UNJ Mencari Mahasiswa Berprestasi

Minggu, Februari 23, 2014 1 Comments A+ a-


KOMINFO, BEM UNJ – UNJ sedang mencari mahasiswa berprestasinya yang pantas untuk bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa berprestasi di tingkat nasional. Bukanlah hal yang mudah, karena memerlukan proses seleksi yang panjang, dimulai dari seleksi tingkat program studi, tingkat jurusan, tingkat fakultas, lalu dari 7 mahasiswa berprestasi yang mewakilkan 7 fakultas diseleksi lagi untuk mendapatkan satu mahasiswa berprestasi UNJ yang pantas dan memang layak untuk mewakilkan UNJ di tingkat nasional. Ajang Mahasiswa Berprestasi (MAPRES) tingkat Nasional diwakilkan oleh Mahasiswa S-1, namun UNJ pun juga mencari mahasiswa berprestasi D-3, yang akan terseleksi 3 MAPRES D-3 dari fakultas masing-masing.

Gelar Wicara Mahasiswa Berprestasi UNJ 2014, yang telah diadakan 20 Februari 2014 lalu di Gedung Sertifikasi Guru, lantai 8, mampu menginspirasi banyak mahasiswa UNJ untuk ikut dalam ajang MAPRES UNJ 2014. Sekitar 75 mahasiswa UNJ datang dalam acara tersebut untuk mendapatkan inspirasi dari kedua pembicara yang sudah dinobatkan sebagai MAPRES Nasional 2013 yaitu, Rizki Fadli (MAPRES I UNJ 2013) dan Nadine Ardianna Sugianto (MAPRES I IPB 2013).

Acara dimulai pada pukul 13.15 WIB, dan pada sesi pertama diisi oleh Rizki Fadli, MAPRES NASIONAL 2013 yang telah berhasil membawa prestasi UNJ pada peringkat 7 besar. Lalu dilanjutkan sesi kedua yang diisi oleh Nadine Ardianna Sugianto, MAPRES IPB sekaligus MAPRES I Tingkat Nasional. Dan kedua sesi tersebut dimoderatori oleh Vania Zulfa, MAPRES II UNJ 2013. Gelar Wicara MAPRES UNJ 2014 pada sesi pertama yang disampaikan oleh Rizki Fadli, menjelaskan apa saja yang menjadi kriteria penilaian dalam seleksi MAPRES UNJ, diantaranya wawancara + dokumen-dokumen sertifikat prestasi serta karya unggulan, presentasi karya tulis ilmiah + diskusi dalam bahasa Indonesia, presentasi karya tulis ilmiah dalam bahasa inggris ataupun bahasa asing. Selanjutnya pada sesi kedua yang disampaikan oleh Nadine Ardianna Sugianto yang mempresentasikan tips-tips menjadi MAPRES Nasional serta menceritakan apa saja yang telah ia lakukan selama proses seleksi sampai berhasil mengantarkan ia menjadi MAPRES I Nasional 2013.

Rizki Fadli dan Nadine Ardianna Sugianto


Ajang Mahasiswa Berprestasi boleh diikuti oleh mahasiswa UNJ (baik S-1 dan D-3) aktif dan maksimal sampai mahasiswa semester 8 yang mampu memiliki keseimbangan dengan baik dalam akademis dan non-akademis. Sudah ada beberapa fakultas, seperti FMIPA dan FBS yang melakukan proses seleksi sampai tingkat jurusan. Dan menurut timeline, tanggal 14 Maret adalah dateline seleksi tingkat fakultas. Setiap fakultas di UNJ mengajukan 1 nama MAPRES Fakultasnya untuk diseleksi lagi dengan 6 MAPRES (Mahasiswa S-1) dari fakultas-fakultas lain dan 3 MAPRES (Mahasiswa D-3). Jadi totalnya, UNJ akan menseleksi 10 MAPRES pada tanggal 3 April 2014, di Gedung Sertifikasi Guru, lantai 9.

Gelar Wicara MAPRES UNJ 2014

Antusiasme mahasiswa UNJ sangat terasa sekali, terutama saat Nadine Ardianna Sugianto menampilkan foto-foto saat proses seleksi MAPRES Nasional 2013 lalu. “Every work that is done with an optimistic mind, a positive heart, and high spirit, will always be successful” kalimat penutup dari sang MAPRES I Nasional 2013. Semoga dengan adanya gelar wicara MAPRES UNJ 2014, mampu menjadi trigger untuk semua mahasiswa UNJ yang ingin membuktikan dirinya mampu menjadi seorang MAPRES dan membawa nama baik UNJ di tingkat nasional. Who is the next after Rizki Fadli as MAPRES I UNJ 2013? [GSG]

Rap: Gia
Photo: Vania

1 Cuap Cuap:

Write Cuap Cuap
cucukakek
AUTHOR
Jumat, Mei 02, 2014 delete

Bangga menjadi mahasiswa berprestasi tapi diluar sana juga banyak yang berprestasi meski bukan seorang mahasiswa bahkan untuk bersekolah saja sangat kesulitan.

Dihari Pendidikan Nasional 2 mei 2014 ini semoga saja semakin banyak anak Indonesia yang semangat untuk belajar demi membangun bangsa ini, bukan sebaliknya.

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!