Berburu Buku di The Big Bad Wolf Book Sale

Senin, Mei 09, 2016 5 Comments A+ a-


Ada The Big Bad Wolf Book Sale di BSD City, Tangerang Selatan. Big Bad Wolf Book Sale atau enaknya disingkat saja ya, BBWBS digelar di ICE (International Convention Exhibition), lebih tepatnya di Hall 9 dan 10 sejak tanggal 30 April 2016. Ruameeeee banget, suer! Saking ramainya, BBWBS yang tadinya dibuka selama 86 jam non stop hingga 8 Mei 2016, akhirnya diperpanjang sampai tanggal 9 Mei 2016 pukul 23.00 WIB.

Aku dan beberapa orang guru sudah berencana untuk berburu banyak buku. BTW, sekolah kami kejatuhan hibah dana untuk pembelian buku perpustakaan sebesar 19 juta. Wow! Banyak banget yah. Ini uang umat, maka harus dipergunakan dengan baik. Ya kan? Setelah mengetahui ada BBWBS di BSD City, tanpa ba bi bu aku langsung menginfokan ke kepala sekolah untuk belanja belinji buku-buku murah. Dan, ya diizinkan! 5 juta dicairkan untuk berburu buku-buku perpustakaan. Asyiknya deh!

Kenapa Namanya Big Bad Wolf?
Poster The Big Bad Wolf Book Sale Jakarta
Andrew Yap bersama istrinya, Jacqueline Ng, yang merintis usaha penjualan buku murah tersebut menceritakan bahwa nama Big Bad Wolf sebenarnya berasal dari dongeng serigala yang menyerupai seorang nenek tua dan berpura-pura tidur agar dapat memangsa Little Red Readerhood. Big Bad Wolf kemudian dijadikan nama untuk perusahaannya karena dianggap menarik. Andrew mulai merintis usaha penjualan buku murah tersebut sejak 2006 di Petaling Jaya, Malaysia, yang diberi nama BookXcess. Big Bad Wolf menjadi nama komersial ajang penjualan buku yang dijual BookXcess.

Nah, latar belakang Andrew dan istrinya ini berbisnis buku-buku murah karena melihat rendahnya minat baca warga Malaysia. Makanya, mereka sengaja menggelar bazaar buku dengan diskon besar-besaran di Malaysia. Alhamdulilah, usahanya direspon baik oleh warga Malaysia. Setelah beberapa kali menggelar Big Bad Wolf, Andrew bisa melihat perubahan minat warga Malaysia dalam membeli buku.

Lalu bagaimana Big Bad Wolf bisa menjual buku-buku baru dan berkualitas dengan potongan harga mencapai 80 persen ya? 

Ternyata, semua buku-buku yang dijual di Big Bad Wolf Book Sale adalah buku-buku sisa tapi asli ya, bukan bajakan. Makanya, Andrew bisa menjual dengan harga yang sangat miring, bisa sampai diskon 60% - 80%. BTW, buku-buku yang dijual BBWBS adalah buku-buku import (berbahasa Inggris) lho ya. Ada sih yang jual buku Indonesia, tapi hanya dari penerbit Mizan.

Donasi Yuk!
Bantu Anak-anak Membaca
Oia, di BBWBS juga membuka charity bagi para pengunjung yang ingin mendonasikan buku-bukunya untuk anak-anak dan guru-guru di seluruh Indonesia. Buku-buku tersebut nantinya akan diserahkan melalui Kementerian Pendidikan.

Sebenarnya masyarakat Indonesia memiliki semangat yang besar untuk membaca buku. Namun semangat mereka terhalangi dengan fasilitas yang tidak memadai. Oleh karena itu, tujuan dari donasi buku ini adalah bentuk partisipasi kita untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Prosedur berdonasi buku di BBWBS mudah banget, kamu beli bukunya, terus bayar di kasir. Lalu, taruh saja buku-buku yang sudah kamu beli di booth yang telah disiapkan.


Pukul 08.00 WIB, aku dan beberapa orang guru (tentu sama supir juga) berangkat dari sekolah (lokasi di Pandeglang) menuju BSD City. Kami sampai di ICE pukul 11.30 WIB. Agak mudah sih untuk menemukan ICE karena kita meminta bantuan GPS. Nah, yang susahnya itu masuk ke parkiran ICE. Buat masuk parkiran ajah kami salah arah. Tapi alhamdulilah, bisa masuk juga. Oia, masuknya itu gratis ya, gak bayar kok. BTW, lebih baik pakai mobil pribadi saja, kalau pakai angkutan umum gak akan ada. Kalau tetep mau pakai angkutan umum, harus naik ojeg dulu.

Kami langsung menuju Hall 10. Ada lima guru yang siap berburu buku untuk perpustakaan. Oleh karena itu, kami membagi menjadi dua tim. Tim pertama mencari buku-buku sains, dan tim satunya lagi mencari buku-buku agama. Sebelum masuk, kami harus mengantre untuk mendapatkan trolley dorong. Gak perlu lama mengantre, trolley-nya langsung dapat. Tapi berebutan gitu. Tenang, gak terlalu anarkis kok haha.

Bentuk hall 10 dan hall 9 lumayan luas. Dalamnya kayak tempat pabrik gitu, tapi isinya buku semua. Di hari-hari terkahir susunan bukunya sudah berantakan banget. Tapi masih sesuai genre-nya kok. Ada genre fiction, literature, children, young adult, self help, cooks, references, dan masih banyak lagi. Oia, di hall 9 adalah surga dunia anak-anak. Karena di sana banyak banget buku anak-anak lho!

Setelah melakukan perburuan banyak buku sains dan agama (Penerbit Mizan), kami berkumpul di satu titik (sudah janjian) untuk meneliti dan memilah mana saja buku-buku yang layak dan memang bagus isinya untuk dibeli dan dibawa pulang.

Tim Pemburu Buku sedang menyeleksi buku untuk segera dibawa ke kasir

Aku lelah, Sayang

Oia, aku mau ngasih tips deh.

Tips saat berburu buku di BBWBS
  1. Perut harus sudah terisi
  2. Pakai pakaian kaos saja, soalnya gerah banget.
  3. Pakai sepatu yang nyaman, kalau perlu pakai sepatu olahraga.
  4. Gak usah bawa barang pribadi (tas besar). Cukup dompet dan HP saja, biar gak ribet. Eitsss, tapi tetap harus hati-hati ya.
  5. Jangan lupa pakai deodorant dan parfum.

Tips yang aku kasih, gak aku lakukan hahaha. Aku kelaparan (walaupun sudah sarapan). Aku juga salah pakai kostum, aku malah pakai gamis hitam. Sepatu yang aku pakai juga salah, aku malah pakai wedges lho! Agak pegel dan super gerah sih. Nah, makanya kamu jangan salah kostum dan sepatu ya.

Setalah kami berhasil menyeleksi buku-buku, maka kami menuju labirin, antrean yang panjang dan berkelok-kelok. Di ujung labirin sudah ada 30 kasir yang siap melayani para pemburu buku. Kami memilih kasir 29. Oia, kasir 28 juga boleh. Karena kasir nomor 29 dan 28 antreannya sedikit dan mbak-mbak kasirnya gerakannya cepat. Jadi kitapun gak terlalu lelah ketika antre lagi di depan kasir. Oia, ketika melakukan transaksi hanya bisa pakai kartu kredit Mandiri ya, kalau gak punya boleh pakai uang cash kok.

Terjebak di labirin
Buku siap dibawa pulang

 Total belanjaan buku kami hampir 5 juta. Ini dia hasil perburuan buku kami.

Alhamdulilah, selesai juga perburuan buku untuk perpustakaan. Semoga santri-santri semakin gemar ke perpustakaan untuk membaca buku ya.

Katanya sih bulan Oktober 2016 akan ada lagi BBWBS, tapi di Bandung. Yuk, cuuussss! Siapkan duit yang banyak dan stamina yang oke, guys!

5 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
Selasa, Mei 10, 2016 delete

Perasaan aja atau emang bukunya lebih banyak terjemahan/asing?

WHOAAAAAA

#PenggemarBukuTerjemahan

Alhamdulillah, semoga jadi makin banyak yang semangat bacanya menyala
Mangat gi!

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Selasa, Mei 10, 2016 delete

Bukunya import gitu (berbahasa Inggris) Auuuulll... Ada buku berbahasa Indonesia tapi hanya dari Penerbit Mizan, tok!

Buku terjemahan bahasa Indonesia kayaknya gak ada deh. Hanya buku berbahasa Inggris saja.

Yosssssh! Eh, mampir deh BBWBS yang di Bandung. Pasti ngiler gitu ngeliat bukuuuu banyak banget yang keren.

Reply
avatar
Resketsa
AUTHOR
Rabu, Mei 11, 2016 delete

Hahaha, berburu buku di BBWS tp ttp asik y gi mski sampai tumpe2 hehe :D
I like the way you wrote your story :D

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Rabu, Mei 11, 2016 delete

Iyaaaah tumpe-tumpe bangeeeeet. Eh kamu gak ke sana Bu Dewan? Sibuk yaa pastiiiii

Reply
avatar
syifasp
AUTHOR
Sabtu, Mei 21, 2016 delete

Aaaa paraaahh ke big bad wolf, paraaaahh (padahal ngiri) 😭
Diskon 80% jadi berapaan harga bukunya kak?

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!