar bulan Juni 2014, Visya SMS gue dan ingin meniatkan hal yang sama. Akhirnya kita beneran deh membuat sebuah komunitas blogger buat temen-temen se-kampus.

Yang namanya komunitas, jelas ga ada struktur kepengurusan. Tapi karena gue dan Visya, emmm bisa dibilang pendirinya komunitas yang kece ini, kita tetap memimpin beberapa amanah untuk kegiatan-kegiatan KOMBUN. Yap! kita juga dibantuin sama temen se-fakultas yang juga blogger, namanya Nicova.

Logo KOMBUN

Okeee.. KOMBUN juga punya beberapa kegiatan-kegiatan yang gak kalah kece sama duo pendirinya! hihihi.. Kita menyebutnya "Kurikulum KOMBUN". Kurikulum KOMBUN ini ada 4 loh. Mau tahu apa sajakah?

Kurikulum KOMBUN yang pertama.

"Dua Tulisan Bermanfaat dan Menginspirasi Setiap Bulannya"

Semua blogger anggota KOMBUN kudu ikutan semua kurikulum KOMBUN. Nah, kurikulum yang pertama ini tujuan sebenarnya adalah untuk lebih mengaktifkan seorang blogger meng-up date blognya. Dan minimal kita juga bisa berkontribusi dengan cara menulis dengan tema tulisan yang bermanfaat dan bisa menginspirasi. Jadi kurikulum pertama ini, semua blogger KOMBUN menulis sesuai dengan tema yang ditentukan, lalu memosting selama periode 2 minggu.
Nah, alhamdulilah kita ssedang menjalankan kurikulum yang pertama ini. Tema tulisan periode pertama bulan Agustus 2014 adalah tentang Gaza, lebih tepatnya, "Agama, Politik dan Kemanusiaan dalam Konflik Gaza". Saya berharap setiap bulannya, semua blogger KOMBUN bisa menulis di blognya masing-masing dengan tema-tema yang bermanfaat dan menginspirasi. Bismillah... semoga istiqomah sampai akhir periode.

Kurikulum KOMBUN yang kedua.

"Buku Antologi KOMBUN"

Nah, kurikulum KOMBUN yang kedua ini berkaitan dengan kurikulum KOMBUN yang pertama. Jadi, setiap tema (kurikulum pertama), sekitar 10-15 tulisan dari blogger KOMBUN yang paling kece, akan terpilih untuk dijadikan sebuah buku antologi KOMBUN. Emm.. semacam kumpulan tulisan yang bertema... Seru kan? Nanti buku antologi KOMBUN ini akan dicetak di akhir periode, insyaAllah Juli 2015.

Kurikulum KOMBUN yang ketiga.

"Blogger Training"

Blogger Training ini khusus untuk anggota KOMBUN saja. Jadi beberapa blogger sebelum mendaftar ke KOMBUN, mereka mengeluhkan karena tidak bisa mengelola blognya sendiri, seperti edit HTML, mengatur gadgets, mengatur tempate, dll. Karena KOMBUN juga ingin semuanya sama-sama belajar, maka dari itu, diadakanlah Blogger Training.

Konsepnya begini, untuk blogger training ini ada PJ (penanggung jawab). Nah, PJ ini diharapkan mencari pelatih atau narasumber sesuai keahliannya, tetapi juga harus sesesama anggota KOMBUN. Pesertanya pun juga anggota KOMBUN. Jadi boleh dibilang, "dari kita, untuk kita". Karena saling berbagi ilmu itu sungguh bahagia rasanya. Ya kan?
Kurikulum ketiga ini akan dimulai bulan September. Dan kemungkinan diadakan sebulan cukup sekali saja. Yap! semoga kurikulum ketiga ini dapat berjalan lancar dan semuanya mendapatkan ilmu-ilmu yang dibutuhkannya. Amiin...

Kurikulum KOMBUN yang keempat.

"Seminar Blogger Menginspirasi"

Yap! kami merencanakan untuk membuat acara seminar bagi para blogger atau orang-orang yang suka menulis. Berharap ada banyak pengisi acara, yang pastinya seorang blogger juga, dan bisa menginspirasi blogger-blogger lain. Bisa dibilang ini juga merupakan salah satu kegiatan KOMBUN yang paling kece. Fyuuuh... berharap bisa terwujud! Amiin.... Kami butuh banyak sponsor, dan beberapa pihak yang dapat membantu kami. Adakah? hihihi

Alhamdulilah itulah tadi penjabaran 4 kurikulum KOMBUN, yang insyaAllah akan segera dilanksanakan. Ada kegiatan bulanan dan kegiatan di akhir periode.

BTW, kami sudah Kopi Darat Part 1 loh... dan ini akan direncanakan Kopi Darat Part 2. Selama ini semua anggota KOMBUN biasa berkomunikasi dalam 2 grup WhatsApp KOMBUN. Jumlah anggota KOMBUN ada 54 blogger loh. Nah, berhubung di grup WhatsApp itu maksimal hanya 50 saja, maka yang sisanya dibuatkan grup yang baru.. hihihi maap yaa ^^V

Semoga KOMBUN bener-bener bisa menjadikan kami blogger yang bermanfaat dan menginspirasi, karena di komunitas itulah kami bisa belajar bersama-sama. Amiin...

Salam KOMBUN,
Itulah kami, KOMBUN.
Blogger bermanfaat dan menginspirasi.

13 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
Jumat, Agustus 08, 2014 delete

Ciee..selamat ya kakak :D
Pengen ikutan gabung, tapi bukan mahasiswa UNJ, hehe :D

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
Senin, Agustus 11, 2014 delete

salam kenal buat komunitas kombun. pasti kreatif2 nih personelnya

Reply
avatar
Hanna Ester
AUTHOR
Selasa, Agustus 12, 2014 delete

Selamat ya gi..
HAyyoo blognya jgn dianggurin ...
HEhehe

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Agustus 14, 2014 delete

Yuk bikin juga di kampus mu :D

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Agustus 14, 2014 delete

Iyaaa kaaaa ini sedang berusaha hihihi

Reply
avatar
izzan
AUTHOR
Jumat, Agustus 29, 2014 delete

Salam KOMBUN. "kekecean kombun hampir mendekati kekecean pendirinya" *LOL. harus terus dibesarkan KOMBUN-nya

Reply
avatar
Hilmy Notes
AUTHOR
Rabu, September 03, 2014 delete

Untuk Pelatihan Blog, saya bersedia membantu untuk share ilmu,
tapi maaf ya kalo jarang keliatan, Coz lagi sibuk ngurusin web bemftunj.org sama acara Kominfo BEM FT

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, September 04, 2014 delete

Wakakakk.. Gue cuma bisa ketawa aje deh Zan :p

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, September 04, 2014 delete

Wiiww! Orang KOMINFO manteeeep nih.. Iyeee gapapa boss... Mohon bantuannya yaaaa :))

Reply
avatar
Minggu, Desember 21, 2014 delete

Hai kak... aku baru masuk kombun nih salam kenal yaa :D

Reply
avatar
Phenyukerooo
AUTHOR
Sabtu, Januari 17, 2015 delete

Alhamdulillah akhirnya UNJ punya komunitas blogger.. Dari jaman aku skripsi hanya wacana.. Alhamdulillah ada yg merealisasikan.. Makasih ya teman2.. Semoga dr TP banyak yg gabung :)
Sukses selalu & bs kerjasama dg komunitas blogger lainnya

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!