Liburan di Jogja, Yuk!

Kamis, November 10, 2016 0 Comments A+ a-

Aku jatuh cinta banget sama Jogja. Kota yang memiliki julukan sebagai Kota Pelajar ini, juga bisa menjadi salah satu alternatif liburan kamu lho!

Baca juga: Nuclear Youth Summit 2013

Suasana kota Jojga tuh sejuk banget, asri, dan terkenal akan kearifan lokalnya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi kota ini. Jika kamu ingin lebih lama menikmati suasana kota Jogja, kamu dapat mencari penginapan yang banyak tersebar di kota ini.

Nah, harga penginapan atau hotel yang berada di Jogja relatif cukup murah, kamu dapat mengeceknya langsung di website Traveloka. Salah satu penginapan dengan harga yang cukup murah adalah Ameera Boutique Hotel, yang bisa kamu temukan di Jalan Dagen nomor 13-15. Hotel ini temasuk dalam kategori hotel bintang 2, meskipun hotel ini nampak sederhana dan bergaya tradisional Jawa namun hotel ini terbilang cukup nyaman.



Ameera Boutique Hotel memiliki beberapa tipe kamar yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, seperti Backpacker room, Standard room (Sido Asih), Superior room (Sido Mukti), Deluxe room (Sido Mulyo), dan Family room (Sido Luhur). Masing-masing kamar di hotel ini pada umumnya memiliki fasilitas berupa Wifi, AC, TV kabel, sarapan tradisional, dan lain-lain.

Backpacker Room

Sido Asih 

Sido Luhur

Selama menginap di Ameera Boutique Hotel, kamu dapat mengunjungi beberapa tempat di Jogja yang tidak jauh dari lokasi hotel, seperti Jalan Malioboro, Pasar Bringharjo, dan Museum Benteng Vredeburg. 

Apa saja ya kira-kira yang bisa kamu nikmati di Kota Jogja? 

Yuk, simak ulasan berikut ini:

Jalan Malioboro

Jalan ini berada tepat di depan lokasi jalan Ameera Boutiq Hotel, sehingga untuk menuju Jalan Malioboro, kamu hanya membutukhan waktu beberapa menit saja dari hotel. Jalan Malioboro merupakan nama jalan yang paling terkenal se-Jogjakarta, bahkan se-Indonesia. Sepanjang Jalan Malioboro kamu dapat menemukan banyak toko yang menjual suvenir khas Jogja seperti, blangkon, kerajinan tangan, kaos, sandal, batik, hingga bakpia pathok.


Bukan hanya untuk urusan suvenir, untuk urusan kuliner pun banyak kamu temukan disini. Sederet angkringan siap menyajikan makanan bagi siapa saja yang ingin mencicipinya. Jika disini jangan lupa untuk mencoba makanan khas Jogja, yaitu gudeg. Meskipun makan di angkirngan ini terkesan sederhana, namun kenikmatannya pasti akan sulit untuk kamu lupakan deh!

Jika kamu lelah mengelilingi Jalan Malioboro ini dengan berjalan kaki, maka kamu bisa menggunakan becak ataupun delman. Selama menelusuri Jalan Malioboro, kamu akan menemukan kawasan yang disebut Titik Nol Jogja. Biasanya di kawasan ini terdapat banyak atraksi hiburan yang bisa kamu saksikan.

Pasar Beringharjo

Pasar Beringhharjo merupakan pasar tertua yang ada di Jogja. Pasar ini sudah berdiri sejak tahun1758. Jika berkunjung kemari kamu akan menemukan banyak sekali batik, karena pasar ini memiliki koleksi batik yang sangat lengkap. Kamu dapat menemukan dari mulai kain batik, hingga yang sudah menjadi pakaian.

Aku sih banyak beli daster disini. Harganya murah bangeeeeet lho! Dan kualitasnya juga bagus. Yuk kalau ke Pasar Beringharjo, jangan lupa borong dasternya.




Selain batik, terdapat pula jenis pakaian lainnya seperti katun hingga sutera, dari mulai harga yang paling murah sampai yang paling mahal. Bukan hanya pakaian, disini pun kamu dapat menemukan jajanan-jajanan pasar yang dapat memanjakan lidah. Pusat penjualan jamu dan rempah-rempah pun akan kamu temukan disini. Wah, sangat lengkap ya!

Bagi kamu yang menyukai barang antik atau barang bekas berkualitas, kamu pun dapat memburunya di pasar ini. Bagaimana, sangat menyenangkan ya berbelanja di Pasar Beringharjo?

Museum Benteng Vredeburg

Jika ingin berwisata sejarah, Museum Benteng Vredeburg merupakan salah satu yang terdekat dari Ameera Boutique Hotel. Jaraknya hanya sekitar 700 meter saja dari hotel lho! Museum ini dibangun pada tahun 1765 oleh Sultan Hamengku Buwono I atas permintaan Belanda. Kemudian pada tahun1992 benteng ini resmi dijadikan museum.



Sumber: vredeburg.id


Benteng ini dibangun dengan dalih agar pihak Belanda bisa menjaga keamanan keraton, meskipun pada kenyataannya gedung ini hanya dibuat untuk memudahkan Belanda mengontrol perkembangan yang terjadi di keraton. Hal-hal yang dapat dinikmati di benteng ini, yaitu merasakan seuasana pada zaman dahulu, dan melihat beberapa koleksi diorama, dari masa penjajahan hingga orde baru.

Museum ini buka pada hari Selasa – Jumat pada jam 08.00 – 16.00 WIB. Masuk museum ini pun sangat murah, yaitu hanya Rp2.000,00 untuk dewasa dan Rp1.000,00  untuk anak-anak. Wah, sangat murah yah? Ayo, habiskan liburan kamu di Jogja dan nikmati suasananya.

Happy holiday, guys!

Terima kasih telah berkunjung. Yuk tinggalkan jejakmu!