Celoteh Gia: Liburan Fantastis Nih!

Kamis, Juli 25, 2013 6 Comments A+ a-

Assalammua'laikum Wr. Wb.



Alhamdulilah.. Para dosen dan pihak universitas mengizinkan memberi kesempatan beberapa tenggat waktu untuk yang namanya LIBURAN. Kurang dari 6 bulan, Mahasiswa di push terus, untuk kuliah, kuliah, kuliah. Sesekali mengerjakan tugas-tugas, menjadi praktikan, ujian-ujian, dll. Subhanallah..

Alhamdulilah.. Allah telah mengizinkan kepada kami untuk mengistirahatkan otak dan tubuh kami dari perjuangan kami selama kuliah semester lalu. Selama liburan ini, kami diberi waktu untuk nge-charge lagi yang telah kami pakai, agar dapat dipakai  maksimal setelah waktu perizinan habis (baca: waktu liburan). Subhanallah.. Maha Suci bagi Allah, yang sungguh baik memberi kami kesempatan untuk menge-charge pinjaman otak dan tubuh ini.

***

Kita, para mahasiswa mendapatkan jatah liburan selama 3 bulan! waaaah.. bayangin aja tuh yaa lamanya minta ampun. Banyak banget mahasiswa-mahasiswa yang melakukan berbagai aktivitas dengan memanfaatkan kesempatan waktu liburannya. Ada yang pulang kampung, ada yang lebih memilih tidur-tiduran dan istirahat yang kebablasan cukup di rumah, ada yang memilih untuk kerja magang, ada yang memilih untuk buat flanel atau bantu-bantu usaha nyokab, dsb. Beh banyak deh yaa.. Beragam aktivitas bisa dilakukan oleh beragam karakteristik mahasiswa.

26 Juni - 26 Agustus 2013. Beeehhh!! kenyang, kenyang deh tuh. Wahahaha...
Ini merupakan periode liburan terlama ke-2, setelah tepat tahun lalu, gue juga sudah merasakan liburan sepanjang ini. Maklumlah, tahun lalu masih norak-noraknya jadi mahasiswa baru, dan baru pertama kali juga mengalami liburan sepanjang itu.

Tapi sekarang, sudah kedua kalinya, gue merasakan liburan fantastis ini loh!
Itu berarti apa? gue udah gede (husss... jangan mikir macem-macem!)

Iya.. gue udah menuju semester 5. Itu berarti gue jadi Mahasiswa tahun ke-3! Waaaahh gak kerasa sebentar lagi skripsi. Kayaknya baru ajah kemarin, merasakan penderitaan pas MPA Mahasiswa Baru, eh gak tahunya sekarang sudah jadi senior di kampus. Luar Biasa, gii!


Ngomong-ngomong soal liburan, bukan Gia namanya kalau cuma tidur-tiduran di rumah. Bukan Gia namanya kalau kerjaannya duduk depan laptop mulu. Hello....
Merasa beruntung gak sih, jika kita bisa disibukkan dengan berbagai kegiatan bermanfaat? Kalau gue jawab, IYA! terus, Pates gak sih kita ngeluh, jika kita dikasih kelimpahan banyak waktu yang terbuang untuk mendesign kegiatan-kegiatan kita yang membeludak luar biasa? Kalau gue jawab, GAK PANTES!

Nih, yaaa.. ada berbagai cara yang bisa lo lo isi buat liburan lo. Mahasiswa, layak banget kok dapet istirahat. Beeehh layak banget deh. Tapi, ingat kawan, lo dikasih pinjem sama Allah otak dan tubuh yang luar bisa, untuk lo manfaatkan sebaik-baiknya, terlebih dengan berbagai hal yang positif dan bermanfaat juga untuk orang banyak.

Nyesel gak sih, kalau kegiatan lo, lo penuhin semua buat istirahat? Kalau gue jawab, gue sih nyesel. Faktanya yaaa, kalau kita membiasakan diri kita kelamaan buat istirahat (kecuali yang lagi sakit), tubuh dan otak lo bakalan jadi manja. Manja itu nyaris males. Males itu hampir gak akan berguna apa-apa. Gue jamin, lo bakalan nyesel kalau liburan fantastis ini, cuma buat lo pake tidur-tiduran kelamaan ataupun istirahat kebanyakan.

Gue punya beberapa contoh dengan berbagai karakter mahasiswa.
Misalnya Mahasiswa yang Pinter. Dia bisa pakai liburan fantastis ini dengan baca-baca buku, atau pelajari mata kuliah-mata kuliah untuk persiapan semester selanjutnya. Beh.. subhanallah banget ini mah...

Ada tipe Mahasiswa yang berbakti. Contohnya sahabat gue, Fitri. Kirain gue nih anak, molor terus dirumah. Eh gak taunya nggak bo! Doi keren banget malah iya. Setiap hari (masa liburan) nih orang berbakti banget sama orang tuanya. Fitri sering bantu-bantu nyokabnya di rumah, masak lah, belanja ke pasar lah, dll. Terakhir sih, pas gue tanya lagi ngapain, doi jawabnya lagi bikin takjil, bantuin nyokab buat jamaah mesjid deket rumah. Subhanallah keren banget nih... Patut dicontoh, teman-teman!

Ada tipe Mahasiswa pemburu. Terserah buru apaan deh! Ada yang buru baju-baju diskon. Buku-buku obral, film-film baru, ada yang berburu beasiswa, ada juga yang sekedar berburu info-info alias ngepoin orang-orang di FB ataupun Twitter. Gapapalah yaaa..  yang penting doi ada kerjaannya dan bisa tahu nih, batas ketidakbermanfatan dari kegiatan yang dilakukan.

Nah, ada tipe Mahasiswa Organisator. Mahasiswa yang tipe ini, sedang disibukkan berbagai rapat untuk mempersiapkan MPA Mahasiswa baru yang masih ingusan. Yaa emang gitu, buat mempersiapkan MPA Mahasiswa Baru, panitia nya mesti rapat pas Liburan macam gini. Sabar ya nak..

Tipe Mahasiswa Coba-coba. Gue juluki itu buat mahasiswa yang liburannya lagi kerja magang. Wih keren nih! Mereka mau kerja, yang padahal tugas wajibnya mahasiswa yaaa kuliah dan belajar. Tapi mereka mau mencoba sesuatu yang berbeda dari kehidupan sehari-hari mereka. Nah, liburan fantastis inilah saatnya... Kerja magang merupakan contohnya. Kaya gue sekarang, alhamdulilah kerja magang jadi editor buku paket fisika SMP kelas VIII. Salut buat para editor! mereka keren banget.. jadi editor gak semudah yang gue bayangkan loh... *aduh malah jadi curhat kan*

Apapun tipe lo..
Apapun karakter lo..
Gue cuma mau pesen nih, pokoknya mesti wajib kudu, isi liburan fantastis ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk orang banyak ya... Ngomong-ngomong soal "positif dan bermanfaat", bukan berarti lo melakukannya "karena" di bulan Ramadhan. Wah nanti jatohnya itu gak ikhlas. Cobalah menikmati sama semua kesibukkan kita. InsyaAllah, Allah tahu apa yang pantas, hadiah yang diberikan untuk kita, bagi umatnya yang ikhlas menjalani kewajiban-kewajiban dijalan-Nya.

Tapi gak lupa juga, buat istirahat (secukupnya) demi menjaga ke-maksimal-an otak dan tubuh ini yang akan kita pinjem lagi untuk perjalanan di semester depan.
Semangat teman-teman!! Semangat melakukan kebaikan-kabaikan yang lo tuai dari kegiatan-kegiatan lo.
Gue tahu, lo yang paling tahu, apa yang harus lo lakukan buat liburan yang fantastis ini, guys!

Maha Suci bagi Allah dan Semesta Alam, atas karuniaNya yang telah memberi waktu dan suasana liburan di bulan Ramadhan ini.


Oia gak lupa juga, semangat buat kakak-kakak tingkat yang sedang PPL, PKL, dan juga yang siap-siap mau sidang Skripsi. Sukses ya ka! Kakak sudah gak merasakan liburan yang fantastis ini. Justru kakak-kakak beruntung banget, liburan ini (kami menyebutnya masih masa liburan), kakak-kakak disibukkan dengan berbagai hal yang positif dan bermanfaat. Maka dari ini, jangan ngeluh ya ka! Tetep semangat! Pintu masa depan bener-bener di depan mata! Hayoo yang udah ngebet banget pake toga, siapa nih???? hihihi.


Salam Sukses dari Teman seperjuangan dan Adik Tingkatmu
Gia



NB: gue nulis ini, bukan berarti gue sudah paling bener sama apa yang gue lakukan selama liburan fantastis ini. Kita masih sama-sama belajar. Tapi ada baiknya kalau kita bisa saling mengingatkan satu sama lain.  Betapa luar biasanya kita, jika  kita mampu saling mengingatkan. Sesungguhnya gue nulis ini, juga sebagai pengingat gue sendiri agar gue selalu berusaha untuk mampu membuang waktu gue sendiri dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Postingan selanjutnya gue mau cerita betapa luar biasanya kegiatan-kegiatan gue yang sampai sekarang masih sulit untuk dideskripsikan dengan kata-kata. hehehehe.... 


6 Cuap Cuap

Write Cuap Cuap
Unknown
AUTHOR
Kamis, Juli 25, 2013 delete

hahahaha kita samaan ya liburan. tp gue enak sampe 4 oktober hahahaha XD gak boleh ngiri. itu yg berburu ngepoin orang di sosmed ya sama aja namanya gak ada kerjaan gia :D. kalau gue sih mau ngisi liburan ini mau coba nyari kerja yg berhubungan ama jurusan gue. itung2 nyari duit+pengalaman+nyibukin diri sendiri. oke gue tunggu artikel berikutnya tapi elu yg harus ngabarin gue di blog gue haha

Reply
avatar
Kamis, Juli 25, 2013 delete

Mungkin kalo liburan 3 bulan, BT juga kalo harus berdiam diri terus di rumah,,, dari berbagai tipe mhasiswa mungkin alangkah baiknya selama liburan yang ya lumayan lama ini digunakan dengan sebaik baikny. Apalagi digunakan untuk bekerja, saya bangga terhadap mahasiswa yang liburannya dipakai buat magang jadi ya selama liburan tidak ada waktu yang terbuang percuma. Liburan kali ini saya mengisinya dengan mengisi SP saja...
Nice blog,,, follow 118 di tunggu kunjungan balik dan follow back nya :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Kamis, Juli 25, 2013 delete

Wah tampilan baru ini? yayaya Happy Holiday

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Juli 25, 2013 delete

Yoi! samaan..
HAH?? serius sampe 4 oktober???? gelaaa lama bnaget tuh.
Oia yaa.. ngepoin gak ada kerjaan. Yaa siapa tahu aja, doi ngepoin dapet info yang setidaknya bermanfaat (mungkin) posthink!

Iya iya bener! magang gih. kaya gue dongg :P
sip sip..

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Juli 25, 2013 delete

Iya mas BT banget kalau diem di rumah terus.
Iya bener banget nih.. Mahasiswa tipe coba berarti yaa.. maksudnya kan juga nambah pengalaman. Dapet duit pula lagi. Kan lumayan tuh..

Oh, masih kuliah juga mas? Dimana?
sip sip.. sudah di folback :D

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
Kamis, Juli 25, 2013 delete

hehehe iya nih mas..
lagi mau suasana putih bersih.. hehe

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!