Aduh Jadi Enak

Kamis, September 04, 2014 8 Comments A+ a-

Bismillah...

Kan biasanya "Aduh jadi gak enak"
tapi sekarang gue jadi pengen bilang "Aduh jadi enak".

Kemarin bahkan sampai sekarang, gue masih ajah speechleess! sumpeh booo. Jadi ceritanya gini, kemarin pagi di grup WhatsApp Komunitas Blogger UNJ yang biasa disingkat KOMBUN kedatangan beberapa blogger yang baru bergabung. Nah, ada salah satu blogger namanya Reza siapaaaa yaaa gitu, pokoknya doi anak teknik angkatan 2013. Doi bilang gini masa di chat grup WA, "Wah pertama kali aku jadi mahasiswa baru UNJ, blog yang pertama kali aku lihat, blognya ka Gia loh".

"Gubrak!" Ini anak kece juga yaaaa.. walaupun baru maba satu tahun yang lalu, tapi doi sudah tahu blog kece gue ini wakakak... Doi sih ngakunya nyari keyword gitu di google, eh ga sengaja nemu blog ekye... Aduh jadi enak kan.

Kasus yang hampir sama, yang bikin gue lebih lebih lebih speechless adalah kejadian siangnya. Siangnya gue diminta untuk menjadi salah satu pembicara talkshow Mahasiswa Berprestasi dalam rangkaian acara MPAF MIPA 2014. Gue harus memotivasi dan menginspirasi kurang lebih 600 mahasiswa baru MIPA *exited* (aduh mereka unyu unyu banget loh)


Lalu, moderator membuka 3 pertanyaan. Karena waktu  yang begitu singkat dan mepet jadi yaaa cukup 3 pertanyaan saja. Gue dapet pertanyaan dari seorang mahasiswa baru Jurusan Fisika (jurusan gue sendiri), namanya Renava atau siapaaaa gitu yaaa (suer deh lupa banget). Doi bertanya gini, "Nama saya ......, saya mau bertanya kepada Kak Gia. Kak saya ini sering membaca blog kakak. Saya jadi cukup mengetahui cerita-cerita kakak, cerita kehidupan kakak. Nah pertanyaan saya, apa sajakah yang harus dipersiapkan mahasiswa baru seperti kita ini untuk bisa menjadi mahasiswa berprestasi seperti kak gia?"

Gileeee booook! gue langsung diem. Tapi dalam hati senyam-senyum deh. Aduh jadi enak lagi kan. Suer gue sampai sekarang kepo abis, doi yang nanya ke gue itu, siapaaaaa yak? kok seorang mahasiswa baru bisa tahu gue? *gak nyangka sumpah*. Jangan-jangan doi itu udah tahu gue, dan doi itu juga fans gue.. Arrrgghhh..... Masih kepo banget sumpeh.

Tapi mau tahu jawaban gue gak nih dari pertanyaannya doi?
Gue jawab gini (dalem hati masih senyam-senyum terus),  

"Hah?? Kamu serius pernah baca-baca blog ka Gia. Seriusss? hah dari manaaa? *tetiba gue inget, kalau gue itu bukannya malah nanya-nanya tapi seharusnya menjawab pertanyaan* wakakakk...


Jadi ka Gia punya 4 tahun yang mempunyai kefokusan masing-masing setiap tahunnya. Tahun pertama itu (saat kamu masih berstatus mahasiswa baru) namanya tahun Adaptasi. Apa yang kamu lakukan? Kamu cukup beradaptasi saja. Beradaptasi dengan dosen, dengan teman sekelas, dengan kakak tingkat dengan tugas-tugas, pokoknya semuanyaaa. Tahun kedua itu namanya tahun Organisasi, dimana kamu akan merasakan passion banget sama yang namanya organisasi. Gak harus di BEM, tapi bisa di BLM, MUA, KPM, UKO, atau organisasi lainnya. Bebas terserah kamu, asalkan masih yang positif dan kamu bisa mengeksplore diri kamu dalam wadah organisasi.  Segera kamu cari tahu apakah manfaat organisasi untuk seorang mahasiswa yaaa...

Tahun ketiga namanya, tahun Berprestasi. Dimana kamu akan merasa iri sekali jika temanmu bisa berprestasi tingkat nasional bahkan internasional. Rasa irimu itu akan memicumu untuk berprestasi juga, tanpa harus merugikan orang lain untuk mendapatkan prestasi yang kamu inginkan itu. Itulah yang disebut dengan terinspirasi. Kisah nyata yang kak Gia alami sampai bisa menjadi mahasiswa berprestasi salah satunya karena terinspirasi dengan orang-orang disamping ka Gia sekarang ini. Saat itu ka Gia terinspirasi banget sama ka Visya, ka Vania, dan ka Fiud yang sudah start duluan untuk mencetak juara-juara di berbagai kompetisi. Ka Gia cukup telat dari mereka. Tapi karena begitu terinspirasi dengan mereka, jadinya bisa berprestasi jugaaaa sesuai passion-nya ka Gia. Kalau kita bisa mengetahui passion kita secapat mungkin, maka prestasi itu lah yang akan menjemputmu.

Tahun keempat adalah tahunnya Skripsi, dimana kita harus fokus dengan skripsi kita. Mengerjakan skripsi di tahun keempat bukan berarti kita harus berhenti berorganisasi dan berhenti berprestasi loh. Alhamdulilah di tahun keempatnya ka Gia, ka Gia masih berorganisasi di BEM UNJ dan Komunitas Blogger UNJ, belum lagi di luar kampus. Dan ka Gia juga insyaAllah masih terus berkarya. Kalau ka Gia bisa, ka Gia yakin kamu semua pasti akan bisa juga. 

Jadi apa saja yang harus kamu persiapkan sebagai mahasiswa baru? Foskuslah dengan tahun adaptasimu, temukan Passion-mu sesegera mungkin. Dan yang pastinya kamu harus terinspirasi dengan siapa pun, boleh dengan teman seangkatan ataupun dengan kakak tingkatmu. Menjadi mahasiswa berprestasi itu memang prosesnya yang susah. Gampang, asalkan kamu mempunyai mimpi yang tinggi, niat yang kuat, dan pastinya harus pantang menyerah"

Oke segitu aja... Aduh jadi enak nih.

Gia, 
di Laboratorium Fisika.
Bolt-nya kenceng banget loh.

8 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
Hilmy Notes
AUTHOR
Selasa, September 09, 2014 delete

gara2 loe nih, gue jadi balik nulis kece lagi.
he..he..he...
ini contohnya
http://hilmynotes.blogspot.com/2014/09/gokil-gokilan-habis-mpa-yang-kalo-di.html

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Rabu, Februari 11, 2015 delete

Tapi benar kak waktu saya jadi maba saat buka google terus tiba-tiba langsung masuk ke blog nya kak gia yang kece (y)

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Minggu, Februari 15, 2015 delete

Oh yaaa? Aduh jadi enak.

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!