Timeline Menjadi Cikgu VTIC Cycle 4

Selasa, Desember 29, 2015 0 Comments A+ a-


Dulu saya adalah mahasiswi Fisika UNJ 2011. Di semester akhir untuk meraih gelar sarjana, gak lengkap rasanya kalau belum ikut turun langsung mengajar di luar wilayah Indonesia. Bertemu adik-adik asli berdarah Indonesia yang harus tinggal di Serawak, Malaysia bersama orang tuanya yang berkerja di ladang sawit sebagai buruh migran.

Januari 2015 adalah pembukaan pendaftaran menjadi cikgu VTIC Cycle 4. Saat itu, saya baru saja keluar dari rumah sakit dan mulai bangkit kembali menyelesaikan proposal skripsi.

Februari 2015 adalah pengumuman seleksi pertama. Saat itu saya sedang menjalani pengobatan, dan dikasih kesempatan untuk seminar pra skripsi (SPS).

Maret 2015 adalah seleksi tahap kedua. Membuat video microteaching. Lagi sibuk-sibuknya dengan kecepatan penuh untuk mengejar gelar sarjana tepat waktu.

April 2015 adalah pengumuman seleksi tahap kedua. Lagi masa-masa stress ngerjain skripsi sambil tetep masa pengobatan. Di bulan yang sama, saya langsung seleksi tahap ketiga, interview.

Mei 2015 adalah pengumuman seleksi tahap ketiga. Berhasil menjadi salah satu dari 40 relawan VTIC Cycle 4 dengan saingan yang lumayan banyak, 300 lebih pendaftar. Di bulan ini juga, ada pelatihan cikgu VTIC Cycle 4 untuk pertama kalinya. BTW, di bulan ini saya mulai bosan mengkonsumsi obat terus, huft!

Juni 2015
, saya lagi sibuk-sibuknya menggarap bab 4 dan 5. Masih tetep terus berkutat sama skripsi. Di bulan ini, lagi menyempurnakan produk skripsi, yang luar biasa menyita waktu tidur. Alhamdulilah di bulan ini pula saya sedang mempersiapkan pemberkasan sidang skripsi. Lagi bokek banget, karena duit tabungan digunakan untuk nyetak skripsi. Padahal, saya juga butuh dana untuk bekal di Serawak.

Juli 2015, tepatnya tanggal 10, saya sidang skripsi. Masih di bulan yang sama, tepatnya 30 Juli 2015, saya yudisium. Bulan Juli adalah bulan yang penuh persiapan, karena saya harus mempersiapkan pemberkasan wisuda sekaligus persiapan mencari dana untuk bekal berangkat di bulan Agustus. Di akhir bulan Juli 2015, dokter menyatakan saya sembuh setelah melihat hasil rontgen. Fix, dokter dan orang tua membolehkan saya menjadi cikgu untuk VTIC Cycle 4 di Serawak, Malaysia.

Agustus 2015, saya dan 39 relawan lainnya sudah berada di Serawak, hampir tiga minggu mengabdi di sana. Alhamdulilah, kesehatan saya stabil. Malah pas pulang, alhamdulilah banget naik 3 kg lho! Nah, satu minggu terakhir, saya mempersiapkan wisuda.

Awal September 2015, resmi bergelar S.Pd.

Tuhkan, skenario Allah indah banget yah?
Sesibuk apapun saya, se-stress apapun saya saat itu, sebokek apapun saya, kalau Allah mengizinkan untuk berangkat ya berangkat.

Untuk kamu yang ingin menjadi cikgu VTIC Cycle 5, gak boleh pesimis ya! Yakin ajaa, kalau kamu bisa melewati semua seleksinya. InsyaAllah bisa! smile emotikon

Pantau terus media sosial VTIC Foundation, karena kurang dari 15 hari, pendaftaran menjadi cikgu VTIC Cycle 5 resmi di buka. Ayo jadi cikgu!‪#‎SiapJadiCikgu‬ ‪#‎VTICCycle5‬

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!